Budiman wrote:Kalo saya si..solusinya..cabut Governor-nya..bikin susah aja...toh jaman dulu R/C heli engine ga pake governor juga baik2 aja...
salam, budiman
Maaf pak saya memang oon.........hehe saya udah liat posisi sekarang (jam 04.30 pagi ini ) sbb :
Cable servo tersambung ke Governoor, dari governoor ada dua cable yang tersambung ke RX, satu cable warna kuning digabing dengan cable merah/hitam dari Regulator masuk ke chenal 7 dan satu cable lagi (hitam/merah/putih) masuk di cenel 5. tolong jelasin apa yng dicopot dan masuk kemana.
Perlu Bp tau bahwa waktu seting dulu pak Agus bilang ada chenel yng di mix saya gak ngerti apa tuh..........walah jadi malah bingung takut salah colok begitu dicoba malah bikin celaka............
pa kiki pake y connector ya , di channel 5 ada kabel hitam merah putih biasanya channel 5 hanya u gyro kabel kuning aja ,yg dimaksud di mix itu kali ya pa kiki karena kurang channel jd di kasih kabel Y connector dirxnya mungkin gyro digabung dengan batre ya pa coba dilihat lg dicanel 5 kabel hitam merah putih tsb ada conector 1 tercolok kuning dan conector 2 tercolok warna apa pa kiki..........maaf pa kiki saran sy jgn dibikin pusing coba tanyakan {bel} yg masang regulator kemaren pa salllam
Kondisi semula : dari Governoor ada dua kelompok cable : Kel 1. warna merah/hitam/putin/kuning, yang merah/hitam/putih masuk ke RX chanel 6 sedangkan yang kuning masuk ke RX chanel 7 digabung dengan cable merah/hitam dari regulator. Kel. 2 warna merah/hitam/putih masuk ke sensor magnet.
Dengan tujuan menonaktifkan Governoor saya lakukan : Cable dari governoor ke chanel 6 saya cabut dan cable kuning yang tergabung dengan cable merah/hitam dari regulator saya putus, selanjutnya cable dari servo trotle (yang semula memang tidak dipasang) saya masukan ke chanel 6 (walau dalam hati saya merasa aneh karena biasanya cable trotle masuk ke chanel 3) sedangkan cable merah hitam dari regulator saya masukan ke tempat semula chanel 7 tanpa cable warna kuning dari Governoor karena udah saya putus..
Lalu saya on TX, dan on RX saya naikan trotle dan berhasil servo trotle bergerak normal. Karena gak sabaran jam 10 saya ke lapangan, maksud hati mau coba terbang..... eh.....apa yang terjadi?.............begitu engine start RPM langsung tinggi.... karena blade saya pegangin/saya tahan maka tercium coumpling terbakar, dengan sigap saya pijit selang BBM maka matilah mesin. untungnya saya tidak gugup sehingga tidak melepaskan blade dan segera memutuskan aliran fuel,karena saya sendirian tidak ada orang lain yg liat sehingga saya tenang dan petaka itupun terhindarkan. Alhamdulillah Tuhan masih melindungi saya, kalau tidak tentunya saya udah gak bisa nulis gaero ini lagi. Atas inisiatif Oom Dadan RAC dia hari jumat mau ke cirebon, ma bantuin benerin mudah2an gak ada halangan. sementara nanti malem mau di liat sama Oom kula........
Atas kejadian diatas mohon penjelasan para suhu kenapa RPM langsung tinggi padahal trotle ada di bawah terus kenapa sebelumkya cable servo trotle tidak dipasang? apakah karena servo trotle pakai jenis digital coreless motor? kenapa tempat cable servo throtle di channel 6 (bekas tempat cable dari governoor) padahal dipesawat yang lain selalu di chanel 3...
Main helli memang susah...........tapi terlanjur punya..........saya harus bisa....tolong bantu saya Terima kasih..............
Last edited by Kiki_54 on 20 Apr 2011, 11:23, edited 1 time in total.
Kiki_54 wrote: Oom sahid yang jadi masalah bukan lampu governoor merah atau hijau, tapi waktu saya hudupkan engine terus tuas trotle saya naikan bahkan sampai full itu heli bengong aja didarat. RPM engine gak naik, blade bergerakpun tidak. Tidak ada satu tuas apapun yang saya ganggu setingan radio pokoke masih sesuai dengan setingan awal ketika saya terima dari E-Helly. dan dulunya heli bisa terbang dengan baik.
