Buat temen2 yang punya pengalaman memakai Flap pada saat landing atau take off ada yang mau saya tanyakan nih :
- Pada saat landing dengan memakai flap pesawat akan cenderung naik ( karena lift bertambah ) , apakah perlu di mix dengan elevator ( down ) supaya pesawat tidak cenderung naik ? ( level )
- Disudut berapa derajat kira2 flap yang ideal untuk take off dan landing ?
- Apakah ada perbandingan yang ideal untuk panjang antara flap dengan aileron..( sama panjang / lebih panjang aileron )
terimakasih atas penjelasannya.....
flap
Moderator: NGL
- rudyWing
- Master Sergeant
- Posts: 417
- Joined: 03 Apr 2008, 07:14
- Location: PGC
- Contact:
Re: flap
salam kenal Om Teddy Kalo di simulator elevator juga di adjust sekitar 10 drajat down position... supaya pesawat tidak cenderung naik. Utk realnya belum pernah pake.. mungkin suhu² GRAGE yg lain bisa membantu.
- setyo antarikso
- Senior Airman
- Posts: 136
- Joined: 01 Apr 2008, 12:33
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
Re: flap
kl saya buat take off, flap aja yg aktif. Cepet ngangkat..
kl landing flap dan elevator mix skt 1:5...ini setelah nanya2 pilot pesawat beneran..hasilnya pas banget, pesawat tetep level..tapi gas kurang dari seperempat..kl gas kebanyakan pesawatnya ngampul....
begitu landing, flap buka bawah 100%, aileron dua2nya buka atas 100%.....cakep euy....jadi pingin terbang nih..
kl landing flap dan elevator mix skt 1:5...ini setelah nanya2 pilot pesawat beneran..hasilnya pas banget, pesawat tetep level..tapi gas kurang dari seperempat..kl gas kebanyakan pesawatnya ngampul....
begitu landing, flap buka bawah 100%, aileron dua2nya buka atas 100%.....cakep euy....jadi pingin terbang nih..
- sony
- Staff Sergeant
- Posts: 219
- Joined: 08 Jul 2007, 06:05
Re: flap
setyo antarikso wrote:kl saya buat take off, flap aja yg aktif. Cepet ngangkat..
kl landing flap dan elevator mix skt 1:5...ini setelah nanya2 pilot pesawat beneran..hasilnya pas banget, pesawat tetep level..tapi gas kurang dari seperempat..kl gas kebanyakan pesawatnya ngampul....
begitu landing, flap buka bawah 100%, aileron dua2nya buka atas 100%.....cakep euy....jadi pingin terbang nih..
harus donk segera terbang ...........btw ngampul itu apa ya?
- davidsgrt
- Airman First Class
- Posts: 83
- Joined: 26 May 2008, 18:14
- Location: Serpong
Re: flap
@oom sony
saya coba jawab ya oom ngampulnya dari oom setyo
ngampul = aanculan (tambaha ga ngerti juga ya...hihihi
JKD oom...
aanculan = ngajleng... (tambah ga ngerti lagi ya oom...
)
ngajleng = loncat/kaya per lho oom.....
Peace...
saya coba jawab ya oom ngampulnya dari oom setyo
ngampul = aanculan (tambaha ga ngerti juga ya...hihihi


aanculan = ngajleng... (tambah ga ngerti lagi ya oom...


ngajleng = loncat/kaya per lho oom.....
Peace...
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: flap
yg saya alami selama ini, flap (non slotted) saat diturunkan, memang lift bertambah, tapi pesawat malah cenderung down/menukik.
ini karena airfoil sayap berubah jadi mendekati under-chambered dan menimbulkan tambahan momen putar pada sayap (seolah-olah kita pake elevon). jadi, saya malah harus pasang mixing untuk elevator up ... persentasenya, sangat tergantung pada karakter elevator, pada magic saya (flaperon), cuman sekitar 5%
ini karena airfoil sayap berubah jadi mendekati under-chambered dan menimbulkan tambahan momen putar pada sayap (seolah-olah kita pake elevon). jadi, saya malah harus pasang mixing untuk elevator up ... persentasenya, sangat tergantung pada karakter elevator, pada magic saya (flaperon), cuman sekitar 5%
- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
Re: flap
dalam dunia penerbangan sebenarnya, elevator itu bisa di ubah sudut kemiringannya (keseluruhan elevator lho ya). perhatikan foto dibawah ini :

