Page 5 of 7

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 12 Mar 2013, 09:50
by BZ123456
Maria Nindhya wrote:
ernest wrote:wah bener2 telaten membangun helinya mbak maria. . .segala settinggan semua mengunakan ukuran. . .pasti hovernya bisa ateng bener tuh. . .PEREMPUAN INDONESIA yang mengeluti hobby aeromodelling :mtp

Terima kasih.. :thx ini banyak komplain, kapan terbangnnya ? aku lebih suka terbang dengan sedikit koreksi... he.. he..


Hahahaha ini sama nin....gua juga sering dikatain begitu....setting mulu kapan terbangnya? Malah kadang2 kalo ati gak sreg, udah jauh2 ke lapangan...setting gak memuaskan, pulang saja...atau malah nongkrong dan ngobrol....fun in another ways

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 12 Mar 2013, 09:52
by Maria Nindhya
:crg lagi sibuk-sibuk kerja, HP bunyi.. siapa lagi nih yg telpon... orang bank ? nawarin CC atau KTA.. ganggu aja...
ternyata teman aku yg telpon...
"Say, aku lagi jalan-jalan di pasar heli di Hongkong, bayak obralan nih.. mau nitip apa ?" aku kaget banget.. maunya sih banyak, tapi keuangan lagi nggak aman.. jadi aku cuma bilang "makasih, tapi aku lagi sepi duitnya..." temen aku tertawa..."Heli kamu yg merah, canopynya udah dapet belum ? typenya apa ya? " aku jawab "4F180.." temen aku langsung bales "ada nih.. canopy-nya cuma 1 dolar.." aku kaget.. "Ciyusss... mi apa.. klu 4G6S, ada nggak ?" Gantian temen aku terkejut.."lu nambah peliharaan ? ada, nih.. sedolaran juga.."
aku tersenyum,"mau deh dua-duanya.. yang 4G6S punya teman aku, jadi anak asuh aku.. he.. he.. he.. " temen aku tertawa "Main blade ada juga nih.. 2 dolar-an..." aku bingung banget"duit aku nggak cukup say... nanti aku nggak bisa beli sepatu lagi..." teman aku tertawa.. "jiaaahh... tenang aja.. aku beliin 1 set aja ya.. klu yg buat anak asuh, warna biru mau nggak ? " aku tersenyum"gimana elu aja dah.. " :gg
setelah beberapa menit telpon, aku kembali kerja.. teman sekantor tanya ? "cowok lu telpon ya ? kok jadi ceria ? dapet oleh-oleh kalung berlian ?" aku cuma jawab" Want to know.. aja.. he.. he.. he.. "

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 12 Mar 2013, 10:02
by yagus
kalung berlian orang aero tuh bisa terbang regular sabtu minggu ada siap part :gg

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 12 Mar 2013, 14:08
by Budiman
Maria Nindhya wrote:Remote 6 Chanel
Pada helicopter, remote 6 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
4.Berguling kekiri dan kekanan. Dengan chanel ini kita bisa memiringkan body heli kekiri
dan kekanan. Klu di pesawat namanya aileron.
5.PITCH atau kemiringan main blade untuk mengatur daya angkat/ketinggian heli
6.GYRO atau keseimbangan. Berguna menjaga agar heli lebih stabil terbangnya.
Heli jenis ini, sudah dipastikan mengunakan frekwensi radio. Heli ini bisa naik dan turun,
hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri dan kekanan,
juga bergeser kekiri atau ke kanan. Bahkan bisa terbang terbalik atau invert.

Remote lebih dari 6 Chanel
Pada helicopter, remote lebih dari 6 Chanel pada dasarnya memiliki 6 Chanel di atas di tambah fungsi lain.
Seperti Cut-Off, Idle Trotle dan fungsi-fungsi tambahan lain. Silahkan jika ada yang mau menambah..



