Modelnya sangat cantik elegan, simple, tapi cukup lincah dipakai menari di udara...
Saya sudah sempat mencoba Mirage 2000 (buatan Ricss) dengan power bawaannya yg sangat super duper under powered.... (lebih tepatnya "menyedihkan")
Apalagi bila diterbangkan dengan kondisi berangin, hampir selalu keteteran powernya...
Ada tips buat mendongkrak tenaga yaitu dengan merubah system EDF (Electronic Ducted Fan) menjadi system Pusher!
Karena bagaimanapun system "Pusher" jauh lebih efisien dan efektif baik dari segi tenaga maupun konsumsi daya..
Speed dan akslerasi juga terasa jauh lebih mantap daripada EDF...
Karakter pesawat:
Mirage 2000 ini terasa lebih liar bila dibandingkan F-18 (sesama pabrikan Ricss), pswt jet ini sangat twitchy... Exponent harus agak di lemotin, saya buat negatif Aileron dan Elevator hingga -55 pada Futaba (kalo di JR tentu harus dibuat positif..)
Posisi CG juga sangat berpengaruh!... Bila berat bergeser sedikit terbangnya bakal ngga karu-karuan... apalagi kalo "tail heavy" pswt dijamin bisa stall dalam sekejab mata.. (Mirage 2000 sy ini sempat jatuh dan pecah pada bagian moncongnya karena penentuan letak CG yg salah)... Posisi CG yg benar adalah 20cm dari ujung leading edge segitiga sayap depan!
Berikut cuplikan video saat terbang di kondisi gusting dan berangin...
Dassault Mirage 2000 with lipo 3s 1300mah test flight @Selaparang Airport - Lombok
..... (updated 25 October 2011, tadi sore).... Yang ini setelah diberi makan batt lipo 4s 2250mah video klipnya:









