Augustinus Aurelius wrote:Nimbrung dikit walau sy kurang ngerti bahasa tekniknya...
Carbu type ini sudah pernah saya pakai di Hydroboat "Miss budweiser" Zenoah 26cc (Proboat-USA)
Sebelumnya saya pake carbu yg modelnya ada cap plastic bening kalo mau nyalain musti dipencet/dipompa dulu sampe minyaknya naik.. carbu type itu rada rewel, tuning susah baget, jadi mesin kurang stabil... akhirnya saya ganti, sy pesen carbu baru di s'pore, dan disarankan oleh penjualnya menggunakan carbu spt foto diatas... Ternyata memang beda dgn sebelumnya... starter dengan 3-4 kali tarikan mesin sudah hidup dan stabil banget...
Pengalaman saya pakai carburator bensin, ada satu hal yang sangat penting, yaitu harus pasang filter yang baik. Carburator bensin ada filter didalamnya, sehingga kotoran menyumbat disana. Kalau kita bongkar, kemudian filter dibersihkan, biasanya langsung greng lagi enginenya.
Untuk carburator yang ada cap plastiknya, saya juga suka menggunakannya. Dengan ada cap plastiknya, kita mudah untuk menge
choke. Ini saya pakai pada 2 heli gasser saya. Tinggal tekan putingnya berkali-kali sampai muncrat, setelah itu tinggal starter.
Jadi kalau engine susah nyala atau ter-sendat2, coba bersihkan filter didalam karburator. Hati2 karena filternya sangat halus, jangan sampai rusak.