Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
rickyaditya
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 242
Joined: 27 Nov 2009, 19:44
Location: Surabaya & Pare

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by rickyaditya »

Budiman wrote:
Mas rickyaditya,
Elevator up ini ..klo menurut pengertian saya ..stick kanan(cyclic control)..ditarik vertikal down..artinya ,saya menggunakan istilah elevator up , krn melihat dr aksi helikopternya, jadi elevator up sama dengan swashplate heli up, sehingga heli menanjak..
Mohon dikoreksi jika ada kesalahan...soalnya beda pilot beda orientasi melihat nya juga si.. :thx

salam,
budiman


ya pak, berarti sesuai dengan pemahaman saya selama ini
thx atas info2 yg selalu berguna dan menambah wawasan saya.

salam,
ricky
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by Budiman »

Sambil menunggu pencerahan dari Pak Sahid mengenai rolling, saya hendak menjelaskan secara singkat saja, bagaimana melakukan fast forward flying figure 8 , salah satu manuver basic yg kalo bole saya katakan merupakan sumber inspirasi utk mengembangkan manuver2 yg lain.
Fast Forward flying figure 8, step2 nya adalah sebagai berikut:
- manuver ini dimulai dengan side-in hover
- elevator down sedikit, nose heli akan sedikit menunduk, pitch (+ deg ) masi sama spt pada saat side-in hover.
- saat heli mulai melaju, dan Anda ingin membuat heli melaju lebi kencang, elevator bole ditambahkan utk agak down sedikit,
namun jangan lupa ,pitch juga ditambahkan pula, krn jika tidak, heli malah meluncur menurun.
- Saat heli telah mendapatkan air speed nya, usahakan utk mempertahankan altitude heli.
- Saat hendak berbelok (banking), cyclic stick di netralkan, dan perlahan tarik aeleron dengan lembut, usahakan heli untuk sedkit miring dg sudut 30 derajat kurang lebih, bersamaan dengan itu tarik elevator up dan sedikit rudder. Helikopter akan berperilaku spt fixed wing saat ini dan Pitch masi sama. Jika Anda ingin membuat heli melambung dengan indah pada jalurnya, disarankan utk sama sekali tidak menggunakan rudder,namun efeknya heli akan melambung terlalu jauh. Biasanya, saya akan menggunakan rudder bila menginginkan banking yg tajam.
- Setelah heli berbelok dan kembali pada jalur (path) lurus, segera netralkan cyclic dan berpindah ke elevator down, dan sedikit pitch bila dirasakan kecepatan heli melambat, setelah heli kembali mendapatkan air speed, pitch boleh dikurangi sedikit saja.

Catatan :
- Side-in hover harus dikuasai orientasinya, dan bukanlah hal yg mudah
- Saat heli berbelok, pastikan heli telah mendapatkan air speed yg memadai dan koordinasi antara aeleron, elevator up serta rudder harus selaras.Ini juga bukan hal yg mudah. Jika air speed heli tidak memadai, maka cukup gunakan rudder saja utk berbelok, karena jika dipaksakan utk melakukan koordinasi yg saya sebut tadi, maka heli justru akan STALL.
- Saat Anda melakukan kesalahan akan prediksi air speed sedangkan Anda sudah membuat heli utk banking, maka salah satu cara yg saya pergunakan utk menyelamatkan heli adalah menarik elevator up lebi tajam, jangan menambah throttle saat heli pada kondisi yg demikian, krn akan menyebabkan heli utk keluar dari jalur(path)nya sehingga heli malah STALL jadinya.Ini adalah pengalaman saya.
- Flight mode bole menggunakan NORMAL ato pun IDLE. Namun jika Anda menggunakan Heli engine, saya sarankan utk menggunakan IDLE, sedangkan NORMAL Flight mode hanya dipergunakan saat take-off dan landing saja.Sedangkan utk heli EP, krn mengingat keterbatasan flight time, maka cukup menggunakan NORMAL saja
- Sekali lagi utk pertama kali mencoba, gunakan sudut banking(sudut belok) yg landai, sekitar 30 derajat, lebih dari 60 derajat, heli juga akan mengalami STALL. Untuk heli 450 EP, maksimum sudut baking ,saya sarankan cukup pada angka 45 derajat, alasannya?...saya lebi suka menyatakan ini adalah hasil dari pengalaman saya saat crashed
-Sekali lagi, simulator adalah sarana yg sangat menguntungkan untuk belajar. Maka saran saya, Silahkan untuk mempraktekkan di simulator dulu.

