ooo, ndak oom, bukan ide kreatif saya.
Itu hasil nyerap ilmu PakBli & pakDe Justinus !
Ini udah lama kok, dan proven project..., berhasil dan bukan masih coba2 lagi.
Kenapa kok ndak banyak orang lakukan..., menurut saya karena Methanol nya masih terjangkau (harga & availability nya).
Ini lho,
Maynard Hill, melakukan penerbangan RC Trans Atlantic dengan mesin konversi seperti ini,
Dia pakai OS .60 dan kalo ndak salah coba juga yg Enya-120.
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=941744
----------------------------------------------------
Saya kira, test Sabtu kemarin udah cukup berat lah...
Mau test lebih berat kayak gimana lagi neh PToto ???
Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Moderator: sudjai sarmo
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
- didin
- Major
- Posts: 1792
- Joined: 27 Aug 2008, 11:01
- Location: Pekanbaru
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
su-31 wrote:ooo, ndak oom, bukan ide kreatif saya.
Itu hasil nyerap ilmu PakBli & pakDe Justinus !
Ini udah lama kok, dan proven project..., berhasil dan bukan masih coba2 lagi.
Kenapa kok ndak banyak orang lakukan..., menurut saya karena Methanol nya masih terjangkau (harga & availability nya).
Ini lho,
Maynard Hill, melakukan penerbangan RC Trans Atlantic dengan mesin konversi seperti ini,
Dia pakai OS .60 dan kalo ndak salah coba juga yg Enya-120.
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=941744
Benar sekali Om Eyang SU-31....cara ini sudah ada yg mencoba dan berhasil.
Yang ditunggu-tunggu justru step by step pengerjaannya dari Eyang SU-31, karena yg dari luar saya belum ngerti.
Sabar menanti...
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
su-31 wrote:Siap PakBapak,
Kemarin itu sengaja sertifikasi gak ada P.Budi..., takut di siksa !.
Tapi sertifikasi berikutnya kayaknya malah mau nantang PBudi buat di siksa :o


Siapa takut.......... siap2 ya,........weekend ini
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Budi wrote:su-31 wrote:Siap PakBapak,
Kemarin itu sengaja sertifikasi gak ada P.Budi..., takut di siksa !.
Tapi sertifikasi berikutnya kayaknya malah mau nantang PBudi buat di siksa :o
![]()
![]()
Siapa takut.......... siap2 ya,........weekend ini
cuman bisa berdoa semoga engine tidak bercerai berai ....................

- farhanhendrik
- Senior Airman
- Posts: 172
- Joined: 05 May 2010, 21:04
- Location: Surabaya
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
asiiikkk nunggu hasil terbangnya ahhhh.......pak toto terima kasih masukannya yah,,jadi semangat nih temen2 ngikutin aliran sakit jiwa untuk ngoprek mesin




- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
om suhu farhanhendrik, semalam gara ber bb ria diskusi how and how and how much sama om DQ saya jadi sakit jiwanya berkurang nih ... 

- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
farhanhendrik wrote:asiiikkk nunggu hasil terbangnya ahhhh.......pak toto terima kasih masukannya yah,,jadi semangat nih temen2 ngikutin aliran sakit jiwa untuk ngoprek mesin![]()
![]()
hati hati mas...... nggak ada obatnya...........


- BUYUNG7
- Airman First Class
- Posts: 85
- Joined: 27 Mar 2011, 02:34
- Location: pangkalanbun
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
salam kenal para suhu pendatang baru dari pedalam kalimantan(cari makan)mohon bimbingan semoga ga salah tempat. 

- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
BUYUNG7 wrote:salam kenal para suhu pendatang baru dari pedalam kalimantan(cari makan)mohon bimbingan semoga ga salah tempat.
salam kenal kembali mas, kalimantan kan luas banget kira2 persisnya dimana ya apa jangan2 di kalimantan ngider2 terus dan abis itu mohon bimbingan soal apa nih kalau mau yang umum2 dulu terkait pesawat ya buka kamar baru di aeroplane general tapi tolong di-longok2 dulu ke antero forum ini kali2 aja yang mau ditanya udah pernah didiskusikan.
nah untuk tahu dimana aja di kalimantan ada yang pada ngumpul di darat dan siapa saja mohon untuk di cek di kamar komunitas disitu ada kok banyak temen2 kalimantan pada berkomunikasi tapi alangkah lebih indahnya melakukan perkenalan lebih dahulu di kamar new member biar lebih guyub atau kalau sudah saya mohon maaf karena tidak menyimak dengan seksama
nah gitu aja saran saya biar entar kagak bingung mau mulai darimana nya
salam
- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
su-31 wrote:ooo, ndak oom, bukan ide kreatif saya.
Pak de Suhu su-31. Berhubung topic yang diprakarsai tester pilot Gaero Suhu Pemula satu itu sudah mulai ngalor-ngidul, maka saya coba agak membuatnya menjadi ngetan-ngulon (ngerti gak maksudnya).

Saya mau cerita sedikit tentang glow engine conversion to gas engine yang sudah saya lakukan dan gagal. Hiks. Sebetulnya malu cerita kegagalan. Jadi cerita gak ya?
Ya sudah, ceritain aja deh. Sudah kadung ngomong sih.
Engine OS 55 AX ini sebenarnya bukan engine yang masih bagus, tapi sudah jelek, sehingga saya buat percobaan (karena belum ada yang mau mendanai saya untuk melakukan percobaan), jadi harus dari kantong sendiri.
Singkat cerita, engine ini pada suatu hari dead stick, mati diudara. Berhubung yang saya inginkan sudah tercapai, yaitu menerbangkan mesin ini dengan dengan bahan bakar bensin tanpa modifikasi apapun sudah tercapai, maka saya taruh begitu saja pesawat dan enginenya. (salah satu sebab saya tidak melanjutkan proyek ini adalah karena meskipun engine ini menyala, namun power yang dihasilkan mungkin hanya separo kalau menggunakan methanol).
Beberapa waktu kemudian, saya mendapat hibahan pesawat, yang kemudian saya pikir akan saya pakai untuk anak saya. Berhubung cuma dapat pesawatnya, maka engine OS ini saya pasang dipesawat ini, dan saya beri minum metanol lagi. Mesin menyala dengan mudah, karburator saya setel, putaran semakin tinggi, dengan power yang masih galak. Tiba2: ada suara dakkkk dan engine langsung berhenti. Mesin macet tidak bisa berputar.
Dirumah, mesin saya bongkar dan saya temukan connecting rodnya jebol pada lubang crankshaft. Bagian kuningannya ternyata rusak. Mungkin ada yang berpikir ini karena less lubrication.
Ini analisa saya. Engine ini menggunakan glowplug bukan sparkplug seperti yang digunakan suhu su-31. Dengan penggunaan glowplug yang selalu membara, bahan bakar bensin sudah meledak sebelum piston mencapai TDC. Akibatnya mesin selalu knocking yang berakibat pukulan pada piston berlanjut ke con rodnya. Con rod mempunyai bushing kuningan yang tahan gesek, tetapi lebih lunak. Akibat knocking, bushing akhirnya berbentuk menjadi bulat telur, kemudian jebol. Ini juga salah satu tanda kenapa powernya cuma separo dari biasanya.
Harapan saya, yang sudah dilakukan su-31 tidak terjadi knocking, sehingga power juga lebih keluar.
Demikian sedikit cerita kegagalan saya, yang penting saya sudah pernah membuat kegagalan.
