Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by Wind Raider »

su-31 wrote:Ini saya muncul bentar karena gak tahan mau ngasi tau...

Konversi JBA-56AR ini, SUKSES BESAR.., melebihi expektasi dari yg sudah2.
Engine Peak bisa >11.000 rpm dgn Prop 12x6 APC...(hiiiii Jebol deh).
(waktu test terbang, diem2 udah saya batasi sampai 10.000rpm)

Kenapa kok saya claim sukses besar,
Kerana sudah disiksa secara amat kejam dan sangat ndak manusiawi...,
...yg mungkin cuma PToto/PBudi aja yg bisa cerita !
Lha wong saya ngumpet, gak tahan liat engine di bikin men-jerit2 gitu !!!
Saya kira PBudi sudah kejam.., ternyata ada yg lebih kejam lagi...
...dan si JBA-56AR tsb, bisa bertahan dan malah nantang sampe jebol...(gimana PToto ???, boleh di jebolin gak engine nya).


mantap !!! :plk :plk :plk
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

justinus wrote:...bensin sudah meledak sebelum piston mencapai TDC. Akibatnya mesin selalu knocking


...ya pakDe, makasih atas peringatannya.
Memang itu juga menjadi "concern" saya (Knocking maupun Detonasi).
Disamping Big-end Con-Rod yg cuma bushing itu (Bukan Needle Bearing).

Ketika nyetel2 timing.., saya temukan perubahan power yg significant !.
...tapi karena "concern" diatas itu, saya tetep set lebih kearah Retard (= Power berkurang).

Masalah Con-Rod bushing itu.., maka saya ngikuti saran yg olie 1:16 itu.
Tadinya 1:20 yg sebenernya ndak saya temukan tanda2 overheat dengan takaran segitu.

Setelah selesai 7J (Tujuh Jam) uji coba & Sertifikasi nanti, semua mesin itu akan kita bongkar.
Untuk diteliti dalam nya, terutama masalah "seizure" pada Crank-Pin dan/atau Con-Rod nya.
Siap !, akan segera saya laporken...
User avatar
beta_james
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 798
Joined: 03 Apr 2007, 00:31
Location: Jakarta

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by beta_james »

su-31 wrote:Ini saya muncul bentar karena gak tahan mau ngasi tau...

Konversi JBA-56AR ini, SUKSES BESAR.., melebihi expektasi dari yg sudah2.
Engine Peak bisa >11.000 rpm dgn Prop 12x6 APC...(hiiiii Jebol deh).
(waktu test terbang, diem2 udah saya batasi sampai 10.000rpm)

Kenapa kok saya claim sukses besar,
Kerana sudah disiksa secara amat kejam dan sangat ndak manusiawi...,
...yg mungkin cuma PToto/PBudi aja yg bisa cerita !
Lha wong saya ngumpet, gak tahan liat engine di bikin men-jerit2 gitu !!!
Saya kira PBudi sudah kejam.., ternyata ada yg lebih kejam lagi...
...dan si JBA-56AR tsb, bisa bertahan dan malah nantang sampe jebol...(gimana PToto ???, boleh di jebolin gak engine nya).





:plk :plk :plk ......................... :thx :thx :thx

:ym77 :ym77 :ym77 :ym77 :ym77 :ym77
User avatar
Indra Prasetia
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 52
Joined: 16 Sep 2008, 20:51
Location: Jakarta
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by Indra Prasetia »

Saya salah satu yang berkesempatan untuk menguji coba engine tersebut, memang luar biasa dan luar biasa iritnya. :pis
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by toto »

Terima kasih kepada para suhu CAC pak Budi, pak Hilman, pak Reva, pak Ekozz, pak Anas dan pak Indra Prasetia yang telah berkenan menguji coba hasil konversi GLOW to GAS sang JBA-56AR dan pandangan serta masukannya, kami dari segenap anak Singkong dari desa Cikempong turut berdoa semoga amal ibadah suhu yang telah meringankan tangan untuk meng UWEK-UWEK dan memberikan saran serta koreksinya mendapatkan imbalan pahala dan selalu mendapatkan lindungan dari NYA, Amin.

Juga diucapkan terima kasih kepada suhu Wawan dan pak Satrio serta para rekan lainnya yang namanya belum tertulis pada tulisan yang juga telah memberikan pandangan serta inspirasi untuk lebih lanjut mengoptimalkan teknik konversinya.

Terakhir diucapkan kepada forum GAERO yang telah mengijinkan kami untuk menggunakan forum ini sebagai media untuk berkomunikasi yang juga merupakan salah satu yang memberikan tantangan bagi kami untuk tetap melakukan eksperimen dengan segala keterbatasan yang kami miliki di SJAC.

Selanjutnya dimohonkan juga untuk edisi Konversi VERSI 2.0 tetap masih bersedia untuk mengujinya

Salam
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by handoyo6299 »

Mantapppp.. dari pernyataan diatas.. hasil uji cobanya sukses nich... terus apa bisa juga diterapkan untuk engine heli, misalnya kelas engine 55 begitu Suhu pakdhe Toto.....mohon informasi, dan kalau bisa hamba sangat ingin sekali melakukan, dan kalau mungkin apakah bisa engine dimaksud dikirimkan, demikian disampaikan dan atas bantuan, pertolongan dan kesediaannya diucapkan beribu terima kasih
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by toto »

handoyo6299 wrote:Mantapppp.. dari pernyataan diatas.. hasil uji cobanya sukses nich... terus apa bisa juga diterapkan untuk engine heli, misalnya kelas engine 55 begitu Suhu pakdhe Toto.....mohon informasi, dan kalau bisa hamba sangat ingin sekali melakukan, dan kalau mungkin apakah bisa engine dimaksud dikirimkan, demikian disampaikan dan atas bantuan, pertolongan dan kesediaannya diucapkan beribu terima kasih


intinya kalo mau dikonversi yang paling optimal apabila engine dari seri yang pistonnya pakai ring, yang jenis ABC bisa aja tapi hasil nya menurut saya akan "mubazir" om suhu, kenapa kok jadi begitu nanti eying suhu su-31 akan membeberkannya langsung di kamar tersendiri dan semoga beliau nya punya waktu untuk ngetik step by step secara utuh

soal bantu mengkonversi inti kita2 yang di Cikempong bersedia saja kok

salam
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by dino »

:tlt :tlt :tlt JBA 56 ring... :tlt :tlt :tlt :hah :hah :hah :ngl :ngl :ngl

Image

Image
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by Wind Raider »

toto wrote:Terakhir diucapkan kepada forum GAERO yang telah mengijinkan kami untuk menggunakan forum ini sebagai media untuk berkomunikasi yang juga merupakan salah satu yang memberikan tantangan bagi kami untuk tetap melakukan eksperimen dengan segala keterbatasan yang kami miliki di SJAC.
Salam


It an honour for our forum , sir eh pakdhe Toto
Sangat jarang ada yang mau buka buka an seperti begini ...
:plk :plk :plk
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by toto »

om suhu dino, wah punya ilmu baru nih cara ngecilin busi besar ke kecil ...... dicelupkan ke apaan nih om suhu dino ....... sukses ya om bikin adaptor nya

salam
Post Reply