
Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
Moderators: thoha, beta_james, ekozxx
Forum rules
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
elektriknya suhu...,kalo kemasukan air waktu terbang , jangan lupa harus kedap thd air / cuaca....juga jangan lupa WD 40 atau AP 75 HARUS ada di toolbox 

- ekozxx
- Senior Master Sergeant
- Posts: 633
- Joined: 10 Jul 2008, 00:04
- Location: Bekasi
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
didin wrote:ekozxx wrote:@davit123: ini pake pesawat dengan engine OS1.20AX om davit, terbang manual tanpa autopilot tp di wing pake lampu navigasi dan led 2 bh led 5 watt yang nyorot ke bodi pesawat. Jadi bentuk pesawat terlihat jelas meskipun langit gelap. Kpn kita terbang lg om?
Pak Eko....hebat ya, nggak jelas ada getarannya ...padahal dgn mesin.
Kalau boleh tahu Pak Eko...posisi cameranya di dekat mana Pak?
Di samping, diatur sedemikian rupa (bisa digeser2) spy gambar gak kena/keganggu propeller. Kamera mountnya punya 2: 2 axis dan 1 axis. Ini gambarnya :


thoha wrote:wah saya juga lagi ada rencana membuat armada yg water proof
karena kadang kalau lagi di lapangan tiba2 gerimis
terpaksa pemotretan batal atau menunggu reda hujan
saya baru coba beli serat fiber dai HK
untuk membuat lapisan resin+fiber
pada pesawat gabus
smoga berhasil
Wah klo gitu misi kita sama nih..

NF wrote:elektriknya suhu...,kalo kemasukan air waktu terbang , jangan lupa harus kedap thd air / cuaca....juga jangan lupa WD 40 atau AP 75 HARUS ada di toolbox
Bener om NF, masalah kemasukan air yg paling dikhawatirkan, mdh2an kedap air. Prototypenya: Brushless, Model pusher dimana sirkulasi udara pada kompartemen motor adanya dibelakang jd kemungkinan motor kemasukan air kecil. Ini sdh di tes hasilnya ok om. Tinggal posisi elektronik dan pengaruh air terhadap antenna receiver atau sensitivitas receiver. Kira2 ada pengaruh negatif gak ya?
- thoha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 693
- Joined: 11 Sep 2008, 16:09
- Location: Yogyakarta
- Contact:
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
ekozxx wrote:Wah klo gitu misi kita sama nih... Disharing dong om bua referensi. Good luck om Thoha..
siap pak
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
kemungkinan pake trx 72 mhz saja om eko , krn 2,4 ghz lebih rentan thd cuaca .
di rcg , trx utk submarine model malah pake 27 atau 75 mhz karena dgn frek rendah bisa nembus air..

- ekozxx
- Senior Master Sergeant
- Posts: 633
- Joined: 10 Jul 2008, 00:04
- Location: Bekasi
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
NF wrote:kemungkinan pake trx 72 mhz saja om eko , krn 2,4 ghz lebih rentan thd cuaca .di rcg , trx utk submarine model malah pake 27 atau 75 mhz karena dgn frek rendah bisa nembus air..


- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
takutnya video linknya kalo pake 2,4 atau 5,8 ghz yang terganggu cuaca , kalo vhf loband masih tembus
- stefendy
- Technical Sergeant
- Posts: 300
- Joined: 14 Aug 2009, 08:13
- Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
Pemula ikutan nambah saran...
Jika di buat weatherproof berarti di tutup mati dari udara luar, perhatikan cooling system pada esc-nya didesain agar cukup dapat pendinginan namun tidak mudah kena air ( bila pendinginnya esc bisa di tambah semacam plat aluminium, terus bagian yang ada komponen esc di letakkan di bagian dalam dan sisi lainya di bagian luar yang kontak langsung dengan udara )... hanya saran dari membayangkan alias bwlum pernah praktek... ( SMIW / Slap my botak if i wrong )
Jika di buat weatherproof berarti di tutup mati dari udara luar, perhatikan cooling system pada esc-nya didesain agar cukup dapat pendinginan namun tidak mudah kena air ( bila pendinginnya esc bisa di tambah semacam plat aluminium, terus bagian yang ada komponen esc di letakkan di bagian dalam dan sisi lainya di bagian luar yang kontak langsung dengan udara )... hanya saran dari membayangkan alias bwlum pernah praktek... ( SMIW / Slap my botak if i wrong )
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini



met tahun baru sobat................................
- thoha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 693
- Joined: 11 Sep 2008, 16:09
- Location: Yogyakarta
- Contact:
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
stefendy wrote:Pemula ikutan nambah saran...
Jika di buat weatherproof berarti di tutup mati dari udara luar, perhatikan cooling system pada esc-nya didesain agar cukup dapat pendinginan namun tidak mudah kena air ( bila pendinginnya esc bisa di tambah semacam plat aluminium, terus bagian yang ada komponen esc di letakkan di bagian dalam dan sisi lainya di bagian luar yang kontak langsung dengan udara )... hanya saran dari membayangkan alias bwlum pernah praktek... ( SMIW / Slap my botak if i wrong )
setuju pak...
memang esc harus dapet heatshink yg memadai dan ada udara dari luar untuk membantu pendinginan
tapi dari hasil pengamatan saya, esc sekarang banyak yg amperenya besar
jadi untuk mengatasi masalah panas bisa dg esc yg amperenya besar
misal arus ke motor rata-rata 20ampera maka supaya tdk panas kita pake esc 40 atau 50 ampere
mungkin ini bisa menjadi solusi
- didin
- Major
- Posts: 1792
- Joined: 27 Aug 2008, 11:01
- Location: Pekanbaru
Re: Tunjukkan koleksi aerial photo dan video anda di sini
thoha wrote:stefendy wrote:Pemula ikutan nambah saran...
Jika di buat weatherproof berarti di tutup mati dari udara luar, perhatikan cooling system pada esc-nya didesain agar cukup dapat pendinginan namun tidak mudah kena air ( bila pendinginnya esc bisa di tambah semacam plat aluminium, terus bagian yang ada komponen esc di letakkan di bagian dalam dan sisi lainya di bagian luar yang kontak langsung dengan udara )... hanya saran dari membayangkan alias bwlum pernah praktek... ( SMIW / Slap my botak if i wrong )
setuju pak...
memang esc harus dapet heatshink yg memadai dan ada udara dari luar untuk membantu pendinginan
tapi dari hasil pengamatan saya, esc sekarang banyak yg amperenya besar
jadi untuk mengatasi masalah panas bisa dg esc yg amperenya besar
misal arus ke motor rata-rata 20ampera maka supaya tdk panas kita pake esc 40 atau 50 ampere
mungkin ini bisa menjadi solusi
Saya praktekkan cara ini pada OMEI200EP (RC glider)...arus ke motor cuma 30 Amper, saya pasang ESC 60 Amp...
Alhasil....ESC adem, motor pun cool......nggak perlu AC alam lagi...