Belajar Invert - 3D heli

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Belajar Invert - 3D heli

Post by didin »

Para senior 3D heli semua....
Mohon di share dunk cara belajar invert....dimulai dari syarat heli secara teknis dan cara-cara melakukan invert...

Terima kasih sebelumnya...
Salam,
Didin
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Belajar Invert - 3D heli

Post by didin »

Konon...secara teknis persyaratan heli katanya:
1. Engine/ battery harus prima
2. cyclic servo harus yang high torque dan high speed
3. HH Gyro dan high speed rudder servo
4. high speed throttel servo
5. ...?

Mohon masukan
User avatar
adipur
trainee
trainee
Posts: 24
Joined: 11 Jan 2008, 10:31
Location: Pamulang, Tangerang
Contact:

Re: Belajar Invert - 3D heli

Post by adipur »

didin wrote:Konon...secara teknis persyaratan heli katanya:
1. Engine/ battery harus prima
2. cyclic servo harus yang high torque dan high speed
3. HH Gyro dan high speed rudder servo
4. high speed throttel servo
5. ...?

Mohon masukan


persyaratannya cuman satu pak, udah bisa di simulator.
Kalo heli udah bisa terbang normal, pasti bisa jg invert (pitch & throttle curvenya tentu saja udah di set utk bisa invert ya pak).

Kalo Point 2-5 di atas sih kayaknya persyaratan utk 3D hardcore deh.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Belajar Invert - 3D heli

Post by Syafik »

didin wrote:Konon...secara teknis persyaratan heli katanya:
1. Engine/ battery harus prima
2. cyclic servo harus yang high torque dan high speed
3. HH Gyro dan high speed rudder servo
4. high speed throttel servo
5. ...?

Mohon masukan

sesuai judulnya "belajar" asumsinya tidak hard 3D... jadi syarat teknisnya gak harus seperti itu om. yang penting gyro dan rudder udah nggigit aja
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Belajar Invert - 3D heli

Post by didin »

Berarti...
Untuk belajar 3D....syarat teknis Heli nya adalah:
1. Engine/ battery dalam kondisi prima
2. HH Gyro dan rudder servo yang sesuai



Mohon ulasan dari senior, gimana caran-cara melakukan Invert..., sykur sekali kalau ada ilustrasi dalam gambar
Terima kasih sebelumnya..
User avatar
aamwood
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 04 May 2007, 22:23

Re: Belajar Invert - 3D heli

Post by aamwood »

Settingan pitch dan throttle curve harus bener. *katanya*
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Belajar Invert - 3D heli

Post by sahid »

aamwood wrote:Settingan pitch dan throttle curve harus bener. *katanya*


yang dalam tanda BINTANG bisa diperjelas Pak.... [-o< [-o<
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Belajar Invert - 3D heli

Post by Syafik »

sudah pernah dibahas om tentang invert dan flip... (threadnya om Budiman)
berikut saya quote:
Budiman wrote:Dear aII piIots,
Mari kita bahas dan share tehnik fIip dan invert yg biasa kita lakukan. Saya mulai dulu ya.Saya biasa menggunakan elevator baik up atopun down.Dan menggunakan nose in inverted setelah itu.Yang biasa saya lakukan before execute the manouvre :

Memeriksa bahwa power plant pd heli dlm kondisi ready krn Flip dan Inverted akan mengkonsumsi power yg lumayan tinggi.

Hover heli pd jarak aman.
situasi di sekitar kita harus menjadi pertimbangan,bila tidak memungkinkan saya lebi suka menundanya sampai saya rasa aman.
Saya biasa menggunakan NORMAL mode saat take off.Begitu hendak melakukan aerobatic,IDLE baru saya aktifkan.

Saat IDLE aktif tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekkan pd response Gyro dg cara melakukan perubahan pitch secara tiba2,heli akan bergerak vertikal naik turun.Pada saat yg bersamaan ,saya akan amati apakah tail boom heli tetap pd satu point ato berayun. Bila tail berayun saat heli disentak dg perubahan pitch berarti ada masalah dg rudder system bisa berupa terhambatnnya mechanical linkage pd servo,prosentase gain gyro yg tidak tepat ,timming belt yg kendor,malfunction pd pulley gear yg ada pd tail rotor drive, dsb ,saya sarankan utk segera landing kan heli utk pengecekan lebi lanjut .

