didin wrote:Budiman wrote:didin wrote:Hati-hati dengan 3D....racun dosis tinggi,
Siapa sukses mencoba, pasti nambah lagi...maksudnya nambah armada ....

kalo saya si bukan armada yg nambah...tapi rongsokan part yg menumpuk...


.....kalau rongsokan part yang nambah,...gunung emas sekalipun bisa runtuh mas....
Berarti manuver 3D nya belum sukses.....
Oh ya...saya pernah ketemu dan bincang-bincang sama seseorang yang sudah menguasai teknik 3D heli maupun aerobatic dan 3D pesawat.
Saya perhatikan beliau lebih sering nerbangin pesawat daripada heli, padahal beliau juga sudah menguasai 3D heli ataupun gerakan F3C.
Pertanyaan saya kenapa..? Jawabannya ringkas sekali "Peluang Crash Heli lebih besar dari Pesawat"
Nah lho.....

Salah,Pak...
Besar kecilnya peluang crash disebabkan oleh sang pilot sendiri....salah satunya memaksakan diri utk melakukan eksekusi sebuah manuver, tanpa memahami benar, segala aspek mengenai manuver itu sendiri...aspek bisa berupa orientasi, safety reason, setting up heli serta parameter point pada Tx,jempol pilot-nya, plus kurang istirahat, perut keroncongan, sreg ga sregnya perasaan ,dsb....
Alasannya cukup sederhana...karena Kita yang mengendalikan si heli, dan bukan kita yg dikendalikan oleh si heli....
Heli setelah dipersiapkan dengan benar, sudah dipastikan mampu utk melakukan manuver...tinggal...balik lagi ke pilot nya..termasuk faktor jempol....
Memangnya Anda berani menjamin menerbangkan pesawat untuk berpeluang tidak crash?....yang bener aja,Pak...

.....
Kalo bener2 mau menghindari peluang crash..gampang,Pak..jangan maen aeromodelling.....