nah, inilah alasan kenapa pesawat sebenarnya walau dihajar full flaps, AoA (angle of Attack / Sudut serang) pesawat tidak berubah. Flaps increasing = sudut Elevator menyesuaikan.
sekarang bisa ga di terapkan di aeromodelling? hm...kayaknya ini pe-er buat suhu suhu disini nih. hehehe
ohya, settingan take off pesawat itu tergantung berat pesawat dan panjang landasannya (sy berbicara soal pesawat dalam kenyataan ya). kalau landasan panjang dan berat pesawat ringan, ya kadang ga pake flap atau 5'. take off flaps itu mulai 5', 10' sampai 15'. kalau landing, mulai dari 15' sampai maksimal 45'
semoga bermanfaat

nah, inilah alasan kenapa pesawat sebenarnya walau dihajar full flaps, AoA (angle of Attack / Sudut serang) pesawat tidak berubah. Flaps increasing = sudut Elevator menyesuaikan.
sekarang bisa ga di terapkan di aeromodelling? hm...kayaknya ini pe-er buat suhu suhu disini nih. hehehe
ohya, settingan take off pesawat itu tergantung berat pesawat dan panjang landasannya (sy berbicara soal pesawat dalam kenyataan ya). kalau landasan panjang dan berat pesawat ringan, ya kadang ga pake flap atau 5'. take off flaps itu mulai 5', 10' sampai 15'. kalau landing, mulai dari 15' sampai maksimal 45'
semoga bermanfaat
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: flap
Soal nge-mix flap saya udah coba om... bahkan di pswt sekelas WD4 pun saya pernah full mixed..
(mungkin kedengaran agak aneh kok WD aja di flapin... hehehe... )
dengan dgn flap memang lift bertambah om, flap bisa di mix dgn elevator (up).. sudut dikit aja om, kira-kira 10 degree cukuplah..
Kalo buat takeoff sih saya rasa ngga terlalu signifikan pake flap, karena rata-2 pswt aeromodelling cepet naiknya...
flap paling kerasa kalo utk landing... apalagi kalo pswt kita ada beban xtra seperti: camera,dsb... ini menurut pengalaman saya lho..
(mungkin kedengaran agak aneh kok WD aja di flapin... hehehe... )
dengan dgn flap memang lift bertambah om, flap bisa di mix dgn elevator (up).. sudut dikit aja om, kira-kira 10 degree cukuplah..
Kalo buat takeoff sih saya rasa ngga terlalu signifikan pake flap, karena rata-2 pswt aeromodelling cepet naiknya...
flap paling kerasa kalo utk landing... apalagi kalo pswt kita ada beban xtra seperti: camera,dsb... ini menurut pengalaman saya lho..
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 703
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
Re: flap
Augustinus Aurelius wrote:Soal nge-mix flap saya udah coba om... bahkan di pswt sekelas WD4 pun saya pernah full mixed..
(mungkin kedengaran agak aneh kok WD aja di flapin... hehehe... )
dengan dgn flap memang lift bertambah om, flap bisa di mix dgn elevator (up).. sudut dikit aja om, kira-kira 10 degree cukuplah..
Kalo buat takeoff sih saya rasa ngga terlalu signifikan pake flap, karena rata-2 pswt aeromodelling cepet naiknya...
flap paling kerasa kalo utk landing... apalagi kalo pswt kita ada beban xtra seperti: camera,dsb... ini menurut pengalaman saya lho..




- teddy
- trainee
- Posts: 14
- Joined: 02 Sep 2007, 14:27
- Location: Jakarta Barat dan Bojonegoro
Re: flap
Augustinus Aurelius wrote:Soal nge-mix flap saya udah coba om... bahkan di pswt sekelas WD4 pun saya pernah full mixed..
(mungkin kedengaran agak aneh kok WD aja di flapin... hehehe... )
dengan dgn flap memang lift bertambah om, flap bisa di mix dgn elevator (up).. sudut dikit aja om, kira-kira 10 degree cukuplah..
Kalo buat takeoff sih saya rasa ngga terlalu signifikan pake flap, karena rata-2 pswt aeromodelling cepet naiknya...
flap paling kerasa kalo utk landing... apalagi kalo pswt kita ada beban xtra seperti: camera,dsb... ini menurut pengalaman saya lho..
ok..makasih rekan2 atas masukannya...amat sangat bermanfaat buat saya...