Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by toto »

suhu pa'de justinus ................. saya jadi ........ :shy

om pampie dan suhu iananta ................ jawabannya seperti apa yang sudah diposting sebelumnya oleh suhu Budi ................ sabar ya om suhu ...... :pis

pa'de suhu suprayitno, kapan nih mampir ke Cikempong biar entar bisa cip icip langsung deh dan puas mendeli'i sama moto2 entuh engine berondong ..... :wk3

sekedar info Eyang 7 Jamban a.k.a su31 sedang naik ke pertapaan lagi agar sabtu besok suhu budi bisa melakukan final test flight dengan jurus hover nya ...... semoga operasi ganti gender si 1.20/4 glow to gas sudah selesai jadi mau dibawa sekalian ............. :deal

MERDEKA
User avatar
asoenhauw
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 803
Joined: 18 May 2010, 14:28
Location: Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by asoenhauw »

toto wrote:Seperti yang sudah saya posting sebelumnya nanti soal step by step konversinya akan disampaikan langsung oleh sang modifikator langsung kumplit dengan jenis engine yang bisa di konversikan serta moga2 komplit dengan pros and cons nya

Kalau belum muncul2 juga mohon bersabar karena hingga saat ini masih di eksperimen untuk mendapatkan optimal power yang dapatkan dikeluarkan oleh si engine

Salam



Pantesan eyang suhu lama ngga turun gunung, rupanya lagi 'bertapa' sambil berkarya. :plk :plk :plk :plk :plk :plk :plk
User avatar
asoenhauw
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 803
Joined: 18 May 2010, 14:28
Location: Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by asoenhauw »

toto wrote:TGY itu semacam coklat kalo magnum pastinya sih ice cream ........ :wk3

Khusus untuk rekan2 SJAC mohon maaf belum dibuka pendaftaran untuk antreannya silahkan dudukan manis bersabar dan silahkan nanti mencoba dulu saja untuk unit yg telah disediakan oleh aris Dan dede

Merdeka




siiiipppp :ok :thx

padahal nerbangin WD aja masih bingung :shy :shy :shy

:ide :ide :ide
asal liat temen terbang puas, ikut puas juga. :plk :plk :plk
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

haaa, itu semua bermula dari postingan Pak Bli-Ary mengenai mengconvert Zenoah Magneto
ke CDI.
viewtopic.php?f=18&t=4919
---------------------------------------------------

Tapi ketika itu saya masih ragu kalo convert dari Glow ke Spark/Gasoline.
Banyak yg sudah convert tapi saya liat pakai karburator khusus, atau Walbro Compatible.
Masalahnya ini lho :

justinus wrote:
su-31 wrote:doh, saya ketinggalan kereta nih.., baru tau ada thread bagus ini.

Langsung tanya aja ya pakDe,
Itu kan pakai karbu asli (yg biasa pake Methanol), kan ada bagian2 nya yg dari bahan karet (?).
Seperti O-Ring di needle, baik yg Hi ato yg Lo, terus di Leher nya dll...

Itu kalo kena bensin gak pa-apa ya ???
Selang2 juga ganti yg buat bensin dong ya ?


Pak de. Untuk O Ring karet ga problem. Untuk selangnya ya pake punya bensin. :ok


--------------------------------
sejak itulah.., atas dasar ilmu kanuragan pakDe Justinus yg saya sedot itu..,ya saya beraniin nyoba2 !.
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by justinus »

Foto businya pak de. :htg
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Saya pikir2 masalah diatas itu (O-Ring dan bahan2 karet di Carb), toh juga bahan2 tsb
tidak terexpose langsung (terendam) dengan bensin nya kan ?

Tapi ngomong2 sebelumnya, kenapa kok convert ya...(terutama engine2 kecil)...
Memang karena bensin lebih murah.???
nggg, itu bukan concern utama.., lha kayak PBudi gitu, kalo cuma seminggu sekali beli 1
galon Fuel Nitro 30%..., kecil lah..., peanut !.

Saya lebih kearah ketersediaan fuel.
Kalo ketempat terpencil, yg gak ada hobby-shop, kehabisan glow fuel..., repot toh.
Pom Bensin banyak.., tapi rasanya gak ada pom bensin yg jual Methanol he he.

Ya pokok nya gitu deh.., dari pada banyak cerita.., ini deh:

Bikin sensor bracket dulu kayak gini..., dari bekas pipa alumunium.
Image

Ato pake Clamp Pipa kayak gini,
Cuma saya gak suka, karena lebih berat dan keliatannya bulky.
Image
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by Budi »

justinus wrote:Foto businya pak de. :htg



para suhu bertitah....... saya bahagia........

kalau ini berhasil, saya menyatakan batal pensiun..............
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Pasang sensor di leher crankshaft, los dulu, jangan dibaut/dikencengin dulu.
Image


Tentukan TDC, pakai cungkil gigi kayak gini.., tahan disitu (TDC).
Image


Baru kemudian pake busur derajat, tentukan di busur 0 derajat (terserah dimana).
Itu busur derajat nya kan nanti muter2.
Selanjutnya kita kasi penunjuk nya dari kawat ato jarum, (penujuk fix /gak muter2) .
Image


OK, Trus pasang magnet di prop Washer kayak gini.
Magnet ini dipasangnya juga ditengah penunjuk 0 derajat tadi itu.
Di bor terus di press.
Image

OK ya, jadi TDC, Busur 0, Magnet 0
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Sekarang shaft (Prop washer) diputer berlawanan arah putaran mesin (busur ikut muter), sampai pointer nunjuk di 28 derajat.
OK, tahan di situ (di 28 tsb).


Nah ini ada alat "fancy" buat nge set timing.
Ini alat berguna sih.., tapi gak harus punya toh. Cuma itu gaya2 nya PToto aja.
Katanya lebih baik kalo pakai proper tools..., he he.
Image

Lalu Kabel sensor dicolokin ke alat "fancy" itu tadi.
Baru kemudian sensor nya di geser sampai berada diatas magnet.
Pada saat sensor ada diatas magnet, alat "Fancy" tsb nyala lampu Led nya dan bunyi berisik beeeeeeeppp !


Segera kita geser sensor tsb arah berlawanan putaran mesin sampai suara beep ilang/lampu mati.
Nah kalo gak punya alat ini, bisa pakai CDI nya sambung ke busi.
Saat suara beep ilang/lampu mati itulah busi nyala.
Ini adalah saat magnet pas meninggalkan sensor (arah putaran mesin).


Ya udah, kencengin deh tu sensor bracket nya.

Ini setting buar reference aja, ya kira2 28 derajat itu di pertengahan.
Nanti actual nya, cari2 lagi saat mesin udah di nyalain...
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

daaan jreng.....cek kecek kecek kecek kecek kecek (ya terserah deh gimana suara engine 4 stroke).
Voila !!!, yeeehaaaaaaaa Running time.

ImageImage
Post Reply