Bila tidak dijumpai gangguan2 di atas saat hover IDLE , pitch positif diberikan utk memberikan efek sentakan pd heli.Heli akan nampak spt terlontar ke atas ,lalu pd saat yg sm tarik elevator ke bawah se hingga nose heli terangkat.
Saat nose heli sampai pd titik puncak atas dan heli nampak vertical tegak lurus terhadap tanah dg penampang rotor disc nampak jeIas , kurangi pitch hingga pada 0 deg..Sementara itu elevator tetap ditarik hingga heli benar2 terjatuh dg posisi inverted yg ditandai dg landing skid menghadap di atas.Proses ini disebut Flip.Flip bisa menggunakan aeleron ataupun elevator , hanya soal selera saja.

Begitu heli inverted dg pitch 0 deg akan nampak heli meluncur perlahan ke bawah. Saatnya utk memberikan pitch negatif untuk menjaga altitude heli.Control utk negative pitch diberikan dgn sense Anda,artinya tdk ter-gesa2 krn pd saat heli inverted,pitch akan memberikan reaksi yg lebi efektif dibandingkan heli dlm posisi normal ,contohnya dlm kondisi heli normal pitch sebesar 5deg akan membuat heli utk terangkat,sedangkan pd kondisi heli inverted,pitch sebesar kurang lebih sekitar -4,5deg akan membuat heli terangkat dgn respons yg lebi cepat.Perbedaan ini disebabkan krn body heli berpindah ke atas rotor disc,sehingga nyaris heli tdk memiliki beban body yg smula menggantung pd posisi normal.Perumpamaannya sm dg pesawat high wing saat heli pd posisi normal yg cenderung stabil dan pesawat low wing saat heli inverted yg cenderung lincah iserta tdk stabil.

Untuk mengembalikan heli pd posisi normal,Iangkah2 nya sama hanya kali ini cyclic control diberikan ke arah sebaliknya atau pd arah yg berbeda ,misalkan Anda melakukan flip dg menggunakan elevator ,kemudian Anda ingin menggunakan menggunakan aeleron.Smuanya kembali kpd selera masing2,yg terpenting adalah Anda telah siap meng counter balik agar heli tetap dlm kendali Anda,apapun posisi heli Anda nantinya

Saat inverted, cyclic control yg berbeda dr heli dlm posisi normal adalah elevator.Down elevator akan menyebabkan heli bergerak maju dan up elevator akan menyebabkan heli untuk bergerak mundur. Sedangkan utk kendali aeleron dan rudder tergantung pd posisi heli nose in ato tail in. Saya tekankan utk melatih orientasi dan respon Anda terhadap cyclic control melalui SIMULATOR. Memang kondisi pd simulator sangat ideal ,tetapi paling tidak Anda akan terIatih utk melakukan recovery dalam situasi kacau .
DaIam diri Anda,harus selalu Anda tekankan bahwa You are the one who mastering the heli,and heli will never does the same to you. Heli tidak perna tau apakah dia terbang terbalik ato tidak,karena baginya dua kondisi itu adalah sama,hanya threadment dalam input control yg tepat akan membuat heli agar bergerak sesuai dg kemauan kita

Demikian semoga bisa memberikan gambaran bagi Anda yg ingin mencoba salah satu manuver dramatis dan mendebarkan dr sebuah helicopter .
Silahkan utk menambahkan.

Salam
Budi


Link Selengkapnya disini
viewtopic.php?f=5&t=4152
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Belajar Invert - 3D heli

Post by didin »

Terima kasih Mas Syafik...untuk gerakan Flip dan Inverted sepertinya sudah terjawab.
Rencananya mau saya tulis dalam "lembaran panduan belajar 3D Heli" yang nantinya akan saya upload ke forum kita ini Grage.org
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: Belajar Invert - 3D heli

Post by dino »

:-k :-k menyimak dan ditunggu ulasan lengkapnya GaN :D
Post Reply