Sabtu lalu saya belajar landing dengan trainer engine .. landing gear depan langsung terlipat . . hik hik .. Harus belajar dengan yang ringan2 dulu seperti suhu Iwan . . Suhu . .Pinjemin pesawat imut nya lah . . nanti saya kembalikan . .. suer . . janji... dikembalikan . .
sbenernya saya pengen sumbang saran tapi takut kualat jangan dikutuk ya klo homemade saya, baik parkjet, mid wing, low wing ato bentuk yang aneh sekalipun...cara landingnya dengan cara terbang rendah dengan speed mendekati stall. saat ketinggian sekitar 1 meter dari tanah langsung nose up throttle off. otomatis speed berkurang secara signifikan, dan tinggal dijatuhin aja ke tanah/rumput dengan menggunakan sisa speed. tapi ya itu..kadang perlu koreksi jempol yang lumayan biar wing tetep level & tidak berakibat perangkat rusak
atau pake cara "manuver vertical descent" seperti kata eyang su-31 disini viewtopic.php?f=203&t=8134&hilit=clash. saya sudah nyoba dan lumayan berhasil. justru menurut saya jadi indah landing-nya
phyque wrote: klo homemade saya, baik parkjet, mid wing, low wing ato bentuk yang aneh sekalipun...cara landingnya dengan cara terbang rendah dengan speed mendekati stall. saat ketinggian sekitar 1 meter dari tanah langsung nose up throttle off. otomatis speed berkurang secara signifikan, dan tinggal dijatuhin aja ke tanah/rumput dengan menggunakan sisa speed. tapi ya itu..kadang perlu koreksi jempol yang lumayan biar wing tetep level & tidak berakibat perangkat rusak
ini yg susah om, sebab di MGT kalo landing langsung belok, langsung dive, sebab diujung2 landasan yg panjangnya cuman 15 meter ada semak2 setinggi 1 neteran dan pohon dipinggirnya
phyque wrote:atau pake cara "manuver vertical descent" seperti kata eyang su-31 disini viewtopic.php?f=203&t=8134&hilit=clash. saya sudah nyoba dan lumayan berhasil. justru menurut saya jadi indah landing-nya
ampun suhu...
nah yg diatas itu hanya berlaku buat yg jempolnya udah karatan ama remote..
waktu pake trike , pernah coba "spiral descent" , terbang di atas runway dan nurunin ketinggian dgn flat slo spin sampe ujung runway dan landingnya seperti krn muter terus dari ketinggian.....kliatanya bisa smooth krn pelan banget , monggo dipun cobi suhu.....
NF wrote:waktu pake trike , pernah coba "spiral descent" , terbang di atas runway dan nurunin ketinggian dgn flat slo spin sampe ujung runway dan landingnya seperti krn muter terus dari ketinggian.....kliatanya bisa smooth krn pelan banget , monggo dipun cobi suhu.....
nah ini perlunya punya stok pwesawat banyak, antisipasi kalo spinnya gagal terus nyeruduk tanah kekekekekeekekekkk
saya klo pas maen dilapangan (lebih tepatnya tanah kaplingan kosong sih) deket rumah juga ruang terbatas ko suhu. di 3 sisi tanah tersebut ada rumah orang, dan di sisi satunya ada pohon sawit yang tinggi paling atas bisa 10 meteran. klo mau landing pasti dive dulu, terbang serendah mungkin, mungkin 1 atau 2 putaran dulu untuk menurunkan speed, baru speed off, nose up, koreksi aileron..langsung turun deh. landing ngga nyampe 15 meter malah.
wah...klo dibilang jempol karatan, bisa tetanus tuh suhu
Kondisi ini pernah saya alami di pesawat patern 2x2 mtr, kalau landing susah karena ngambang. Solusi yg pernah lakukan yaitu mengurangi luas permukaan sayap, yg paling gampang pendekin sayap. Mudah2an bisa menjadi salah satu solusi.