Saran Oom Dadan Bandung...saya disuruh periksa lampo di Governoor, saya liat memang nyalanya warna merah............
Pak kiki, setelah membaca tulisan bapak di bawah yg ini.....pantaslah pak KALO HELI DIAM AJA WALAU BAPAK NAIKAN TORTLE DI TX.....LA ITU KABEL SERVO TORTLE TIDAK BAPAK COLOKKAN KE RX.
KALO memang pilihan bapak tidak memakai GOV. y udah colokin kabel servo tortle langsung ke chanel RX ( rx futaba masuk ch 3, rx JR,spektrum masuk ch 1 ( thortle )
MasALalah yang tadi pagi ( dihidupkan langsung menjerit ) karena bapak masukkan kabel servo ( putih,merah,hitam ) ke ch 5 yg mana nilainya sdh pasti tdk dimulai dr nol ( ch 5 pakai sakelar pak, bs jd ketika itu gain ch 5 sdh di atas 60 %, artinya seandainya pakai tortle mungkin posisinya sdh lebih setengah...sehingga engine menjerit....
Budiman wrote:Kalo saya si..solusinya..cabut Governor-nya..bikin susah aja...toh jaman dulu R/C heli engine ga pake governor juga baik2 aja...
salam, budiman
Maaf pak saya memang oon.........hehe saya udah liat posisi sekarang (jam 04.30 pagi ini ) sbb :
Cable servo tersambung ke Governoor, dari governoor ada dua cable yang tersambung ke RX, satu cable warna kuning digabing dengan cable merah/hitam dari Regulator masuk ke chenal 7 dan satu cable lagi (hitam/merah/putih) masuk di cenel 5. tolong jelasin apa yng dicopot dan masuk kemana.
Perlu Bp tau bahwa waktu seting dulu pak Agus bilang ada chenel yng di mix saya gak ngerti apa tuh..........walah jadi malah bingung takut salah colok begitu dicoba malah bikin celaka............
Kalo saya tidak salah Governor pada heli Pak Kiki_54 adalah sbb : 1. kabel warna kuning terhubung ke Rx.TERGABUNG DENGAN CABLE MERAH/HITAM DARI REGULATOR 2. kabel warna hitam/merah/putih menuju ke sensor (utk membaca magnet) BETUL
Sedangkan Regulator : adalah kabel merah/hitam yg menuju ke Rx...utk memberi supply tegangan kepada Rx BETUL TAPI DITAMBAH WARNA KUNING YANG DIAMBIL DARI CABLE MERAH/PUTIH/HITAM/KUNING DARI GOVERNOOR)
Untuk menghilangkan fungsi Governor untuk T-Rex600 Pak Kiki_54 : - kabel servo throttle yg terhubung ke Governor ..dicabut...(CABLE SERVO THROTLE TIDAK TERSAMBUNG KEMANAPUN DAN BERDIRI BEBAS) - semua kabel Governor yg terhubung ke Rx...dicabut..SUDAH DILAKUKAN, WARNA KUNING YANGBDIGABUNG DENGAN CABLE DARI REGULATOR SAYA POTONG - sambung servo Throttle ke channel (yg tadinya digunakan oleh Governor via kabel kuning) pada Rx...biasanya ada tulisan "Throttle" body Rx...CABLE SERVO THROTLE (YANG TADINYA TIDAK TERPASANG) SAYA MASUKAN KE CHANNEL 6 BEKAS TEMPAT CABLE DARI GOVERNOOR
Yang saya tidak jelas adalah kabel warna hitam/mera/putih yg skrg ada di channel 5, asalnya dari mana?...apa benar2 tergabung tuh,Pak? ITU SAYA SALAH TULIS, YG BENAR ITU CHANEL 6 BERASAL DARI GOVERNOOR
Kabel warna merah/Hitam dari Regulator menuju Channel 7(pada Rx)....biarkan tetap semula...SUDAH SAYA PASANG LAGI SETELAH WARNA KUNINGNYA YANG BERASAL DARI GOVERNOR SAYA PUTUS
Pak Kiki_54, mohon dikonfirmasi semua keterangan saya di atas...kalo ada gambarnya..lebih jelas lagi menerangkannya si... MAAF PAK BUDIMAN SAYA GAK BISA PAKAI GAMBAR TAPI SETIDAKNYA APAYANG BAPA TULIS UDAH SAY KONFORMASI SEMUA.
