DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by toto »

Ari21 wrote:
Budi wrote:Oom Haris, jangan buru2 break in nya.......menurut eyang suhu, minimal 10 liter di rpm 3000an ......dan selalu di cek RPM maksimumnya

sayang kalo nggk mateng, soalnya menurut forum luar, kalo kita sering akselerasi alias break in cuma sedikit, dinding silinder pasti baret2 yang akibatnya kompresi bakal cepet hilang.........

ciri2 udah mateng, setiap di cek rpm maksimumnya udah nggk bisa naik lagi.........


Note Mas Budi...sekarang udah jalan 4 liter..keluaran knalpot masih hitam...tapi kuping tetangga udah merah... :D :D


oh itu baru 4 liter memang kuping perlu penyesuaian makanya jadi merah entar kalau udah 10 liter pasti warna kupingnya udah normal lagi kok om karena sudah terbiasa ............. ](*,) ](*,) ](*,) ............ kaburrrrrrrrrrrr
User avatar
Ari21
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 148
Joined: 06 Jul 2008, 07:39
Location: Palembang SRAC
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Ari21 »

toto wrote:
Ari21 wrote:
Budi wrote:Oom Haris, jangan buru2 break in nya.......menurut eyang suhu, minimal 10 liter di rpm 3000an ......dan selalu di cek RPM maksimumnya

sayang kalo nggk mateng, soalnya menurut forum luar, kalo kita sering akselerasi alias break in cuma sedikit, dinding silinder pasti baret2 yang akibatnya kompresi bakal cepet hilang.........

ciri2 udah mateng, setiap di cek rpm maksimumnya udah nggk bisa naik lagi.........


Note Mas Budi...sekarang udah jalan 4 liter..keluaran knalpot masih hitam...tapi kuping tetangga udah merah... :D :D


oh itu baru 4 liter memang kuping perlu penyesuaian makanya jadi merah entar kalau udah 10 liter pasti warna kupingnya udah normal lagi kok om karena sudah terbiasa ............. ](*,) ](*,) ](*,) ............ kaburrrrrrrrrrrr


:ym24 :ym24..bisa aja Pak toto, sepertinya emang perlu penyesuaian ya pak, tapi yg paling perlu kuping tetangga...:ym4 :ym4
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Sulistiyo »

Salam kenal para suhu dan eyang.....
mumpung masih berbau pertamax walau bukan DLE.... boleh dunk curhat...

1. di rumah lagi manasin tetangga pake suara idle 26cc, sekarang dah habis 3 liter (apakah untuk 26cc cukup 3 liter??? atau harus lebih)
2. ada sedikit ngga enak : gelembung udara ada terus???, kadang kala throt di naekin brebet/ngempos bahkan kadang mati..
3. apakah kotak serangga/jangkrik berlaku untuk 26cc

Mohon resep (generic) dari para eyang dan suhu... perlu ngga rawat inap??? thx
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by toto »

om suhu sulistyo

mumpung masih berbau pertamax walau bukan DLE.... boleh dunk curhat...

1. di rumah lagi manasin tetangga pake suara idle 26cc, sekarang dah habis 3 liter (apakah untuk 26cc cukup 3 liter??? atau harus lebih)

proses break'in merupakan awal sangat menentukan apakah engine dan pesawat akan awet atau tidak diluar hal2 yang tidak terduga, disini terjadi pertarungan bathin .......... he he he, kalau pendapat dan pengalaman saya dengan baru menghabiskan 3ltr masih belum membentuk engine untuk mendapatkan tenaga optimal, untuk ini yang saya lakukan bersama eyang suhu mulai liter ke 6 baru keliatan forming engine terbentuk dengan indikasi mulai terangnya warna tetesan fuel yg keluar dari muffler, dari sini dilanjutkan dengan menganti olie campuran dengan semi synthethic menghabiskan sekitar 2 ltr sesudah itu baru dilakukan in flight break'in dengan menghabiskan bbm sekitar 2-4 ltr sesudah itu baru diganti lagi dengan olie full synthetic, disinilah si engine baru menunjukkan jati diri yang sebenarnya

2. ada sedikit ngga enak : gelembung udara ada terus???, kadang kala throt di naekin brebet/ngempos bahkan kadang mati..

pada saat break'in saya tidak melakukan setting apapun terhadap seluruh needle, jadi kondisinya bener2 agak boros bbm dan harusnya kalau kondisi fuel system dan rpm memadai sekitar 1000 - 2000 harusnya tidak terjadi gelembung udara, nah kalau throttle dinaikan brebet terus mati tahap pertama yang patut dicurigai adalah busi dan disarankan nanti pada first flight ganti dengan busi yang baru

3. apakah kotak serangga/jangkrik berlaku untuk 26cc

kotak jangkrik merupakan opsi saja, hal ini semata untuk menyediakan buffer udara apabila tiba2 melakukan akselerasi agar tidak mrebet, ini juga kalau enggak salah. prinsip si kotak jangkrik itu sebetulnya sama lah dengan yg waktu itu pernah dipasang di motor2 2 tak sebagai tambahan supaya nafasnya agak panjang

