Bisakah tanpa Pitch Gauge?
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?
@Pak Roji,
Terimakasih atas bantuannya utk meng-highlight pokok2 yg penting pada diskusi ini.
@Mas Handoyo,
Terimakasih atas apresiasinya,semoga penjelasan saya dpt memberikan inspirasi kepada Anda.
@Pak Anelah,
Saya masih blum paham dengan keterangan Anda mengenai Throttle mendekakati 1, ini asumsi throttle pada nilai berapa persen dgn pitch berapa degree?..Pada heli sejenis 450 dan 250, perbedaan tiap pitch nya sangat sensitif, sehingga dgn asumsi pitch 5 deg positif dan throttlle sekitar 45-50% saja, heli telah take off,namun tentu saja ini membahayakan bagi power plant heli
Saya tunggu info Anda
Terimakasih atas bantuannya utk meng-highlight pokok2 yg penting pada diskusi ini.
@Mas Handoyo,
Terimakasih atas apresiasinya,semoga penjelasan saya dpt memberikan inspirasi kepada Anda.
@Pak Anelah,
Saya masih blum paham dengan keterangan Anda mengenai Throttle mendekakati 1, ini asumsi throttle pada nilai berapa persen dgn pitch berapa degree?..Pada heli sejenis 450 dan 250, perbedaan tiap pitch nya sangat sensitif, sehingga dgn asumsi pitch 5 deg positif dan throttlle sekitar 45-50% saja, heli telah take off,namun tentu saja ini membahayakan bagi power plant heli
Saya tunggu info Anda
- didin
- Major
- Posts: 1792
- Joined: 27 Aug 2008, 11:01
- Location: Pekanbaru
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?
Budiman wrote:@Pak Roji,
Terimakasih atas bantuannya utk meng-highlight pokok2 yg penting pada diskusi ini.
@Mas Handoyo,
Terimakasih atas apresiasinya,semoga penjelasan saya dpt memberikan inspirasi kepada Anda.
@Pak Anelah,
Saya masih blum paham dengan keterangan Anda mengenai Throttle mendekakati 1, ini asumsi throttle pada nilai berapa persen dgn pitch berapa degree?..Pada heli sejenis 450 dan 250, perbedaan tiap pitch nya sangat sensitif, sehingga dgn asumsi pitch 5 deg positif dan throttlle sekitar 45-50% saja, heli telah take off,namun tentu saja ini membahayakan bagi power plant heli
Saya tunggu info Anda
Iyo Da Budiman....masih belum mengerti ambo..apo yang dimaksud Pak Anelah...
Barangkali pemahaman kita belum sama...
Menyimak saja...
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?
Samo wak tu ma,Da Didin..sampai bagadang ambo mamikirkannyo..Tolong beko bantu ambo yo,Da...Dima Uda Sahid neh?..hik..hik...help...help



- Yudha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 563
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?
budi.santoso wrote:Moderatornya pada kemana nih?
Sudah mantau pak, topik tentang cara penggunaan pitch gauge sudah seribg dibahas, coba om TS search lagi. Jawaban saya utk topik ini, bisa tapi tidak akurat, kalau ada pitch gauge knapa mesti berandai-andai.
- budi.santoso
- Senior Master Sergeant
- Posts: 506
- Joined: 09 Jul 2007, 23:25
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?
Budiman wrote:Samo wak tu ma,Da Didin..sampai bagadang ambo mamikirkannyo..Tolong beko bantu ambo yo,Da...Dima Uda Sahid neh?..hik..hik...help...help![]()
Makanya sy dari awal juga bingung dengan kata2 yg khususnya sy warnai biru..
Throttle curve 3~70%, throttle 1/2 dll...
Drpd bingung sendirian mendingan sy teriak moderator biar sama2 ikut bingung sekalian..

Yudha wrote:budi.santoso wrote:Moderatornya pada kemana nih?
Sudah mantau pak, topik tentang cara penggunaan pitch gauge sudah seribg dibahas, coba om TS search lagi. Jawaban saya utk topik ini, bisa tapi tidak akurat, kalau ada pitch gauge knapa mesti berandai-andai.
Persis seperti apa yg saya katakan diawal-awal..

- budi.santoso
- Senior Master Sergeant
- Posts: 506
- Joined: 09 Jul 2007, 23:25
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?



Last edited by budi.santoso on 11 Feb 2011, 18:42, edited 3 times in total.
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?
Budiman wrote:@Pak Roji,
Terimakasih atas bantuannya utk meng-highlight pokok2 yg penting pada diskusi ini.
@Mas Handoyo,
Terimakasih atas apresiasinya,semoga penjelasan saya dpt memberikan inspirasi kepada Anda.
@Pak Anelah,
Saya masih blum paham dengan keterangan Anda mengenai Throttle mendekakati 1, ini asumsi throttle pada nilai berapa persen dgn pitch berapa degree?..Pada heli sejenis 450 dan 250, perbedaan tiap pitch nya sangat sensitif, sehingga dgn asumsi pitch 5 deg positif dan throttlle sekitar 45-50% saja, heli telah take off,namun tentu saja ini membahayakan bagi power plant heli
Saya tunggu info Anda
walah bahasa indonesia saya susah dimengerti rupanya.
throttle =1 itu posisi stick throttle mentok keatas,
1/2 berada ditengah2 dan
0 paling bawah.
Jadi normal mode pada settingan heli saya:
th=1 pitch=+11 tx-pi-cv=100%
th=1/2 pitch=+5 tx-pi-cv=73%
th=0 pitch=-4 tx-pi-cv=32%

- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?
gini aja saya ulang lagi ya:
judul setting heli 450
1. setting pada heli dengan tujuan pada throtle = 1/2 servo arm membentuk sudut 90deg, swash plate level (level dengan ground, level dengan tail boom) dan blade juga level (orang bilang pitch 0)
2. setting pada tx untuk normal mode: pi-cv:41;57;73;86.5;100; dan th-cv:0;85;85;85;85;
3. nilai default saat ini untuk settingan swash adalah ele=+50, ail=+50 dan pit=+50
.....
disini saya tidak tau brapa besar sudut pitch min/max (karena memang belum disetel pakai PG)
.....
sekarang coba terbangkan heli dan ubah setingan pada tx-swash-pit agar heli tinggal landas pada posisi throttle = 1/2. biasanya pada angka tx-swash-pit=48.
test normal terbang esc/motor/lipo/6menit hangat2 saja.
Pertanyaan, bolehkah (dan kalau tidak boleh knapa) setting heli seperti diatas, tanpa PG.
Knapa tanpa PG, karena setiap kali saya pakai PG hasilnya heli tinggal landas pada posisi throttle mendekati 1.
halaaah...sampai berkeringat semua...
judul setting heli 450
1. setting pada heli dengan tujuan pada throtle = 1/2 servo arm membentuk sudut 90deg, swash plate level (level dengan ground, level dengan tail boom) dan blade juga level (orang bilang pitch 0)
2. setting pada tx untuk normal mode: pi-cv:41;57;73;86.5;100; dan th-cv:0;85;85;85;85;
3. nilai default saat ini untuk settingan swash adalah ele=+50, ail=+50 dan pit=+50
.....
disini saya tidak tau brapa besar sudut pitch min/max (karena memang belum disetel pakai PG)
.....
sekarang coba terbangkan heli dan ubah setingan pada tx-swash-pit agar heli tinggal landas pada posisi throttle = 1/2. biasanya pada angka tx-swash-pit=48.
test normal terbang esc/motor/lipo/6menit hangat2 saja.
Pertanyaan, bolehkah (dan kalau tidak boleh knapa) setting heli seperti diatas, tanpa PG.
Knapa tanpa PG, karena setiap kali saya pakai PG hasilnya heli tinggal landas pada posisi throttle mendekati 1.
halaaah...sampai berkeringat semua...
- eja
- Technical Sergeant
- Posts: 308
- Joined: 17 Dec 2007, 22:33
- Location: cibubur
- Contact:
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?
pak anelah memang settingan di Tx dalam bentuk %, tapi yang jadi patokan itu kan pitch sebenarnya yang diukur dengan pitch gauge.
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Bisakah tanpa Pitch Gauge?
Pak Anelah,
Nampaknya Anda hanya berpedoman pada angka2 pada Tx saja. Alasan dan tujuan penggunaan pitch gauge telah saya jelaskan sebelumnya.
Pitch gauge sebagai sebuah tool,selalu menunjukkan hasil yg akurat
,bahkan tool ini mampu memberikan indikasi awal pd kita apakah mekanikal pd rotor head assy telah sesuai ato tidak. Sekarang tinggal bagaimana menggunakannya dg benar.
Jika heli justru take-off pada posisi full stick throttle/pitch/rudder ,maka kemungkinan yg terjadi:
- adjustment pitch main blade yg salah
- kesalahan penggunaan pitch gauge
- kesalahan panjang pendek linkage rod ato mechanical failure pd rotor head assy.
- setting point yg tdk sesuai pd menu swashplate CCPM 'pitch' di Tx.
Saran dari saya:
Kembali mencermati setiap bagian dari rotor head assy dan setiap linkage rod, termasuk bearing ball, dimulai dr swashplate hingga ke atas, yaitu rotor housing, main blade grip,feathering shaft,termasuk thrust bearing(jika menggunakan) sesuai dg manual book.Pokoknya satu set rotor head dicek ulang deh.
Nampaknya Anda hanya berpedoman pada angka2 pada Tx saja. Alasan dan tujuan penggunaan pitch gauge telah saya jelaskan sebelumnya.
Pitch gauge sebagai sebuah tool,selalu menunjukkan hasil yg akurat
,bahkan tool ini mampu memberikan indikasi awal pd kita apakah mekanikal pd rotor head assy telah sesuai ato tidak. Sekarang tinggal bagaimana menggunakannya dg benar.
Jika heli justru take-off pada posisi full stick throttle/pitch/rudder ,maka kemungkinan yg terjadi:
- adjustment pitch main blade yg salah
- kesalahan penggunaan pitch gauge
- kesalahan panjang pendek linkage rod ato mechanical failure pd rotor head assy.
- setting point yg tdk sesuai pd menu swashplate CCPM 'pitch' di Tx.
Saran dari saya:
Kembali mencermati setiap bagian dari rotor head assy dan setiap linkage rod, termasuk bearing ball, dimulai dr swashplate hingga ke atas, yaitu rotor housing, main blade grip,feathering shaft,termasuk thrust bearing(jika menggunakan) sesuai dg manual book.Pokoknya satu set rotor head dicek ulang deh.