Silahkan untuk menambahkan/mengkoreksi uraian saya...

salam,
budiman
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by sahid »

Mas Budiman.... [-o< [-o< [-o<

Ikut berbagi soal Rolling...

Jika dilakukan dalam keadaan berjalan, .....baik maju maupun mundur ( ff,bw ) ini bs dilakukan tanpa mengaktifkan idle up....asal kecepatan ( maju or mundur ) dirasa udah cukup tarik ail dengan cepat mau kiri atau kanan terserah bgt heli sdh level kembalikan posisi stik ail tadi....perlu diingat kondisi rolling ini dilakukan dg cepat, dan silakan mencoba ketika heli terbang cukup tinggi...krn kondisi ini sangat dipengaruhi setting nilai kemiringan swahplate walau sdh diatur di nilai swashmix tetapi kondisi nyata adalah berapa derajad kemiringanya ketika stick ail n elev digerakan.....( jangan sampai tortle ail sdh di bejek habis eh helinya bolot g' mau rolling dg bener dikarenakan hal yg disebutkan tadi ) sama dg kalo kita mau ngeloop cepat ( dan tentunya lingkaran kecil) tanpa perlu menarik stick tortle ke tengah...artinya pitch tidak mengalami perubahan dari positif ke netral.

Dilakukan dlm keadaan hover, wajib aktifkan idle up mau setengah roll ( kondisi akhir heli hover invert ) maupun roll penuh ( kondisi akhir heli hover normal )

sebagai catatan : untuk melakukan manuver2 spt ini mulailah setting heli dg benar ...asumsikan bahwa pergerakan cyclick ail,elev,pitch sesuai dg gerakan stick yg kita inputkan ( misal: kondisi idle up , pas stick tortle ditengah sudut blade memang benar2 nol derajad . dll )

mohon maaf utk oom suhu semua jk ada salah dalam share ini...maklum sy jg lagi belajar rolling [-o<
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by Budiman »

Terimakasih,Pak Sahid atas pencerahannya... :thx

salam,
Budiman
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by handoyo6299 »

Wah muantapppp. ilmunya...ikut menyimak ach..sambil dipraktekkan.he...
Itu khan kalau Loop dan Roll, bagaimana ya kalau Stall Turn....... hmmmmm...sedikit berbagi pengalaman juga boleh ya.....

Step untuk stall turn....
paling penting adalah kondisi pilot, harus dan harus merasa nyaman sehingga orientasi tidak kacau..biasakan setelah take off untuk menguji orientasi terlebih dahulu dengan sedikit bermain rudder, atau membentuk figure 8 horisontal kecil didepan kita ( ini sekedar berbagi pengalaman, tanpa melakukan ini kalau memang sudah nyaman untuk FF boleh langsung lakukan FF) barulah kita lakukan FF.
Lakukan Fast Forward Flight pada altitude aman ( at least setinggi mata pilot ) dengan input down elevator diikuti throttle stick up, Setelah heli mendapat airspeed (pinjem istilah suhu Budiman) cukup,-- ctt. jangan paksakan untuk melaju lebih cepat pada fase ini, biarkan heli terbang dengan kecepatan alaminya dari input FFF pertama kita, baik itu dengan down stick maupun throttle up stick, supaya helinya terbang cepat lurus tanpa ragu-ragu( maksudnya nggak angguk-anggukan gitu he.h.e.h.e)--saatnya untuk melevelkan nose dengan sedikit koreksi elevator up, saat heli melaju didepan kita biarkan pass sedikit dikiri atau kanan kita kemudian berikan input elevator up secukupnya sambil tarik throttle stick ke tengah, biarkan beberapa saat heli menanjak naik alami (cuantiik banget ya.... posisi ini ) ketika kecepatan menanjaknya mulai menurun siap-siap untuk berikan input rudder--- kiri boleh kanan juga ndak apa-apa----dan tepat saat heli stop biarkan sepersekian detik (supaya terlihat efek stallnya ) baru input rudder diberikan, tetap jaga throttle stick netral atau lihat kondisi angin, kalau kita heading wind maka berikan sedikit minus cyclic supaya heli meluncur turun pada jalur naiknya.... saat masuk pada point up tadi, tarik dengan lembut elevator up bersamaan (lembut juga) dengan throttle up, stop elevator up pada posisi nose heli sedikit menukik untuk tetap FFF... pass didepan pilot rasanya serrrrr...muantappppp :plk :plk :plk :plk :plk :plk :plk
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by Budiman »

