Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by dino »

Wind Raider wrote:
su-31 wrote:Ini saya muncul bentar karena gak tahan mau ngasi tau...

Konversi JBA-56AR ini, SUKSES BESAR.., melebihi expektasi dari yg sudah2.
Engine Peak bisa >11.000 rpm dgn Prop 12x6 APC...(hiiiii Jebol deh).





:tlt :tlt :tlt InI namanya SUKSES kecil ... :tlt :tlt :tlt maksudnya memperkecil GasolinE :ha3

pRO suhu tO2 itu mah Businya F1 Suhu.... :ha3 :ha3 :ha3 ttp bsa di apli ngk ke JBA ya :flu :pyg
User avatar
ekozxx
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 633
Joined: 10 Jul 2008, 00:04
Location: Bekasi

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by ekozxx »

Hari sabtu kemarin, di CAC,JBA gasolinenya disiksa 30menit lebih secara bergilir oleh 4 pilot,..ingin bukti? ini videonya :

User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

ekozxx wrote:Hari sabtu kemarin, di CAC,JBA gasolinenya disiksa 30menit lebih secara bergilir oleh 4 pilot,..ingin bukti? ini videonya :


Itu bisa karena dibantu dikasi mantra sama Pak Suhu Eko !
...la wong ada yg bilang sebelum nya gak bisa di start kok :-#
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Indra Prasetia wrote:.... luar biasa iritnya. :pis


Oom Indra kasian liat kita di Cikempong susah beli Methanol :( :( :(
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Nyuwun ampun..., ini dulu ya Pak, sebelum report detail nya.

Sekali lagi, konversi model kayak gini ini udah lama banget.., sm sekali bukan ide saya.
Ini bongkar2 file ini thn 2006/7..., sy capture tapi lupa Link nya (dan apa masih ada?)

Perhatikan ini engine Taiwan, Thunder Tiger 120, konversi yg hasilnya paling bagus, yg pakai Walbro Carb.

Image
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Dan ini hasil pengukuran mereka, yg menunjukken malah lebih powerful dari Zenoah yg Originally Gasoline !.

Image
User avatar
ekozxx
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 633
Joined: 10 Jul 2008, 00:04
Location: Bekasi

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by ekozxx »

su-31 wrote:...la wong ada yg bilang sebelum nya gak bisa di start kok :-#


Langsung jreng suhu :tlt , awalnya sempat mati krn waktu nyetel om jeni blm cuci tangan :ha3, begitu disetel needlenya oleh om Toto langsung tokcer.. cer! Yang bikin bingung, JBA kan non ringed piston?, ktnya yg bisa "hanya" ringed piston? Sekalian om wisnu, saya ada OS wankel, bisa bermetamorfosa jd gasoline..? eheem.. (maaf batuk) :hmm :hmm
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Nah, penggunaan Karbu Walbro itulah yg waktu itu bikin saya mundur buat nyoba.

OK.., tapi ini mereka coba juga pakai Karbu Asli nya.., malah lebih powerful lagi.
Tapi itu perhatikan yg saya garis bawahi (Merah).

Image
Image
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Begitulah...,
Penggunaan Walbro Carb, dan Difficult to tune the Std Carb, itu bener2 mengubur cita2 saya buat nyoba konversi waktu itu.
Disamping, Karbu ori nya, yg ada karet/Seal2 O-Ring itu, sy pikir pasti gak tahan kena bensin.

Angan2 tinggal mimpi, sampai ahirnya join Grage ketemu, pakar2 engine.
...ya..., pakDe Justinus bilang gak apa2 karb Ori kena bensin.
trus pakBli Ary...:, masang magnet nya begini, timing nya begitu, dst, dst...

Ahhh, coba lagi ah....
PToto, ini mau ada experiment gini, mau gak ?, perlu parts ini dan itu, bla bla bla.

Go-ahead, kata PToto..,
Ya gitulah ahir nya.

Thanks PakBli, pakDe Justinus.., dan thanks GRAGE tentunya !
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

handoyo6299 wrote:terus apa bisa juga diterapkan untuk engine heli, misalnya kelas engine 55...


Haaa ini menarik,
Engine heli itu kan banyakan running konstan RPM, dan RPM tinggi !!!
Wuih, apa kuat ya ?, apa gak over-heat ya ??

Itu juga ada di benak saya Pak.

Tapi belakangan, saya ketahui...
Pertama: semua engine2 Heli itu adalah Ringed engine.
(sy belum tau, apa ada engine Heli ABC type ?).
Kedua: rata2 Cylinder Head nya engine Heli itu lebih besar.
(..apa didisain buat nahan panas ya ???)

Begitulah, saya ragu kalo engine Heli (yg harus run Hi RPM itu) bisa di konvert ke Gasoline.., jadi saya lupakan aja engine heli.

Eh, tapi ini nih :
Image
Image

Katanya dah > 2taun.., puas dengan hasil konversi nya dan..,
...heli bersih, fuel murah katanya.

:-k :-k :-k mmm apa iya ya ???
Post Reply