Sekedar menambahkan aja,

Gyro untuk non-FBL helicopter, lebih berfungsi sebagai stabilizer untuk rudder control, sedangkan untuk FBL helicopter, gyro pada cyclic control berfungsi sebagai virtual flybar.

Penambahan "Feature" menu pada transmitter lebih dari 6 channel untuk helikopter, biasanya tergantung dari vendor pembuatnya masing2.
Berikut ini hanyalah beberapa menu yang ditanamkan pada Transmitter :
1. Software upgrading melalui website masing2 vendor
2. Lebih dari 3 mode Throttle/Pitch curves
3. Lebih dari 3 mode D/R & Exponential adjustment
4. Multiple mixing programs
5. Throttle mixing
6. Lebih dari 3 Flight mode
7. Lebih dari 5 point untuk masing2 Throttle/Pitch curve
8. Channel serta switch assignment yang dapat dipindahkan sesuai dg keperluan
9. Gyro sense menu yang dapat digunakan untuk single gyro atopun dual gyro
10. Gyro function yang dapat digunakan hanya untuk Heading Hold saja atopun AVCS saja, tanpa mengubah external menu secara manual pada Gyro yang bersangkutan
11. Swash mixing( normal 90 deg, 120 deg CCPM, 135 deg CCPM)
12. Swash compensation
13. E-Ring
14. Governor function
15. Servo speed adjustment
16. Flight mode delay time
17. Hovering Pitch Trimm
18. Hovering Throttle Trimm
19. Monitoring display untuk masing2 channel
20. Warning alarm setting up menu
21. Timer
22. dsb

silahkan untuk menambahkan lagi

salam,
budiman

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 13 Mar 2013, 09:18
by anelah
Maria Nindhya wrote:
anelah wrote:Koneksi lipo juga sangat mengkhawatirkan. Awal beli susah masuknya, setelah itu malah gampang copot. Kalau setelah main kabel panas itu tanda2 sdh harus ganti socket.

Wah, masukan baru nih.. terima kasih pak.. :thx akan saya perhatikan..
btw, klu conector pada motor apa yang salah ya ? heli saya yg CB-180D, sambungan motor ke receiver agak meleleh..
ada saran ? nanti saya buat gambarnya..

Klo kabel dan konektor panas itu konektor nya bermasalah. Solusi bisa coba konektornya disemprot dengan cairan namanya lupa tapi beli nya ditoko elektronik untuk nyemprot potensio meter jika volume digedein suaranya brebet2. Clear conntact klo ga salah Namanya.

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 13 Mar 2013, 09:21
by iwan21
anelah wrote:Klo kabel dan konektor panas itu konektor nya bermasalah. Solusi bisa coba konektornya disemprot dengan cairan namanya lupa tapi beli nya ditoko elektronik untuk nyemprot potensio meter jika volume digedein suaranya brebet2. Clear conntact klo ga salah Namanya.


hampir betul, tepatnya Contac Cleaner
si tante mah udah apal yg beginian pak, lah dia itu ya mekanik, ya tukang solder, kadang2 juga jadi tukang batu kok :hi3

:kabur sebelum dilempar sendal :gg

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 13 Mar 2013, 09:28
by anelah
Hahaha kalau clear conntact lain ya... Begitu disemprot conntact nya lenyap. Kalau sdh lenyap disolder aja ditanggung ga akan panas.

