Di semarang ( PAS ) piper jenis ini ada empat Pilot yang mau belajar menerbangkan dan rata2 mereka sudah menghabiskan 2 kit. dari dasar tersebut saya mencoba mencari tau apa penyebabnya dan hasilnya...
Engine Magnum 28
Servo Futaba 3003
Propeler bolly 9,5x7 ( jangan gunakan APC )
Fuel Cool Power 15%
Install engine kalo di lihat dari depan menurut headnya pada posisi jam 7 maka posisi muffler akan tepat di bawah cowel pas ditengah roda
atau posisi head di jam 6 ( inverted )
tidak direkomendasi untuk posisi jam 9 karena berat beban akan cenderung ke kanan ( ini yg membuat mudah stall )
Usahakan menggunakan mesin yang fit atau sudah pas setelannya dan tidak disarankan menggukan fuel di bawah 10% kandungan nitronya karena powernya akan berkurang
letak batt receiver tepat di belakang rumah servo, agar lebih kuat sebelum di install batt rxnya bikin lantai sepanjang ukuran batt di belakang rumah servo, dan rx tepat di belakang fuel tank...
Tambah beberapa beban ( aluminium balancing velg ban mobil ) 20 gram , 10 gram di sisi kiri bawah rudder / satu di kanan tempelkan secara permanen dan usahakan kuat menempelnya ( gunakan CA )
setelah secara keseluruhan selesai sekarang menimbang sayap
pasang sayap
No fuel
angkat pesawat dgn kedua telunjuk jari satu di ujung spiner satu di ujung pangkal ekor / ruder lihat keseimbangannya kalo sayap cenderung jatuh kekanan berarti yg perlu di bals ada di sayap kiri ( gunakan alumunium balancing velg ban mobil ) cukup 5 Gram cari posisi hingga sayap seimbang kalo sudah ketemu baru di tanam kedalam sayap jangan di tempel disisi luar sayap karena dapat menggangu aliran udara.
Take Off
Pada posisi take off selama masih di ground jaga elevator pada posisi up ini bertujuan agar pesawat tertahan dan menapak kuat di tanah dan gak lari kekanan atau ke kiri usahakan di satu garis lurus dgn kecepatan penuh..begitu pantat nya naik sementara roda depan masih menapak di tanah lepas pelan-pelan posisi elevator hingga airbone jaga sudut nya jangan terlalu naik...dan jangan melakukan belokan sblm benar2 mendapatkan speed ( rentan stall )
hal yabg akan anda rasakan begitu lepas dari tanah adalah sayap akan terasa membanting ke kanan ini adalah efec gravitasi ..usahakan anda tdk panik...kalo mbanting ke kanan kalo anda bingung bisanya koreksinya ke kiri secara berlebihan maka pesawat ini akan mogel kanan kiri kanan kiri sementara speed belum dapat sehingga stall..usahakan anda tetap tenang...jika sudah airbone dan ketemu speednya baru boleh belok ke kanan atau kekiri dan kurangi speednya
Pesawt ini kalo udah mengudara karakternya spt trainer mudah dikendalikan asal jangan di glide pelan
Landing
Jika ingin landing usahakan down wind tentukan media pendaratan dan jangan pernah memainkan aileron dgn gerakan full down dan jangan di flare /glide dgn speed rendah tapi tetap jaga kecepatan ...
usahakan roda depan menyentuh tanah terlebih dahulu baru tutup trottle tunggu hingga speednya berkurang baru angkat elevatur max..ini bertujuan sbg pengganti air brake menahan laju tail gear agar pesawat mudah di kendalikan spt pada saat take off
Selamat mencoba jika gagal coba lagi..gagal coba lagi gagal...berarti anda kurang sabar...
