WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
davit123
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 518
Joined: 13 Feb 2008, 09:33

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by davit123 »

sharing ya, pengalaman saya pakai Nicd dan NiMh, sama sama bagus, asalkan kwalitas batrei betul betul yanga sli, banyak beredar batrei nich dan nimh palsu, gejala ngedroup saat mengudara pernah dialami, tapi syukur bisa lending, biasanya ini terjadi kepada batrei batrei nicd & nimh palsu.

untuk batrei nich dan nimh asli, asalkan pengisian dan pengurasannya sempurna, selama ini baik baik saja, saya membiasakan 3 kali di cash batrei saya kuras discash dan kemuadian di cash (disisi dengan amper kecil)

kelebihan nicd dan nimh menurut pengalaman saya batreinya mudah diperoleh dimana saja, umumnya tipe AA, jadi apabila kehabisan bisa beli diwarung, kelebihan lainnya sumber power dari batrei langsung ke Receiver, tidak melalui perantara Regulator ( apabila regulatornya bermasalah/mati, kejadiannya sama saja, pesawat jatuh)

pengalaman pakai batri RX Lippo, pemakaiannya lama, biasa puas mainnya, tidak perlu sering sering nge cash, pemilihan regulator yang bagus, saya sependapat kepada rekan sekalian, memang diperlukan, karena regulator panas dan mati di atas, akibatnya power lipo tidak bisa diterima RX, akhirnya cras juga, hal lain tentusaja investasinya agak mahal sedikit, yaitu batrei lippo dan Regulator dan tentu saja wajib memiliki charger khusus lippo yang ber fasilitas balancer, agar lippo awet muda.

saat ini saya memakai ke 3 jenis batrei tersebut Nicd, nimh,lippo dan tambah satu lagi jenis batrei lion (jenis batrei laptop, mah nya 2400, satu selnya tegangan 3,7 harganya 50 ribu sebiji, terbukti bisa menandingi lipo)

impian saya memakai batrei jenis life, kapasitas 6,6 Volt, sehinga dapat langsung di colok ke Receiver tanpa memerlukan perantara sang regulator lagi, sehingga kemungkinan gagal/mati di regulator tidak akan terjadi, power tenaga dari batrei langsung ke Receiver, seperti pada batrei Nicd & Nimh, tapi harga nya batrei life khusus u RX, masih lumayan, tunggu turun harga, pasti semua akan pindah ke batrei yg Volt nya bisa dicolok kan langsung ke RX (tanpa memerlukan regulator lagi)
terbangnya lama, nge cashnya sebentar, tidak perlu khawatir Regulatornya jebol (karena memang tidak pakai regulator)

batrei nicd atau nimh, banyak dijual dipasaran bebas
Image

Image
Last edited by davit123 on 13 Feb 2010, 19:38, edited 3 times in total.
User avatar
setyo antarikso
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 136
Joined: 01 Apr 2008, 12:33
Location: Jakarta Timur
Contact:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by setyo antarikso »

saya pake nicd sanyo 1500mah, buat terbang engine 46 2 tangki (@ 1 jam) masih bisa mendarat dengan selamet.
Servo yg dipake standar 3 kg, total ada 6 servo, ail 2, flap 1, gas, elev, rudder masing2 1 buah.

Yg penting batre harus asli, dan recycle.

Kl pengalaman dgn regulator, saya selalu pasang dulu di rc car. Buat jumping2 dulu, kl oke ya ke pesawat. Biasanya sih suka ngawur
User avatar
budi.santoso
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 506
Joined: 09 Jul 2007, 23:25
Location: Jakarta
Contact:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by budi.santoso »

Wah...beraneka ragam penggunaan ya.. Ada yg percaya sama Regulator, ada pula yg tidak. Hm..yang nanya jd bingung mau pake apa... :? :lol: :lol:
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by Kiki_54 »

AgoesAurelz wrote:Saya juga pakai batt li-po untuk pesawat engine, regulator kebanyakan pakai ESC bekas... sementara ini oke2 aja om

Oom AA saya udah hampir 1 tahun punya regulator tapi gak berani pasang gara2 teman saya Anas-8 pesawatnya jatuh gara2 lepas kontak antara RX dg TX menurut peneliian dia katanya regulator itu sambungan arusnya putus2.
Nah kalau pake ESC bekas gimana caranya?
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by Kiki_54 »

dino wrote:ati ati dng regulator bl salah pilih bs ancur semuanya [-X [-X [-X [-X (pengalaman pribadi) ada regulator yg bl panas setrumnya nggk keluar ](*,) ](*,) ](*,)

Nah untuk mengatasinya dan ini pengalaman saya pribadi serta sesuai dengan efisiensi BEC maka saya selalu menggunakan BEC dengan kapasitas 25% diatas kebutuhan, hal ini semata untuk menjaga agar BEC tidak bekerja terlalu berat buntut nya BEC/regulator jadi adem.

