Perkenalan

Diskusi tentang heli elektrik

Moderators: Budiman, irsansaputra

User avatar
leenoux
Posts: 6
Joined: 18 Jul 2007, 15:08

Post by leenoux »

x wing wrote:salam kenal pa' linux :-)

aku sumbang saran juga ah :-)

menurut ku kalo latihan nanti, pake heli & pake simulatornya seiring bergantian fifty fifty lah.... aku aja dapat selah nya di simulator... and benar juga kata senior ; kalo di simulator udah bisa insyaALLAH di real nya bisa 90% nya lah... :-)

nah yang ini nih ga kalah penting; -kalau pun punya banyak budget, JANGAN ke buru nafsu untuk segera pindah ke heli level berikut nya, explore dulu yang kita punya sampai kita EXPERT.... baru boleh pindah kalo udah merasa expert.... wong aku aja bisa nya cuman hover hover dan hover doank :-)


selanjutnya pa' Linux sendiri yang menentukan :-)


thanks pak atas masukannya :)
Tirto
Posts: 9
Joined: 05 Mar 2007, 13:23
Location: MBandung
Contact:

Post by Tirto »

x wing wrote:salam kenal pa' linux :-)

aku sumbang saran juga ah :-)

menurut ku kalo latihan nanti, pake heli & pake simulatornya seiring bergantian fifty fifty lah.... aku aja dapat selah nya di simulator... and benar juga kata senior ; kalo di simulator udah bisa insyaALLAH di real nya bisa 90% nya lah... :-)

nah yang ini nih ga kalah penting; -kalau pun punya banyak budget, JANGAN ke buru nafsu untuk segera pindah ke heli level berikut nya, explore dulu yang kita punya sampai kita EXPERT.... baru boleh pindah kalo udah merasa expert.... wong aku aja bisa nya cuman hover hover dan hover doank :-)

selanjutnya pa' Linux sendiri yang menentukan :-)


Betul pak... kalau hanya simulator juga kurang, karena ada beberapa faktor yang tidak 100% kita rasakan dengan simulator.
Simulator baik untuk mengawali membiasakan respon mata ke Jempol... awalnya lewat otak dulu... lama kelamaan reflek yang bekerja.
Dan juga meminimalkan crash cost terutama untuk pemula.. :bow:
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Post by Sulistiyo »

Salam kenal om-om semua saya juga baru di Heli..... saya pertama maen di simulator, memang disimulator mendekati real namun perlu settingan sedikit, baik di helinya maupun di lingkungannya... itu akan semakin mendekati real dan kesulitannyapun bertambah. baru setelah itu maen heli coax dan sekarang lagi belajar yang 6 channel.
User avatar
e12ry
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Post by e12ry »

real sama simulator cuman beda di angin .... soalnya kalo real anginnya juga real.....
and di simulator ngga ada orang selain pilot kalo di aslinya takut ada orang juga.... mendingan kalo mau terbang di tempat yg ngga ada orangnya alias cek dulu.....
User avatar
Yagee
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 273
Joined: 25 Jan 2007, 09:51
Location: Semarang Kaline Banjir
Contact:

Post by Yagee »

Yuuk!
User avatar
leenoux
Posts: 6
Joined: 18 Jul 2007, 15:08

Post by leenoux »

Sulistiyo wrote:Salam kenal om-om semua saya juga baru di Heli..... saya pertama maen di simulator, memang disimulator mendekati real namun perlu settingan sedikit, baik di helinya maupun di lingkungannya... itu akan semakin mendekati real dan kesulitannyapun bertambah. baru setelah itu maen heli coax dan sekarang lagi belajar yang 6 channel.


saya udah coba pakai simulator, handling nya agak2 susah ya, saya ngerti maksud kontrol2 nya, collective up/down, cyclic front/back/left/right, rudder left/right. cuma kok dari posisi hover mau maju aja malah nukik ke depan =P~ . gak sampai crash sih, cuma ya jadi nya malah kayak main ayun2an xixixixixi...

mungkin ada senior2 yg bisa ngajarin basic handling heli ](*,)

TIA
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Itulah karakter heli... cenderung akan lari, disitulah peran jempol2 kita untuk menahan supaya posisi heli tidak lari2 dan tetap diam alias hover... harus cepet direcover jika kemungkinan heli akan lari.

mungkin perlu diset trim elevator supaya tidak terus maju atau nukik... enaknya kalau di simulator lbh gampang karena kita tidak harus ngatur CG, tidak seperti pada kondisi sebenarnya kalau tidak pas CGnya akan menghasilkan heli cenderung nose heavy atau tail heavy... =P~
User avatar
x wing
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

respon di jempol nya jangan panik dan terpaku pa'
cara nya cepat ngebalas nya tapi kalo udah dapat stabilnya jang di balas dulu
:-k mmm ini sih teori nya... nanti pasti dapat selah nya coba terus pa' jang nyerah




malah kayak main ayun2an xixixixixi...

mungkin ada senior2 yg bisa ngajarin basic handling heli ](*,)

TIA
[/quote]
User avatar
starlight
Posts: 3
Joined: 07 Jan 2008, 09:09
Location: mALaNg

Post by starlight »

@syafik
pak mumpung ada kata2 CG nih mo nanya, apa CG tu yg dimaksud center of gravity? apa di heli ada setting-an buat ngatur CG-na? apa indikasinya kalo kita mst ngatur CG-nya?
mohon bimbingannya pak, trims.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Di heli memang agak sudah untuk memodifikasi CG beda dengan pesawat yang cenderung bisa dimodifikasi. Heli memang framenya sudah dari sononya (pabriknya) jadi agak sudah mengatur CG, tapi biasanya heli sudah dibuat dg CG yang pas asalkan kita meletakkan komponennya dibagian yang sudah disiapkan kecuali kalau berat dari komponen2 itu lebih ringan atau lbh berat dari rekomendasi pabriknya...

Untuk melihat CGnya heli gampang aja coba angkat heli dengan dua jari dibagian rotorhead (rotor grip) dan lihat apakah heli cenderung balance atau berat depan (nose heavy) atau tail heavy. Kalau tidak balance tinggal digeser2 posisi batery untuk menghasilkan CG yang pas. kalau tidak CG pasti tidak balance terbang... bisa cenderung maju kalau nose heavy begitu juga sebaliknya
Post Reply