toto wrote:om hery_s, ayo dong segera di terbangkan, mengingat lebar sayap dan lebar kontrol surface maka saya sarankan sebelum kaget setting lebar defleksi dan respon gerak dalam 2 setting yg berbeda (High dan Low), sekedar sharing saja tapi beda penerbang pasti beda jempol dan feelingnya loh
ini settingan saya pakai Futaba sampai Triple rate : Low Rate 40/-80, Medium Rate 60/-60, High Rate 100-80/-40 dan jangan lupa karet sayap yakinkan cukup untuk menahannya sebelum sayap berpisah dengan fuselage, apalagi enginenya pakai 46AX itu super duper kalao saya pakai elektrik dan engine pakai 52/4s yg setara 32/2s jadi bisa dibayangkan tuh kalau dipasangin 46
selamat mencoba om

om Toto, nimbuz sudah saya maiden,
ternyata hanya masalah CG doang....gini om :
1, Saya tadinya agak ragu dengan posisi engine ,karena setelah engine di pasang dan saya timbang untuk cari posisi CG
kayaknya tail heavy banget....apa karena engine .46 terlalu ringan ?
2. Batery ni-cd futaba bawaan nimbuz kok bisa tegangannya drop sendiri, dari 6 volt turun jadi 1,2 V padahal sdh di charge
1 jam, dg arus 1,5 Amper, quick charge 1c.Akhirnya saya ganti pake battrey lipo 3 cell, 1000 mA dengan BEC,
3. Saat maiden1 power full banget, 5 meter sdh take off, karena cg kurang pas ( tail heavy ) jadinya terbang kayak lumba-
lumba, untung bisa dicontrol, turunkan trhotlle dan landing darurat, akibatnya landing gear bengkok, syukur nggak
apa-apa sama nimbuz...
4. Maiden ke 2, seting elevator saya turunkan hingga 25 % dan coba terbang lagi, kali ini masih dapat di kontrol hingga 3
putaran, namun masih nampak tail heavy dan cenderung mau hover sendiri....diputuskan untuk mendarat darurat lagi
dengan hasil landing gear bengkok.
5. saya putuskan untuk nambah dudukan engine sekitar 5 cm ke depan buat cari cg......setelah ditimbang cg nya sdh
lumayan ....tinggalunggu maiden yg ke 3....
6. Dengan engine .46 powernya ok banget 1/2 throttle sudah ngebut.....berat total jadi 2000 gr