mas odjie sharing donk anda kan pemakai electric ama engine plus minusnya karena saya pengin juga neh ngerasakan engine cuman kok diluar banyak yang ngomong engine ribet lah ritual banyak lah trus enginenya itu sendiri sering jebol.....
emangnya yang bener gimana ya?
Tanya Soal Hirobo Shuttle Plus
Moderators: ferry, sahid, handoyo6299
- odie
- Senior Airman
- Posts: 115
- Joined: 06 Jul 2007, 00:43
salam kenal dulu pak sony.. pasti nama panjangnya bapak sony ericsson ya? hehehehehe... maap becanda...
iya pak, kebetulan saya pake 2-2nya, ya electric ya engine, kata orang sih idealnya begitu, jadi kalo lagi pengen maen yang nggak ganggu tetangga, ya udah maeinin T-Rex aja...
emang ada anggapan / pendapat beberapa orang yang bilang kalo maen heli engine tu ribet, ritual & barang bawaannya banyak, trus enginenya suka bermasalah...
saya mau coba "meluruskan" dulu angggapan2 ini :
- ribet? kalo kita mundur l/k 10 tahun ke belakang pak, saya dulu pernah liat ada aeromodeller yang lagi starter nyalain heli engine. emang ribet, karena harus pake belt dulu, jadi starter sama heli kita harus disambung dulu pake belt, trus begitu nyala tu beltnya "menjuntai" gitu aja di helinya, trus harus bawa starter gede, plus accu / baterai kering yang lumayan gede.
tapi kalo sekarang pak, saya mau bilang kalo saya mau maen gak ada ribet2nya sama sekali, starter saya pake Roto-Start (sejenis kayak bor listrik kecil, powernya baterai pack NiMh 7.2v yang sering dipake buat maen electric p/c car). jadi gak ada tu saya harus bawa accu / beterai kering plus kabel2nya yang ribet melilit kemana2.
trus glow plug heater, saya pake yang handy, kecil rechargeable, disakuin di kantong celana aja itu mah, wong cuma segede baterai ukuran besar,
fuel pump? saya tempel langsung di fuel bottlenya aja, jadi fuel bottle 1 gallon udah tinggal tenteng aja, tu hand crank fuel pump udah "nemplok" disitu.
o ya ada lagi. bapak pasti bilang, ribet kan kalo ngisi fuel, harus tutup / jepit selang karburator, buka selang tangki, pompa fuel, trus tumpah2 berceceran.. gak ada lagi itu pak. sekarang kan ada one way valve fuel filler, kayak buat ngisi bensin di F1, tinggal colokin, pompa, fuel masuk tangki (yang ke karburator otomatis nutup), begitu penuh, cabut colokannya.beres. gak ada tumpah2an..
balik lagi ke soal ribet pak, memang gimana orangnya itu mah, sampe sekarang pun saya msh liat ada aja orang yang ribet, mau maen bawa peralatannya "serumah" dibawa semua... hehehehehe... tapi kalo mau dibawa praktis, bisa sangat praktis kok...
oya, masalah engine yang katanya sering jebol? wah, itu sih engine yang break-in plus settingannya gak bener, mau heli, pesawat, mobil r/c, kalo settingannya gak beres mah, sebentar juga jebol, biasanya karena settingannya terlalu lean, kecekek krn kurang fuel, overheat, trus bye bye.....
ritual sebelum main emang sedikit lbh banyak dibnandingkan kita maen electric, kalo maen electric pasang baterai, colok, terbang, tapi trust me, kalo engine kita maennya lbh puas karena lbih lama. ampe bosen!! hehehehehe.... 1 tangki bisa mentok di 12 menit (shuttle dgn engine .32), kalo abis tinggal landing, matiin mesin, isi fuel lagi, starter lagi, terbang lagi! bandingin sama electric yang mentok di 10 menit (baterai lipo kan gak blh ampe kosong kan?), mau punya baterai 6 juga mentok2nya cuma bisa maen kurang dari 1 jam. setelah semua baterai habis? manyun kan? ngecas 1 lipo paling cepet 45 menit, jadi pas lagi nggecas itu kita ngapain? heli "nganggur" aja gitu.... hehehehe....
nah itulah sedikit share yang kayaknya bisa sedikit "meluruskan" persepsi tentang heli engine yang katanya ribet & bayk bermasalah pak... mudah2an bisa sedikit membantu....
iya pak, kebetulan saya pake 2-2nya, ya electric ya engine, kata orang sih idealnya begitu, jadi kalo lagi pengen maen yang nggak ganggu tetangga, ya udah maeinin T-Rex aja...
emang ada anggapan / pendapat beberapa orang yang bilang kalo maen heli engine tu ribet, ritual & barang bawaannya banyak, trus enginenya suka bermasalah...
saya mau coba "meluruskan" dulu angggapan2 ini :
- ribet? kalo kita mundur l/k 10 tahun ke belakang pak, saya dulu pernah liat ada aeromodeller yang lagi starter nyalain heli engine. emang ribet, karena harus pake belt dulu, jadi starter sama heli kita harus disambung dulu pake belt, trus begitu nyala tu beltnya "menjuntai" gitu aja di helinya, trus harus bawa starter gede, plus accu / baterai kering yang lumayan gede.
tapi kalo sekarang pak, saya mau bilang kalo saya mau maen gak ada ribet2nya sama sekali, starter saya pake Roto-Start (sejenis kayak bor listrik kecil, powernya baterai pack NiMh 7.2v yang sering dipake buat maen electric p/c car). jadi gak ada tu saya harus bawa accu / beterai kering plus kabel2nya yang ribet melilit kemana2.
