ya om yogi ada dikit masalh tuh jalan masih mundur padahal thorttle uda 20% apa perlu di setting lagi ya... oh masalh swat aku belum ngerti banget untuk om budiman gimana caranya...? aku tunggu konfirmasinya....
cikarang wrote:ya om yogi ada dikit masalh tuh jalan masih mundur padahal thorttle uda 20% apa perlu di setting lagi ya... oh masalh swat aku belum ngerti banget untuk om budiman gimana caranya...? aku tunggu konfirmasinya....
Pak..kalo heli flying backward ato terbang mundur..swashplate heli tidak level..ini harus diperbaiki...bukan masalah throttle...swashplate ini digerakkan oleh 3 servo cyclic pd ccpm system. Swashplate harus sejajar ato seimbang saat menyusuri main shaft, naik turun..saat fungsi pitch main main blade diaktifkan..tidak boleh miring2... Caranya..semua linkage rod(3 biji yg digerakkan oleh 3 servo servo) yg terhubung pd swashplate harus sesuai panjangnya sesuai dg buku manual heli, ini secara mekanis..dan semua fungsi trimm dan sub trimm pada nilai 0%...jika masih belum level juga baru dilakukan sub trimming pada tiap servo... Sebelum diadakan pemeriksaan swashplate level..Anda pastikan fungsi "throttle cut-off" di aktifkan..ato jika fungsi ini tidak terdapat pada Tx Anda..cabut saja 3 kabel dari ESC yang menuju ke motor..
makasih om budi kemarin hr minggu di oprek bareng ternyata syukur sudah lumayan maybe tangan masih ragu-rgu kalinya alias belum terlalu yakin.... trms ya ....
Gimana setting yg baik supaya ESC tetep dingin? Secara teori saya ber angan-angan, rpm (throtle curve saya turunkan), lali pitch saya naikkan. Tetapi saya mikir lagi, klo cara begini, bukannya malah motornya beban lebih berat, sehingga tujuan awal tidak tercapai yaitu membuat ESC lebih dingin.
Gimana menurut suhu2?
(Soalnya ESC yg dipakai harganya memang murah, ampere terbatas, dan yg paling menjengkelkan, gampang panas, jadi sering cutoff )
boleh tau esc berapa ampere om... dan motornya berapa kv? selayaknya beban motor sesuai dengan spek esc, tidak boleh lbh kecil... setting throtle dan pitch harus seimbang/balance, tidak boleh terlalu besar salah satu misal pitch terlalu besar dibandingkan rpm maka beban esc terlalu berat akan terjadi cutoff atau rpm terlalu besar tapi pitch kurang maka beban motor terlalu berat bisa panas dan cepet rusak sehingga efeknya juga berimbas ke esc juga
solusi lain ganti esc yg lbh besar, atau dengan meletakkan esc diluar biar kena angin, atau posisi sedikit diatas sehingga langsung kena hembusan blade
rickyaditya wrote:Saya ada pertanyaan yg mengganjal lagi.
Gimana setting yg baik supaya ESC tetep dingin? Secara teori saya ber angan-angan, rpm (throtle curve saya turunkan), lali pitch saya naikkan. Tetapi saya mikir lagi, klo cara begini, bukannya malah motornya beban lebih berat, sehingga tujuan awal tidak tercapai yaitu membuat ESC lebih dingin.
Gimana menurut suhu2?
(Soalnya ESC yg dipakai harganya memang murah, ampere terbatas, dan yg paling menjengkelkan, gampang panas, jadi sering cutoff )
esc murah ampere terbatas... mau dipake di atas speknya? yg bener aja... kayak mobil 1000cc dimuatin barang 10 ton... ya gak etis lah... esc pasti panas kalo speknya mepet... apalagi sampe cutoff gara2 protect... throttle curve ama pitch hrs berimbang biar efisien... gak bisa maksa... mau esc dingin ya pake yg speknya 2 kali kebutuhan...
Syafik wrote:boleh tau esc berapa ampere om... dan motornya berapa kv? selayaknya beban motor sesuai dengan spek esc, tidak boleh lbh kecil... setting throtle dan pitch harus seimbang/balance, tidak boleh terlalu besar salah satu misal pitch terlalu besar dibandingkan rpm maka beban esc terlalu berat akan terjadi cutoff atau rpm terlalu besar tapi pitch kurang maka beban motor terlalu berat bisa panas dan cepet rusak sehingga efeknya juga berimbas ke esc juga
solusi lain ganti esc yg lbh besar, atau dengan meletakkan esc diluar biar kena angin, atau posisi sedikit diatas sehingga langsung kena hembusan blade
yafet07 wrote: esc murah ampere terbatas... mau dipake di atas speknya? yg bener aja... kayak mobil 1000cc dimuatin barang 10 ton... ya gak etis lah... esc pasti panas kalo speknya mepet... apalagi sampe cutoff gara2 protect... throttle curve ama pitch hrs berimbang biar efisien... gak bisa maksa... mau esc dingin ya pake yg speknya 2 kali kebutuhan...
Lha ya itu, orangnya lgs tak tembak aja. 'Ganti ESC ini', dijamin gak cut off. Masalahnya ya biasa, yaitu 'harga'
Jadi kesimpulan yg saya dapet, semua setting harus balance ya om biar lebih adem ESCnya?