Kiki_54 wrote: Oom sahid yang jadi masalah bukan lampu governoor merah atau hijau, tapi waktu saya hudupkan engine terus tuas trotle saya naikan bahkan sampai full itu heli bengong aja didarat. RPM engine gak naik, blade bergerakpun tidak. Tidak ada satu tuas apapun yang saya ganggu setingan radio pokoke masih sesuai dengan setingan awal ketika saya terima dari E-Helly. dan dulunya heli bisa terbang dengan baik.
Saran Oom Dadan Bandung...saya disuruh periksa lampo di Governoor, saya liat memang nyalanya warna merah............
Pak kiki, setelah membaca tulisan bapak di bawah yg ini.....pantaslah pak KALO HELI DIAM AJA WALAU BAPAK NAIKAN TORTLE DI TX.....LA ITU KABEL SERVO TORTLE TIDAK BAPAK COLOKKAN KE RX.
OOM SAHID ; SAYA BARU TAU TADI SEPULANG DARI LAPANGAN KALAU TRNYATA CABLE SERVO BERDIRI BEBAS KARENA SEJAK PULANG DARI TEKNISI MEMASANG REGULATOR BARU KEMARIN SAYA COBA ITU HELY HEHEHEHE DASR SAYA OON YAH..........
KALO memang pilihan bapak tidak memakai GOV. y udah colokin kabel servo tortle langsung ke chanel RX ( rx futaba masuk ch 3, rx JR,spektrum masuk ch 1 ( thortle )
MasALalah yang tadi pagi ( dihidupkan langsung menjerit ) karena bapak masukkan kabel servo ( putih,merah,hitam ) ke ch 5 yg mana nilainya sdh pasti tdk dimulai dr nol ( ch 5 pakai sakelar pak, bs jd ketika itu gain ch 5 sdh di atas 60 %, artinya seandainya pakai tortle mungkin posisinya sdh lebih setengah...sehingga engine menjerit....
SEPERTINYA SEMUA CABLE HARUS DILEPAS SEMUA DARI rx DISUSUN ULANG SESUAI PETUNJUK DI BUKU, DAN SETING ULANG RADIO...........NAH YNG BEGINI INI SAYA MBULET.........
kALAU PLANE............SAYA BISA LAKUKAN MUDAH2AN JUMAT NANTI OOM DADAN BISA DATANG ATAU NANTI MALAM OOM KULA BISA ATASI...........SAYA CUMAN BERHARAP.........
Sebenarnya saya mulai agak emosi membaca thread posting ini, tapi demi menjaga kerukunan yg telah kita bina sejak lahirnya forum ini, maka dengan hati yang dingin, akan say coba meluruskan...ini bukan sebuah pembelaan diri, namun sebagai bentuk tanggung jawab saya...
Yang pertama , kepada Pak Sahid, Mengenai hal tidak menggunakan Governor, itu bukan sebuah FATWA...namun saya mencoba memberikan solusi kepada threadposter yaitu Pak Kiki_54 mengenai problem yg beliau temui pada T-Rex 600 N ,pada kasus ini... Sekarang mari kita berpikir kembali..apakah fungsi sebuah GOVERNOR?....fungsi yg jelas tentunya sudah kita ketahui semua yaitu menjaga kondisi RPM Engine pada manuver tertentu agar tetap konstan, melalui kontrol mixing air(udara) dan fuel yg dalam hal ini dilakukan oleh Throttle... Apakah Governor adalah komponen wajib?...saya akan menjawab secara pribadi ya dan tidak...jawaban YA..ini sekiranya jika memang kita sangat2 concern dan strict pada stabilitas RPM engine, dengan melalui kontrol elektronis langsung, yg saya katakan jauh dari kata ribet...tinggal set sekian RPM utk low , medium ato maximum RPM..Governor akan mendeteksi kecepatan Engine..dan memberikan signal kepada Servo Throttle...Gampang banget,bukan?...Kita tidak perlu bersusah payah,melakukan fine tuning pada Engine secara "feel" kita... Padahal, fine tuning engine mengenai RPM, dapat kita lakukan secara "feel" saja...melalui kombinasi Throttle curve dan Pitch main blade..ini kalo saya lho... Apakah engine akan over speed tanpa Governor, dengan kondisi Engine dicoupled dengan mekanisme Clutch, mekanisme main gear,lalu main shaft yg terbebani oleh rotor head assy dengan main blade yg juga memiliki PITCH (ANGLE OF ATTACK) mekanisme tail rotor, entah belt driven atopun Torque tube?....setau saya hal yg paling mengerikan mengenai Engine over speed adalah pada saat ENGINE BERPUTAR TANPA ADA BEBAN SAMA SEKALI.... Misalkan melakukan break-in