Tanya Persiapan bikin loop dan rolling
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling
Loop pada helikopter ,step2 nya adalah sbb :
- Fast forward
- elevator up, pitch positif
- saat heli di puncak lingkaran posisi inverted, pitch 0 deg dan elevator masi up
- saat nose heli mengarah ke bumi, pitch boleh tetap 0 deg ato sedikit negatif( -2 ato -3 deg), elevator masi up
- saat heli mulai mendekati posisi level, elevator pum mulai diubah sedikit down dg perubahan pitch positif, sehingga heli melalui
exit point dr loop dengan fast flying forward
Catatan :
- disarankan agar mencoba dengan kondisi angin yg bersahabat utk pertama kali dengan ketinggian yg cukup,jika recovery perlu
dilakukan
- bulat tidak nya loop tergantung pada koordinasi pitch dan elevator yg baik, saran dari saya..elevator up harus konsisten, baik
pada saat entry point hingga exit point dan saat meng-execute elevator up ini harus lembut
- pada saat exit, koordinasi elevator down dan perubahan pitch positif harus bersamaan agar heli tidak meluncur menghujam
tanah
- disarankan utk menguasai teknik auto-rotation
- throttle curve adalah curve yg digunakan pd idle flight,pitch tetap menggunakan range 0 - 100% ( -10 deg s/d +10 deg), ini setting pitch saya, alasannya, pitch range yg demikian ini
lebih effisien utk menyelamatkan heli jika terjadi kesalahan...jadi heli bisa diselamatkan dlm kondisi inverted ato pun up -right,
tergantung situasi saat kita terbanglah.
- Selebihnya adalah pengaruh jempol
- Dari semua yg saya sebut di atas, Simulator tetap menjadi sarana yg sangat menguntungkan sebelum mencoba di lapangan
Silahkan menambahkan
salam,
Budiman
- Fast forward
- elevator up, pitch positif
- saat heli di puncak lingkaran posisi inverted, pitch 0 deg dan elevator masi up
- saat nose heli mengarah ke bumi, pitch boleh tetap 0 deg ato sedikit negatif( -2 ato -3 deg), elevator masi up
- saat heli mulai mendekati posisi level, elevator pum mulai diubah sedikit down dg perubahan pitch positif, sehingga heli melalui
exit point dr loop dengan fast flying forward
Catatan :
- disarankan agar mencoba dengan kondisi angin yg bersahabat utk pertama kali dengan ketinggian yg cukup,jika recovery perlu
dilakukan
- bulat tidak nya loop tergantung pada koordinasi pitch dan elevator yg baik, saran dari saya..elevator up harus konsisten, baik
pada saat entry point hingga exit point dan saat meng-execute elevator up ini harus lembut
- pada saat exit, koordinasi elevator down dan perubahan pitch positif harus bersamaan agar heli tidak meluncur menghujam
tanah
- disarankan utk menguasai teknik auto-rotation
- throttle curve adalah curve yg digunakan pd idle flight,pitch tetap menggunakan range 0 - 100% ( -10 deg s/d +10 deg), ini setting pitch saya, alasannya, pitch range yg demikian ini
lebih effisien utk menyelamatkan heli jika terjadi kesalahan...jadi heli bisa diselamatkan dlm kondisi inverted ato pun up -right,
tergantung situasi saat kita terbanglah.
- Selebihnya adalah pengaruh jempol
- Dari semua yg saya sebut di atas, Simulator tetap menjadi sarana yg sangat menguntungkan sebelum mencoba di lapangan
Silahkan menambahkan
salam,
Budiman
Last edited by Budiman on 15 Jan 2011, 19:42, edited 1 time in total.
- DedDredd
- Senior Master Sergeant
- Posts: 570
- Joined: 11 Sep 2010, 17:04
- Location: Kediri-Jogja
Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling
DedDredd wrote::tlt. Pengalaman saya hover normal pake trex450sport baru 5 batre durasi 7menit/batre, masih belum berani nyentuh switch idle, takut....untuk ff apakah harus pake idle? Gerakan aerobatik apa saja yang bisa kita lakukan jika pada posisi normal tanpa idle?maaf nih numpang tanya lagi...Trims.
Untuk fast forward tidak menggunakan idle fight mode bukan menjadi masalah,namun saat melakukan aerobatic, idle flight mode harus digunakan,ini dikarenakan,kita menginginkan headspeed yg nyaris konstan,saat melakukan manuver tersebut
salam,
budiman
- DedDredd
- Senior Master Sergeant
- Posts: 570
- Joined: 11 Sep 2010, 17:04
- Location: Kediri-Jogja
Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling
Untuk mencapai headspeed yang konstan apakah perlu mengaktifkan menu governor mode pada esc(align RCE-BL35X)?
Trims...
Trims...
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling
Saya blum perna menggunakan menu governor pd esc..hehehe
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling
DedDredd wrote:Untuk mencapai headspeed yang konstan apakah perlu mengaktifkan menu governor mode pada esc(align RCE-BL35X)?
Trims...
default setting dari RCE BL35x, sudah cukup nyaman asalkan setting tortle curve dan pitch curve nya tepat...
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling
Sependapat dengan Pak Sahid, pengaturan throttle dan pitch curve saja...
@ Pak Sahid,
Monggo di-sharing step2 soal rolling nya dong, mohon pencerahan..terimakasih seblumnya...
salam,
budiman
@ Pak Sahid,
Monggo di-sharing step2 soal rolling nya dong, mohon pencerahan..terimakasih seblumnya...

salam,
budiman
- rickyaditya
- Staff Sergeant
- Posts: 242
- Joined: 27 Nov 2009, 19:44
- Location: Surabaya & Pare
Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling
DedDredd wrote:Untuk mencapai headspeed yang konstan apakah perlu mengaktifkan menu governor mode pada esc(align RCE-BL35X)?
Trims...
Setahu saya governor mode pada ESC align (3 beep ya klo ga salah)
tidak dianjurkan untuk diaktifkan, karena pada mode normal (asumsi thr curve linier), bisa jadi head spinnya telat pada saat throtle curve dibawah 50%
Istilahnya bogging ya klo ga salah?
@Mas bud
elevator up itu stik kanan (mode 2) ke bawah ya?
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling
rickyaditya wrote:DedDredd wrote:Untuk mencapai headspeed yang konstan apakah perlu mengaktifkan menu governor mode pada esc(align RCE-BL35X)?
Trims...
Setahu saya governor mode pada ESC align (3 beep ya klo ga salah)
tidak dianjurkan untuk diaktifkan, karena pada mode normal (asumsi thr curve linier), bisa jadi head spinnya telat pada saat throtle curve dibawah 50%
Istilahnya bogging ya klo ga salah?
@Mas bud
elevator up itu stik kanan (mode 2) ke bawah ya?
Mas rickyaditya,
Elevator up ini ..klo menurut pengertian saya ..stick kanan(cyclic control)..ditarik vertikal down..artinya ,saya menggunakan istilah elevator up , krn melihat dr aksi helikopternya, jadi elevator up sama dengan swashplate heli up, sehingga heli menanjak..
Mohon dikoreksi jika ada kesalahan...soalnya beda pilot beda orientasi melihat nya juga si..

salam,
budiman