Mohon resep (generic) dari para eyang dan suhu... perlu ngga rawat inap??? thx


nah kira2 begitulah sekedar sumbang saran dari pemula di bidang gasoline di bawah bimbingan eyang su-31 a.k.a. E7J

mohon maaf apabila banyak kesalahan dalam penjelasan diatas, harap dimaklumi namanya juga baru belajar

salam
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by toto »

Ari21 wrote: :ym24 :ym24..bisa aja Pak toto, sepertinya emang perlu penyesuaian ya pak, tapi yg paling perlu kuping tetangga...:ym4 :ym4


halo om Ary21, ............. kayanya masa break'in itu sebetulnya enggak ada urusannya dengan kuping tetangga .......... :shock: ........... justru yang perlu adalah penyesuaian kuping kita bukan terhadap suara engine tapi terhadap celotehan tetangga .......... ](*,) ](*,) ](*,) .......... ampoen om ini cuman sharing doang loh ....... :muach:
User avatar
sprajarta
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 234
Joined: 17 Jul 2009, 08:24
Location: VMG 2 Bekasi - Yogyakarta

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by sprajarta »

Sulistiyo wrote:Salam kenal para suhu dan eyang.....
mumpung masih berbau pertamax walau bukan DLE.... boleh dunk curhat...

1. di rumah lagi manasin tetangga pake suara idle 26cc, sekarang dah habis 3 liter (apakah untuk 26cc cukup 3 liter??? atau harus lebih)
2. ada sedikit ngga enak : gelembung udara ada terus???, kadang kala throt di naekin brebet/ngempos bahkan kadang mati..
3. apakah kotak serangga/jangkrik berlaku untuk 26cc

Mohon resep (generic) dari para eyang dan suhu... perlu ngga rawat inap??? thx


Apa Kabar om sulis?
Wah rupanya di Jababeka sudah ada yg mau nerbangin Gasoiline....
Mantab ya om.... Nanti kalau maiden ngajak2 ya.... Saya temani untuk liat2 aja....
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Budi »

Sulistiyo wrote:Salam kenal para suhu dan eyang.....
mumpung masih berbau pertamax walau bukan DLE.... boleh dunk curhat...

1. di rumah lagi manasin tetangga pake suara idle 26cc, sekarang dah habis 3 liter (apakah untuk 26cc cukup 3 liter??? atau harus lebih)
2. ada sedikit ngga enak : gelembung udara ada terus???, kadang kala throt di naekin brebet/ngempos bahkan kadang mati..
3. apakah kotak serangga/jangkrik berlaku untuk 26cc

Mohon resep (generic) dari para eyang dan suhu... perlu ngga rawat inap??? thx



dah pake filter belum oom Xion??
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Sulistiyo »

@Om Eyang Suhu Toto: Alhamdulillah ngga perlu rawat inap (apalagi rawat inapnya di cikempong ampunnn...), cukup Wejangan saja yang akan terus dilanjutkan...., tapi ndapetin Busi bermerk di LHS lokal dimana ya Eyang suhu???

@Om Suhu sprajarta: he..he..he.. ini akibat pembatasan budget APBN (Anggaran Pembelanjaan Bahan Bakan Nitro), OK om kita terbang bareng ya.. tapi kalo dah dapet permit dari para Eyang dan Suhu untuk flight...

@Om Eyang Suhu Budi: dah pake filter belum oom Xion??
Sudah pasti suhu... sesuai titah Eyang Suhu pake filter kertas walau ngga transparan...
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by toto »

om suhu embah Sulistiyo,

Mengingat sangat strategisnya komoditas spark plug yg bermerk ini, maka mohon maaf saya tidak berani menyampaikan melalui media apapun dimana dapat diketemukan spark plug itu di Indonesia mengingat juga sangat rahasia sifatnya .......... :-$ :-$

tapi bukan berarti saya tidak mau memberi tahukannya, nanti deh kalau kita ketemu di Cikempong akan saya bisikin dimana carinya demi keselamatan kita bersama ............. [-o< [-o< [-o<
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Sulistiyo »

toto wrote:om suhu embah Sulistiyo,

Mengingat sangat strategisnya komoditas spark plug yg bermerk ini, maka mohon maaf saya tidak berani menyampaikan melalui media apapun dimana dapat diketemukan spark plug itu di Indonesia mengingat juga sangat rahasia sifatnya .......... :-$ :-$

tapi bukan berarti saya tidak mau memberi tahukannya, nanti deh kalau kita ketemu di Cikempong akan saya bisikin dimana carinya demi keselamatan kita bersama ............. [-o< [-o< [-o<


](*,) ](*,) ](*,) aduuhhhhh...... harus ke cikempong yach..... [-o< [-o< [-o< plisss eyang via PM aja dech.... atawa via phone...
Post Reply