Wings span : 1.4 m
Stick fuselage : +/- 80 cm di tanam dalam foam unbreakable
Motor : BL 2408
Batt : 1200mh Lipo 3C
Prop : Folding prop modification
Esc : Artech 18 A
Servo : 4 bh
Urutan pembuatan tidak sempet dokumentasi.. masih prototype..
Ternyata bisa terbang dehh..
Sudah maiden dngn kesimpulan:
1.CG terlalu tail heavy.. makanya di lilit pake magazine batt bekas 5 biji..
2.wings nya bisa ngepak ngepak kaya burung camar karena spar tidak kuat dan hanya dari balsa ukuran tebal 1cm kubik
3.Kalau kena angin kenceng karakteristik sering berubah unpredictable
Tail heavy dan sayap ngepak......? coba lihat bagian belakangnya om, mungkin dah ada telurnya.... (maaf intermezo...)
Memang kalau kita lihat pakai depron(?) dengan span 1.4m wing seperti itu pastilah deflek (kayaknya si camar rada berat tuh...). Coba wing model KF om biar ada liftnya dan drag akibat spar minim, dan nggak liar kalau ada angin karena perubahan bentuk wing searah span....
Trus dikasi spar balsa 2x1 cm (atau balsa 1cmx1cm didobel dua) dengan konstruksi yang 2cmnya tegak lurus chord biar lebih kuat konstruksinya terhadap deflek...
servo tail pushrod saja om kalau boleh carbon pushrod, jadi onderdil nggak banyak numpuk di tail dan berat. Atau tail di pendek kan lagi 2x chord saja...
tapi yang jelas pesawatnya dah terbang... panjang lagi spannya... (rekor baru kayaknya... mengalahkan boing RG 1 rekiplik grage)..... puazzzzz menerbangkan karya sendiri... selamat om Dedy... semoga camarnya menelurkan pesawat2 baru yang lain.... hehehhe....
Sayap merupakan komponen terpenting bagi glider. Bahkan Glider bisa soaring tanpa bantuan motor atau engine. Sayap panjang dan ringan dengan airfoil pembentuk sayap serta konstruksi kokoh yang diperlukan untuk soaring. Kalo saya lihat sayap Camarnya Pak Dedy tidak pakai airfoil. Spar juga kurang kokoh karena saya pikir masih bisa muntir.