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 14 Mar 2013, 07:40
by Maria Nindhya
Budiman wrote:
Maria Nindhya wrote:Remote 6 Chanel
Pada helicopter, remote 6 Chanel terdiri dari :
1.Trotle, untuk mengatur kecepatan motor.
2.Turning (YAW), untuk memutar body heli kekiri atau kekanan. Klu di pesawat namanya Rudder.
3.Maju mundur, untuk memiringkan body heli kedepan sehingga heli akan bergerak maju
dan miring ke belakang untuk bergerak mundur. Klu di pesawat namanya elevator.
4.Berguling kekiri dan kekanan. Dengan chanel ini kita bisa memiringkan body heli kekiri
dan kekanan. Klu di pesawat namanya aileron.
5.PITCH atau kemiringan main blade untuk mengatur daya angkat/ketinggian heli
6.GYRO atau keseimbangan. Berguna menjaga agar heli lebih stabil terbangnya.
Heli jenis ini, sudah dipastikan mengunakan frekwensi radio. Heli ini bisa naik dan turun,
hover atau diam di tempat, maju dan mundur serta berputar kekiri dan kekanan,
juga bergeser kekiri atau ke kanan. Bahkan bisa terbang terbalik atau invert.

Remote lebih dari 6 Chanel
Pada helicopter, remote lebih dari 6 Chanel pada dasarnya memiliki 6 Chanel di atas di tambah fungsi lain.
Seperti Cut-Off, Idle Trotle dan fungsi-fungsi tambahan lain. Silahkan jika ada yang mau menambah..



Sekedar menambahkan aja,

Gyro untuk non-FBL helicopter, lebih berfungsi sebagai stabilizer untuk rudder control, sedangkan untuk FBL helicopter, gyro pada cyclic control berfungsi sebagai virtual flybar.

Penambahan "Feature" menu pada transmitter lebih dari 6 channel untuk helikopter, biasanya tergantung dari vendor pembuatnya masing2.
Berikut ini hanyalah beberapa menu yang ditanamkan pada Transmitter :
1. Software upgrading melalui website masing2 vendor
2. Lebih dari 3 mode Throttle/Pitch curves
3. Lebih dari 3 mode D/R & Exponential adjustment
4. Multiple mixing programs
5. Throttle mixing
6. Lebih dari 3 Flight mode
7. Lebih dari 5 point untuk masing2 Throttle/Pitch curve
8. Channel serta switch assignment yang dapat dipindahkan sesuai dg keperluan
9. Gyro sense menu yang dapat digunakan untuk single gyro atopun dual gyro
10. Gyro function yang dapat digunakan hanya untuk Heading Hold saja atopun AVCS saja, tanpa mengubah external menu secara manual pada Gyro yang bersangkutan
11. Swash mixing( normal 90 deg, 120 deg CCPM, 135 deg CCPM)
12. Swash compensation
13. E-Ring
14. Governor function
15. Servo speed adjustment
16. Flight mode delay time
17. Hovering Pitch Trimm
18. Hovering Throttle Trimm
19. Monitoring display untuk masing2 channel
20. Warning alarm setting up menu
21. Timer
22. dsb

silahkan untuk menambahkan lagi

salam,
budiman

Terima kasi suhu, atas tambahan ilmunya.. :thx

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 14 Mar 2013, 07:44
by Maria Nindhya
iwan21 wrote:
anelah wrote:Klo kabel dan konektor panas itu konektor nya bermasalah. Solusi bisa coba konektornya disemprot dengan cairan namanya lupa tapi beli nya ditoko elektronik untuk nyemprot potensio meter jika volume digedein suaranya brebet2. Clear conntact klo ga salah Namanya.


hampir betul, tepatnya Contac Cleaner
si tante mah udah apal yg beginian pak, lah dia itu ya mekanik, ya tukang solder, kadang2 juga jadi tukang batu kok :hi3

:kabur sebelum dilempar sendal :gg

:kgt wah.. jangan buka rahasia di sini pak.. nanti klu order bangunan naik.. aku ndak bisa terbang.. ha.. ha.. ha.. :ha3 sibuk nyusun batu... wkwkwwkkkk...

Re: Nubie Belajar dari Heli Asuh

Posted: 14 Mar 2013, 07:46
by Maria Nindhya
yagus wrote:kalung berlian orang aero tuh bisa terbang regular sabtu minggu ada siap part :gg

Setuju.. :mtp ditambah dapet konsumsi dan trasportasi.. :gg