Maka untuk itu saat ini saya gunakan BEC/Regulator untuk pesawat nitro s/d kelas 123 saya pasang 5A dan untuk yang lebih besar saya gunakan yang 8A terus liponya saya gunakan yg khusus untuk Rx dengan kapasitas 2100 mAh

Tambahan info lagi yang saya pasang di gasoline dan pakai Rx 2.4 Ghz saya dipasangin 2 source dan/atau 2 independent switch lagi sebagai redundant power

Demikian sekedar sharing info dan mohon maaf kalo kurang pas

salam

Wah..penjelasan OOm Dino udah kelas tinggi yah.....Oom dino hebat =; =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D>
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by Kiki_54 »

untuk pesawat2 engine saya ( yng tidak seberapa banyaknya hehehehe) semua pakai batery nicad dan aman2 saja
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by Kiki_54 »

budi.santoso wrote:Wah...beraneka ragam penggunaan ya.. Ada yg percaya sama Regulator, ada pula yg tidak. Hm..yang nanya jd bingung mau pake apa... :? :lol: :lol:

Semua aja OOm coba nanti mana yang cocok, asalkan jangan ampai jatuh kornab aja hhehehehehe
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by dino »

Kiki_54 wrote:
dino wrote:ati ati dng regulator bl salah pilih bs ancur semuanya [-X [-X [-X [-X (pengalaman pribadi) ada regulator yg bl panas setrumnya nggk keluar ](*,) ](*,) ](*,)

Nah untuk mengatasinya dan ini pengalaman saya pribadi serta sesuai dengan efisiensi BEC maka saya selalu menggunakan BEC dengan kapasitas 25% diatas kebutuhan, hal ini semata untuk menjaga agar BEC tidak bekerja terlalu berat buntut nya BEC/regulator jadi adem.

Maka untuk itu saat ini saya gunakan BEC/Regulator untuk pesawat nitro s/d kelas 123 saya pasang 5A dan untuk yang lebih besar saya gunakan yang 8A terus liponya saya gunakan yg khusus untuk Rx dengan kapasitas 2100 mAh

Tambahan info lagi yang saya pasang di gasoline dan pakai Rx 2.4 Ghz saya dipasangin 2 source dan/atau 2 independent switch lagi sebagai redundant power

Demikian sekedar sharing info dan mohon maaf kalo kurang pas

salam

Wah..penjelasan OOm Dino udah kelas tinggi yah.....Oom dino hebat =; =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D>


WoW...... :-k :-k :-k ](*,) ](*,) ](*,) bkn sy yg nulis...boz 8-[ 8-[ 8-[

yg pst bl menggunakan nicd ato nimh slalu perhatiken kebocoran batt :-k :-k :-k nya bl bocor itu per biasanya berkarat...... trus...nggk sambung duech #-o #-o #-o dijamin pswtnya nyelonong boy ](*,) ](*,) ](*,) mendingan disolder aj pk jumper tembaga dng hubung series...... dikoating pk kertas lakban ato slumpung spy lebih aman dr getaran [-X [-X [-X
User avatar
BERTHIE FLYER
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 237
Joined: 22 Feb 2008, 22:37
Location: dulu Medan sekarang Depok

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by BERTHIE FLYER »

om2 grager yang terhormat, kalo untuk batre nicd buatan Krisbownya ace hard ware recomended ga ya?

Image
User avatar
richard
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 304
Joined: 13 Aug 2008, 18:15
Location: Jakarta, Bali
Contact:

Re: WTA..tentang pemakaian Regulator di pesawat.

Post by richard »

Pakai batt secukupnya sesuai rekomendasi Tx/rx/servo, daya berlebih tidak selalu berarti terbang lebih aman, lebih costly mungkin, heheheheh.
Check sambungan/jack, check daya setiap kali sebelum terbang. Naah ini yang sulit, saya masih suka lupa ](*,) ](*,)
Post Reply