Akhirnya..emang harus dipancing kok :mwr ..baru muncul salah satu jagoannya :plk ......Monggo Mas Handoyo..Sugeng Rawuh... :plk
Mohon pencerahannya ...Matur Nuwun... :thx

Salam,
Budiman
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by handoyo6299 »

Budiman wrote:Akhirnya..emang harus dipancing kok :mwr ..baru muncul salah satu jagoannya :plk ......Monggo Mas Handoyo..Sugeng Rawuh... :plk
Mohon pencerahannya ...Matur Nuwun... :thx

Salam,
Budiman


Waduhhhh...matur nuwun Udha...he..h.e..e ini cuma sekedar berbagi..semoga bermanfaat, dan mohon maaf kalau masih banyak kekurangannya...mohon dikoreksi.... :shy :shy :shy :shy :shy :shy
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by DedDredd »

:tlt :tlt :plk :plk. Lanjuuuut....! :thx. Sgt brmanfaat pebgalaman para suhu di gaero ini...
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by sahid »

karena sdh ada step untul stall turn....lanjut ke tail slide..... :shy
hampir sama dg stall turn, cuman yg ini kebalikan aja...yg perlu dikuasai terlebih dahulu jalan mundur aka backward dlm segala arah...terus fastbackward...ya akhirnya dg mudah melakukan gerakan dimaksud...kalu stall turn nose heli dibawah yg ini tailnya yg dibawah..

mohon maaf kalo salh :shy
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by Budiman »

sahid wrote:karena sdh ada step untul stall turn....lanjut ke tail slide..... :shy
hampir sama dg stall turn, cuman yg ini kebalikan aja...yg perlu dikuasai terlebih dahulu jalan mundur aka backward dlm segala arah...terus fastbackward...ya akhirnya dg mudah melakukan gerakan dimaksud...kalu stall turn nose heli dibawah yg ini tailnya yg dibawah..

mohon maaf kalo salh :shy

Wah..ini yang lumayan pening tapi menarik utk dipelajari..terbang mundur...bravo,Pak Sahid... :ok ...silahkan lanjut lagi,Pak Sahid.. sambil menunggu beberapa pertanyaan dari teman2 ...
@ Mas Handoyo...monggo dibagi lagi manuver2 heli yang lainnya,Mas...saya yakin akan sangat berguna kok..
Kepada teman2 senior pilot heli..silahkan untuk nimbrung..

Saran tambahan dari saya :
Khusus untuk LOOP, saya mau menambahkan, baru teringat tadi pagi..
trik yg saya gunakan agar tidak gugup saat melakukan LOOP utk pertama kalinya adalah dengan membiasakan diri utk melihat heli dalam posisi INVERTED, artinya saya harus mempelajari INVERTED HOVER...tujuannya saya adalah..bila tejadi kegagalan sedangkan posisi helikopter sudah dlm kondisi terbalik, maka recovery menggunakan INVERTED HOVER akan dapat meyelamatkan helikopter...

Sedangkan khusus utk FAST FORWARD FLYING FIGURE 8, agar dapat mulai merasakan feel nya dalam melakukan manuver ini, maka side-in hover dengan menggunakan trainning kit dan bergerak maju dengan kecepatan lamban lalu berbelok cukup dengan menggunakan rudder,ini akan memudahkan kita. Namun , dengan memasang trainning kit pada helikopter, in justru akan menghambat pergerakan helikopter, oleh karna itu,pada tahapan ini, berbelok dengan menggunakan teknik banking jangan dulu dilakukan. Cukup terbang maju saja, dengan ketinggian yg aman dari tanah..kemudian berbelok menggunakan rudder. Ini yang perlu dikuasai terlebih dulu dan saya sarankan juga agar Anda tidak mengikuti pergerakan helikopter dengan ikut berjalan kaki di belakangnya, Anda harus berlatih utk tetap diam pada satu point, dan helikopter yg terbang di depan Anda.
Perlu diingat, bahwa ada prinsip yang menarik saat mempelajari helikopter, yaitu ANDA YANG MENGENDALIKAN HELIKOPTER, DAN BUKAN SEBALIKNYA
Setelah kita cukup nyaman utk menambah kecepatan terbang helikopter, maka banking dengan sudut yg landai ,silahkan utk dicoba...sekali lagi, air speed(kecepatan terbang) helikopter adalah hal yg sangat penting dalam manuver FAST FORWARD FLYING FIGURE 8
Sekian dulu utk manuver ini
Silahkan utk bertanya jika Anda masi belum paham dengan penjelasan kami..Selamat mencoba

salam,
Budiman
Post Reply