penjelasan om iwan21 juga benar. cuman itu prinsip/konsep autorotation, jadi penjelasan tersebut lebih tepat untuk autogyro.
terjadi karena pesawatnya juga sedang bergerak maju, jadi kecepatan relatif terhadap udara antara blade saat di kiri pesawat berbeda dg saat di kanan pesawat.
kalau untuk heli, kan blade-nya punya power sendiri untuk berputar. saat hover (diam) kecepatan blade dimanapun adalah sama.
jadi tidak bisa pake asumsi rotor disc. yg dipake adalah konsep rotary wing, jadi blade dianggap seperti wing yg karena dalam kondisi berputar berarti sudah ada kecepatan relatif terhadap udara (yg kalo lebih besar dari stall speed artinya pesawat dapet lift). sudut pitch blade, identik dg AOA (angle of attack) pada pesawat,yg bersama-sama dg airfoil dan kecepatan relatif udara menghasilkan lift.
@stefendy:
flybar berfungsi sebagai stabilisator, untuk bikin heli lebih jinak.
pernyataan yg lebih tepat adalah : selalu berusaha kembali pada posisi tegak lurus ...
prinsip kerjanya adalah gyroscope. coba pegang heli diudara pada posisi hover (pake heli electric yg kecil aja biar nggak berbahaya) lalu jalankan pada throtle kira2 separuh. perhatikan flybar nya ...
coba miringkan mendadak body hely ke arah tertentu ...
bidang flybar akan terlihat seolah olah punya kelembaman untuk tidak ikut miring (meski pada akhirnya akan ikut miring juga).
saat flybar tidak ikut miring itulah, bisa kita rasakan di tangan, seolah olah si hely menolak untuk di miringkan. ini fungsi flybar sesungguhnya. mengkoreksi blade pitch melawan gangguan yg terjadi ...
tanpa flybar pun bisa aja terbang, cuman hely bakal jadi (sangat) lebih liar dan hampir tidak mungkin dikendalikan manusia.
hely2 yg flybarless punya gyroscope electronic sendiri yg menggantikan fungsi flybar tersebut. tujuan dibuat flybarless terutama untuk menyederhanakan system mekanik pada rotor digantikan dg electronic. disamping itu dg penggunaan elektronic, hely jadi bisa diatur kadar liar nya (pada kondisi tertentu kadang pilot memang ingin hely nya jadi liar).
(Tanya) Bagaimana heli rc terbang?
Moderators: Budiman, e12ry, Yudha
Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
- stefendy
- Technical Sergeant
- Posts: 301
- Joined: 14 Aug 2009, 08:13
- Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E
Re: (Tanya) Bagaimana heli rc terbang?



@suhu Budiman, Christoffel dan semua suhu... sekali lagi terimakasih.. hingga saat ini pemahaman saya tentang bagaimana heli itu terbang sudah cukup jelas, sebelum pertanyaan saya yg no 3 keluar, saya tidak pernah berpikir seperti prinsip gyroscope tentang tegak lurus flybar ( berusaha tegak lurus )terhadap main shaft, asumsi saya sebelumnya adalah ketika main rotor diam dan gerakan cyclic di peragakan maka flybar yang bergerak miring kiri/kanan, depan/belakang namun fly bar kedudukanya menjadi miring kok juga terhubung dengan pitch blade seolah-olah mengambang / float antara pitch blade dengan gerakan miring flybar, namun ketika main rotor group berputar maka flybar / padle blade akan mempunyai gaya inertia karena putaran dan padle blade mempunyai masa, maka flybar akan berusaha tegak lurus terhadap main shaft dengan catatan panjang padle blade kiri dan kanan sama, berat / masa juga harus sama, ketika gerakan cyclik di lakukan maka flybar akan/hampir/ mau miring namun tenaga inertia lebih besar daripada usaha / tenaga untuk merubah sudut pitch maka yang berubah adalah pitch sudut blade-nya, dan flybar akan tegak lurus lagi. ( saya memperhatikan pada heli saya yang non CCPM )
Jadi bilamana ingin heli lebih stabil maka berat padle blade di perbesar atau shaft-nya di perpanjang namun jangan terlalu berat dan jangan terlalu panjang, betul?
cerita tambahan mengenai heli kok bisa maju/mundur, roll kiri/kanan : dulu asumsi saya adalah jika heli maju maka blade akan di miringkan kedepan begitu pula sebaliknya, juga miring kekiri bila mau roll ke kiri. karena penasaran maka heli saya pada bagian main rotor group saya lepas linkage ke servo dan saya oglek-oglek ( berusaha di tekuk terhadap main shaft )... lah kok diam malah bisa-bisa patah nihh....



- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: (Tanya) Bagaimana heli rc terbang?
Jadi apa sebenarnya fungsi dari flybar's paddles?..jika pengertiannya disebut sbg stabilisator(membuat heli lebi lebi jinak?),apakah 3D helicopter non-Flybarless seperti Raptor series,T-Rex series yg non-Flybarless, Sceadu Evo 50(HPM/SWM),dsb termasuk jenis helikopter yg jinak?..
Apakah 3D helicopter non-Flybarless hanya berhenti di situ saja karakter jinak dan liarnya dgn menggunakan flybar's paddles yg ada?.
Jika heli non-Flybarless diterbangkan tanpa paddle menjadi lebih liar ato menjadi lebih lamban reaksinya(super lemot)?..
Apakah flybar's paddles benar2 tegak lurus terhadap main shaft saat aeleron dan elevator diaktifkan?...
Apakah 3D helicopter non-Flybarless hanya berhenti di situ saja karakter jinak dan liarnya dgn menggunakan flybar's paddles yg ada?.
Jika heli non-Flybarless diterbangkan tanpa paddle menjadi lebih liar ato menjadi lebih lamban reaksinya(super lemot)?..
Apakah flybar's paddles benar2 tegak lurus terhadap main shaft saat aeleron dan elevator diaktifkan?...
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Re: (Tanya) Bagaimana heli rc terbang?
sepengertian saya memang flybar tujuannya untuk lebih menjinakkan respon heli tapi kadar flybar beda2 dan model konstruksi dibuat beda untuk setiap heli dengan karakter yang berbeda yang dikehendaki oleh pabrikan. Untuk heli sekelas align yang notabene di klaim sebagai heli gesit masih pake flybar!... dengan flybar seperti itu sudah sangat responsif gerakan heli... Apalagi tanpa flybar???Budiman wrote:Jadi apa sebenarnya fungsi dari flybar's paddles?..jika pengertiannya disebut sbg stabilisator(membuat heli lebi lebi jinak?),apakah 3D helicopter non-Flybarless seperti Raptor series,T-Rex series yg non-Flybarless, Sceadu Evo 50(HPM/SWM),dsb termasuk jenis helikopter yg jinak?..
Apakah 3D helicopter non-Flybarless hanya berhenti di situ saja karakter jinak dan liarnya dgn menggunakan flybar's paddles yg ada?.
Jika heli non-Flybarless diterbangkan tanpa paddle menjadi lebih liar ato menjadi lebih lamban reaksinya(super lemot)?..
Apakah flybar's paddles benar2 tegak lurus terhadap main shaft saat aeleron dan elevator diaktifkan?...


- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: (Tanya) Bagaimana heli rc terbang?
@om budiman
flybar berfungsi sebagai gyro untuk aileron dan elevator. jadi memang bikin lebih jinak (atau bisa dibilang mengurangi keliarannya).
heli flybarless, punya modul khusus untuk menggantikan fungsi flybar tersebut. didalamnya ada gyro 2 sumbu untuk aileron dan elevator.
seberapa liar/jinak respon aileron dan elevatornya, tergantung setting gain pada gyro2 tersebut.
jadi, sama saja antara pake flybar, atau tidak pake flybar tapi pake modul flybarless.
untuk heli dg flybar, setting gain gyro ini ada di padle (berat dan panjang lengan). semakin besar momen inersia padle, semakin berkurang ke-liar-an heli. saya ambil contoh pada trex 450, ada opsi extra pemberat pada padle untuk bikin lebih jinak. dulu waktu saya belajar heli, malah saya tambahin sendiri lagi pake colar, supaya lebih jinak.
jadi pada heli dg flybar, untuk mengatur kadar liar nya, heli harus mendarat dulu, lalu dirubah flybarnya.
sedang untuk heli flybarless, tinggal merubah gain gyro nya, yg mana karena berupa elektronic bisa dilakukan sambil terbang.
Jika heli non-Flybarless diterbangkan tanpa paddle menjadi lebih liar ato menjadi lebih lamban reaksinya(super lemot)?..
kalau tadinya jinak, jadi super liar ... kalau tadinya sudah liar, jadi lebih super liar lagi ...
Apakah flybar's paddles benar2 tegak lurus terhadap main shaft saat aeleron dan elevator diaktifkan?...
tidak, tapi akan selalu berusaha tegak lurus, karena gaya centrifugal nya ...
flybar berfungsi sebagai gyro untuk aileron dan elevator. jadi memang bikin lebih jinak (atau bisa dibilang mengurangi keliarannya).
heli flybarless, punya modul khusus untuk menggantikan fungsi flybar tersebut. didalamnya ada gyro 2 sumbu untuk aileron dan elevator.
seberapa liar/jinak respon aileron dan elevatornya, tergantung setting gain pada gyro2 tersebut.
jadi, sama saja antara pake flybar, atau tidak pake flybar tapi pake modul flybarless.
untuk heli dg flybar, setting gain gyro ini ada di padle (berat dan panjang lengan). semakin besar momen inersia padle, semakin berkurang ke-liar-an heli. saya ambil contoh pada trex 450, ada opsi extra pemberat pada padle untuk bikin lebih jinak. dulu waktu saya belajar heli, malah saya tambahin sendiri lagi pake colar, supaya lebih jinak.
jadi pada heli dg flybar, untuk mengatur kadar liar nya, heli harus mendarat dulu, lalu dirubah flybarnya.
sedang untuk heli flybarless, tinggal merubah gain gyro nya, yg mana karena berupa elektronic bisa dilakukan sambil terbang.
Jika heli non-Flybarless diterbangkan tanpa paddle menjadi lebih liar ato menjadi lebih lamban reaksinya(super lemot)?..
kalau tadinya jinak, jadi super liar ... kalau tadinya sudah liar, jadi lebih super liar lagi ...
Apakah flybar's paddles benar2 tegak lurus terhadap main shaft saat aeleron dan elevator diaktifkan?...
tidak, tapi akan selalu berusaha tegak lurus, karena gaya centrifugal nya ...
- stefendy
- Technical Sergeant
- Posts: 301
- Joined: 14 Aug 2009, 08:13
- Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E
Re: (Tanya) Bagaimana heli rc terbang?
Hehehehe ... malah timbul pertanyaan baru tentang jinak/liar heli yang berkaitan dengan flybar, namun saya gak tahu jawabannya yang pasti... masih saya asumsi saya dengan di bantu om wiki ya suhu.....
Fungsi flybar adalah : http://www.rcheliwiki.com/Flybar
Flybar apakah benar2 tegak lurus :
Kalo tentang jinak liarnya tidak tahu pasti dan saya juga ingin tahu... mohon bimbingannya suhu2.. teman2... namun saya akan coba soal yang diberikan suhu Budiman.. namun ini jawaban asumsi saya bukan pasti begitu jawabanya... untuk itu mohon diluruskan jawaban saya ...
Jika heli yg menggunakan flybar dan di terbangkan tanpa flybar yang terjadi heli akan lamban bahkan mungkin tidak bisa dikendalikan sikliknya karena yang membuat perbedaan pitch antar blade salah satunya adalah lewat/melalui flybar sedangkan flybar padle tidak punya daya untuk melawan/menggerakan sudut pitch dan condong bergerak tidak beraturan ( shaft flybar tidak terpasang hingga keluar hanya dipasang sebatas panjang untuk mengikat arm linkage ).
Flybar padle akan berusaha tegak lurus terhadap main shaft jika ail. dan atau elev. di aktifkan namun tidak selalu tegak lurus sepanjang waktu, dia akan miring ketika awal ail. dan elev. mulai di aktifkan.
Demikian dan mohon dikoreksi, terimakasih atas bimbingannya

walah... kok sudah di jawab duluan sama suhu2....
Fungsi flybar adalah : http://www.rcheliwiki.com/Flybar
Flybar apakah benar2 tegak lurus :
Kalo tentang jinak liarnya tidak tahu pasti dan saya juga ingin tahu... mohon bimbingannya suhu2.. teman2... namun saya akan coba soal yang diberikan suhu Budiman.. namun ini jawaban asumsi saya bukan pasti begitu jawabanya... untuk itu mohon diluruskan jawaban saya ...
Jika heli yg menggunakan flybar dan di terbangkan tanpa flybar yang terjadi heli akan lamban bahkan mungkin tidak bisa dikendalikan sikliknya karena yang membuat perbedaan pitch antar blade salah satunya adalah lewat/melalui flybar sedangkan flybar padle tidak punya daya untuk melawan/menggerakan sudut pitch dan condong bergerak tidak beraturan ( shaft flybar tidak terpasang hingga keluar hanya dipasang sebatas panjang untuk mengikat arm linkage ).
Flybar padle akan berusaha tegak lurus terhadap main shaft jika ail. dan atau elev. di aktifkan namun tidak selalu tegak lurus sepanjang waktu, dia akan miring ketika awal ail. dan elev. mulai di aktifkan.
Demikian dan mohon dikoreksi, terimakasih atas bimbingannya



walah... kok sudah di jawab duluan sama suhu2....