pada engine tanpa ada propeler yg terpasang..ato pada helikopter, break-in tanpa hover...... Lalu apakah tanpa Governor kita bisa melakukan kontrol pada RPM Engine?...saya akan jawab bisa..secara manual, melalui berbagai macam observasi dan eksperiment mengenai kombinasi Throttle curve dan PITCH mekanis yg tepat....plus needle setting pada engine sendiri...low, idle, hi speed, dsb... Satu hal yg sampai saat ini masi saya pegang adalah..Engine yang baik adalah engine yang tidak mempergunakan GOVERNOR... Sekali lagi , ini bukan FATWA..buat saya kedengarannya terlalu dramatislah,Pak...lagi pula di sini saya hanya seorang hobbist biasa dengan budget cekak, hanya berusaha membantu rekan yg sedang mengalami kesulitan dengan helikopternya..bukannya seorrang professional pilot R/C helicopter..Lagipula buat saya,penggunaan GOVERNOR MEMANG BIKIN SUSAHJadi inti dari mengenai penggunaan Governor adalah ya dan tidak...itu dari pandangan pribadi saya...sebagai sekali lagi, seorang hobbyist biasa
@Pak Kiki_54,saya mohon maaf sebelumnya.. Deskripsi Anda mengenai kasus yg Anda hadapi, saya rasa sudah cukup jelas, namun keterangan yg Anda berikan melalui media visualisasi ..artinya saya dan rekan2 membaca posting Anda...mengenai : 1. Radio menggunakan merk apa? 2. Mix programm yg ada pada radio Anda spt apa?Ini akan sangat jelas mempengaruhi fungsi Servo Throttle... 3. keterangan mengenai seluruh koneksi yg berkaitan dengaan Governor dan servo Throttle pada Tx,dihubungkan kemana saja 4. Yang lebih parah lagi adalah..ternyata servo Throttle ternyata tidak tersambung kemana-mana..waduhhhh...saya taunya setelah baru baca posting Anda yg terakhir... 5.Bagaimana gerak barrel pada engine?...barrel ini yg mengatur bukaan udara yg dikendalikan oleh servo throttle...apakah full closed saat throttle stick pada posisi minimum, apakah full opened saat throttle stick pada posisi maksimum, lalu bagaimana kondisi bukaan ini pd saat stick ditengah????....
Hal2 tersebut diantaranya telah menimbulkan banyak ide dan pemikiran yg ber-ragam..salah satunya ya dapat membahayakan Anda sendiri, coba sekali lagi Anda cermati PM saya tadi pagi..memang tidak saya expose melalui thread posting ini..maksud saya agar penelusuran masalah lebih terfokus.. Lagi pula..kenapa Anda harus menyalakan engine ,hanya untuk melakukan pengamatan pada fungsi Throttle?..... Dan soal mengamati setting PITCH tidak perlu membuat mata pegel lah...itu hanya karena hati tidak berpihak pada segala hal yg berkaitan dengan R/C Helikopter...
Intinya, informasi dari Anda hanya se-potong2...fault finding jadi susah..jadinya menebak-nebak saja...gagasan yg muncul di kepala saya cuma satu tadi ,yaitu ..menghilangkan fungsi governor utk kasus Anda..hanya kesalahan saya adalah..saya tidak menyadari ada beberapa hal yg telah saya sebut di atas,karena saya lupa untuk menanyakan kepada Anda ,sebagai pendukung bagi saya untuk berusaha memberikan solusi... Wah ini juga menjadi pelajaran buat saya untuk ke depannya....dalam memberikan informasi, gagasan atopun ide...Saya mohon maaf kepada Anda,Pak Kiki_54..karena saya tidak cermat mengolah informasi yg Anda berikan..maklum,Pak..saya tidak punya kemampuan untuk membaca hati dan pemikiran orang lain...
Rekan2, jujur di forum ini, saya hanya berusaha urun rembug untuk meramaikan forum R/C Helicopter yg , kalo bole saya katakan amat sangat miskin akan ide2 dan pemikiran2 baru , terutama mengenai pengoperasian, perawatan, manuver2 helikopter,dsb...
Kepada Yth Web Master, Web Admin. , Moderator dan rekan2 sekalian, mohon maaf sekiranya atas segala tulisan saya yang tidak berkenan di hati Anda sekalian...
Mohon maaf ,sekali lagi dan Salam dari saya, budiman