trus glow plug heater, saya pake yang handy, kecil rechargeable, disakuin di kantong celana aja itu mah, wong cuma segede baterai ukuran besar,
fuel pump? saya tempel langsung di fuel bottlenya aja, jadi fuel bottle 1 gallon udah tinggal tenteng aja, tu hand crank fuel pump udah "nemplok" disitu.
o ya ada lagi. bapak pasti bilang, ribet kan kalo ngisi fuel, harus tutup / jepit selang karburator, buka selang tangki, pompa fuel, trus tumpah2 berceceran.. gak ada lagi itu pak. sekarang kan ada one way valve fuel filler, kayak buat ngisi bensin di F1, tinggal colokin, pompa, fuel masuk tangki (yang ke karburator otomatis nutup), begitu penuh, cabut colokannya.beres. gak ada tumpah2an..
balik lagi ke soal ribet pak, memang gimana orangnya itu mah, sampe sekarang pun saya msh liat ada aja orang yang ribet, mau maen bawa peralatannya "serumah" dibawa semua... hehehehehe... tapi kalo mau dibawa praktis, bisa sangat praktis kok...
oya, masalah engine yang katanya sering jebol? wah, itu sih engine yang break-in plus settingannya gak bener, mau heli, pesawat, mobil r/c, kalo settingannya gak beres mah, sebentar juga jebol, biasanya karena settingannya terlalu lean, kecekek krn kurang fuel, overheat, trus bye bye.....
ritual sebelum main emang sedikit lbh banyak dibnandingkan kita maen electric, kalo maen electric pasang baterai, colok, terbang, tapi trust me, kalo engine kita maennya lbh puas karena lbih lama. ampe bosen!! hehehehehe.... 1 tangki bisa mentok di 12 menit (shuttle dgn engine .32), kalo abis tinggal landing, matiin mesin, isi fuel lagi, starter lagi, terbang lagi! bandingin sama electric yang mentok di 10 menit (baterai lipo kan gak blh ampe kosong kan?), mau punya baterai 6 juga mentok2nya cuma bisa maen kurang dari 1 jam. setelah semua baterai habis? manyun kan? ngecas 1 lipo paling cepet 45 menit, jadi pas lagi nggecas itu kita ngapain? heli "nganggur" aja gitu.... hehehehe....
nah itulah sedikit share yang kayaknya bisa sedikit "meluruskan" persepsi tentang heli engine yang katanya ribet & bayk bermasalah pak... mudah2an bisa sedikit membantu....
- sony
- Staff Sergeant
- Posts: 219
- Joined: 08 Jul 2007, 06:05
wah thank's nih mas sharingnya o ya kita pernah ketemu kan waktu si sphink poins ....masih inget gak mas saya tempo hari lagi nyari2 dean connector ( bener kagak yah nulis nya )......
yang tempo hari sempet di tunjukin fuselage untuk heli 50 yang beratnya enteng banget mas....
saya lagi mempertimbangkan untuk second heli saya engine or elektrik karena kalau main di size 50 elektrik batterynya ituloh yang gak ketulungan mahalnya kalau engine saya bener2 masih buta karena belum pernah main...
any sugestion for engine beginner mas
regard's
yang tempo hari sempet di tunjukin fuselage untuk heli 50 yang beratnya enteng banget mas....
saya lagi mempertimbangkan untuk second heli saya engine or elektrik karena kalau main di size 50 elektrik batterynya ituloh yang gak ketulungan mahalnya kalau engine saya bener2 masih buta karena belum pernah main...
any sugestion for engine beginner mas
regard's
- odie
- Senior Airman
- Posts: 115
- Joined: 06 Jul 2007, 00:43
o iya... kita pernah ngobrol2 yaa.... hehehehe....
boleh pak kalo emang mau start di heli engine, tapi saran saya pake kelas .50 aja pak, kelas .30 nanggung, kelas diatas .50 kegedean (dan biayanya crashnya... waduh!!)..
kebetulan saya juga beginner di heli engine, jadi kita bisa sama2 belajar gitchuuu....
boleh pak kalo emang mau start di heli engine, tapi saran saya pake kelas .50 aja pak, kelas .30 nanggung, kelas diatas .50 kegedean (dan biayanya crashnya... waduh!!)..
kebetulan saya juga beginner di heli engine, jadi kita bisa sama2 belajar gitchuuu....
- e12ry
- Airman First Class
- Posts: 70
- Joined: 06 May 2007, 20:05
- Location: -Earth-
- odie
- Senior Airman
- Posts: 115
- Joined: 06 Jul 2007, 00:43
mas andre! mau review dikit nih... btw thanx a lot buat masukannya....
shuttle-ku udah aku ganti flybar paddlenya pake yang ultralightweight punya raptor (warna merah)..
resultnya : sekarang jadi lincah benerrr... swashnya bisa "liar" banget, bahkan kalo ada "nyali" dikit kayaknya bisa invert nih...
hehehehe.... btw lagi, thanx a lot yaaa.....
shuttle-ku udah aku ganti flybar paddlenya pake yang ultralightweight punya raptor (warna merah)..
resultnya : sekarang jadi lincah benerrr... swashnya bisa "liar" banget, bahkan kalo ada "nyali" dikit kayaknya bisa invert nih...
hehehehe.... btw lagi, thanx a lot yaaa.....
- andre77
- Technical Sergeant
- Posts: 376
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact: