anelah wrote:Susah sekali pakai Pitch Gauge.
Kalau seandainya heli telah disetting mekanik pada throttle linear, throttle = 1/2 dan blade level. Maka, jika sekarang pada throttle curve 3 ~ 70% dan heli mulai meninggalkan landasan pada posisi throtle=1/2 tambah dikit (73%), apakah saya sudah bisa asumsikan bahwa pitch min/max = -11/+11 ? Karena pitch +5 = 73%.
Artinya jika heli sudah bisa akan meninggalkan landasan pada throttle = 1/2 maka saya tidak perlu menggunakan pitch gauge yang ribet.

Untuk itu saya hanya merubah/mencari angka pada TX/swash/pitch, biasanya disekitar angka 30~50.
Pertanyaan tingkat tinggi OM....
Karena saya newbie, maka saya mau urun pendapat dengan feeling tanpa gauge...
Heli terangkat = daya angkat (RPM) + pitch
Kalau RPM tinggi tapi pitch nggak tepat atau sebaliknya, maka problem akan terjadi pada motor/engine
Pitch Max/Min = Pitch 0 (1/2 throtel) + Jarak max/min gerak tuas servo cyclic
Pitch 0 di 1/2 throtel adalah posisi patokan/referensi
Jarak max/min gerak tuas servo cyclic diatur secara mekanik di heli dan di remot...
kesimpulan saya,...cara feeling yang Om Anelah jelaskan di atas nggak bisa digunakan sebagai referensi.
Salam,