Sebelumnya saya bukan suhu...
Heli yang memiliki laju air speed yg baik ditentukan dari design paddle ...Design paddle ini menentukan gaya gyroscopic yg mana selalu membayangi heli dalam setiap manuvernya..kalo tidak salah...
kalo secara praktek yg saya lakukan untuk menilai apakah heli mampu mempertahankan air speed nya ato tidak adalah..
mengukur seberapa lama heli mampu untuk melaju lurus pada satu garis dengan besaran sudut pitch main blade yg TETAP dan ELEVATOR pada posisi neutral, tanpa bantuan tail-wind....kira2 begitu de bahasa yg bisa saya ungkapkan...
Sedangkan untuk seberapa cepat ato kencengnya heli melaju...mungkin ditinjau dari seberapa banyak elevator dan seberapa besar Pitch main blade dilibatkan, saat heli mengawali gerak Fast Forward Flight...karena sisanya setelah itu, menurut yg saya amati lho ya...laju heli dibantu oleh paddle itu sendiri ...(non FBL)...
Mixing Aeleron-Throttle....saya ga tau de... ...karena design main blade juga ikut menentukan smooth tidaknya manuver2 semacam ini...disamping dampener rubber yg soft, panjang pendek Flybar, dst...
Mungkin para jawara f3c bisa menjelaskannya lebih baik de...
salam,
budiman