mohon bantuannya [nanya tentang airfoil & RC]

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

Post Reply
User avatar
longeron
Posts: 3
Joined: 03 Sep 2010, 08:33

mohon bantuannya [nanya tentang airfoil & RC]

Post by longeron »

rekan-rekan
salam kenal..
mohon bantuannya, saya lagi nyusun TA nih tntang analisis aerodinamika psawat RC.. rencananya mau membandingkan RC-RC yg memakai airfoil tertentu..
ada yang tau apa aja pesawat RC psawat yang memakai airfoil naca 4415 ?
saya uda nyari ke mbah google, tp kok susah ya nemu nya...
oya, kalo cara menentukan jenis airfoil yang mau dipake buat bikin psawat RC itu bagaimana ya ?
misalkan menentukan airfoil buat RC yang sport, trainer, acrobatic, dll. itu gimana?
User avatar
dulbehek
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1048
Joined: 17 Nov 2009, 08:49
Location: banyuwangi - jember

Re: mohon bantuannya [nanya tentang airfoil & RC]

Post by dulbehek »

:deal :deal :deal :deal
sama bos aku juga ditawarin judul TA itu?
hubungan nya sama lift, drag n efisiensi bahanbakar
karena ga notok gadok ahirnya sampe saat ini cari judul laen
situ jurusan apa?
work together yuk disini soalnya ga ada wind tunel
User avatar
qiebar
Airman
Airman
Posts: 39
Joined: 14 May 2011, 14:58

Re: mohon bantuannya [nanya tentang airfoil & RC]

Post by qiebar »

buka situs nasa coba.. disitu banyak teorinya.. kalo airfoil di aeromodelling kayaknya aerofoil "agak-agak". maksudnya meniru sebuah airfoill, lalu di modif.... jangan tanya soal hitungan matematisnya, apalagi pake hitungan differensial dan integral... heheh yg penting maiden dah senang..
User avatar
longeron
Posts: 3
Joined: 03 Sep 2010, 08:33

Re: mohon bantuannya [nanya tentang airfoil & RC]

Post by longeron »

dulbehek wrote:situ jurusan apa?
work together yuk disini soalnya ga ada wind tunel

ane dari teknik aeronautika bung..
awalnya aku juga nggk sreg sama tema ini, tp krna wktu makin mepet, eh akhirnya di ambil juga deh..
krna deadline nya 1 bulan lagi jadi nggk bisa ganti tema deh [ga keburu]... work together uji di wind tunnel mas ?

qiebar wrote:buka situs nasa coba.. disitu banyak teorinya.. kalo airfoil di aeromodelling kayaknya aerofoil "agak-agak". maksudnya meniru sebuah airfoill, lalu di modif.... jangan tanya soal hitungan matematisnya, apalagi pake hitungan differensial dan integral... heheh yg penting maiden dah senang..

udah nyoba buka situs nasa mas, tp disana kbanyakan buat real plane. sedangkan saya lagi nyari airfoil yang biasa dipake buat RC.
kalo mas qiebar biasanya milih airfoil buat bikin RC gimana nih ?
cara buat nentuin airfoil buat RC yang sport, trainer, acrobatic, dll. itu gimana?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: mohon bantuannya [nanya tentang airfoil & RC]

Post by christoffel »

longeron wrote:apa aja pesawat RC psawat yang memakai airfoil naca 4415 ?


NACA 4415 ? ini termasuk 4 digit series.
camber nya naik 4%, jadi nggak simetris. yg ini bahkan udah jadi flat bottom. yg biasanya pake ini pesawat trainer ...
tebalnya 15%, ini juga normal untuk pesawat trainer.
posisi camber 40% ? lha ini yg jarang dipake ...
biasanya kita pake 25 sampai 30% aja.
jadi kesimpulan saya, bakalan sulit cari pesawat rc yg pake airfoil ini mas ...

longeron wrote:cara menentukan jenis airfoil yang mau dipake buat bikin psawat RC itu bagaimana ya ?
misalkan menentukan airfoil buat RC yang sport, trainer, acrobatic, dll. itu gimana?


kalau saya garis besarnya begini mas ...
- trainer : flat buttom sampai semi simetris. thickness ratio sedang (sekitar 15 %)
biasanya untuk chord 30 cm, thickness sekitar 4 sampai 5 cm
- sport / acrobatic : semi simetris sampai simetris (camber=0). thickness ratio juga sedang
- 3D : simetris, thickness bisa sampai 30%, soalnya butuh drag gede buat ngerem.
- pylon : simetris, thickness di sekitar 10%. (sekecil mungkin selama masih bisa kuat)
- glider : under camber, thickness kecil. biasanya pake selig.

semuanya dg posisi camber di sekitar 25 sampai 30% karena masalah konstruksi nya lebih mudah. (di sekitar CoL)
Yg biasa saya pake, NACA 4 digit dan 5 digit series, karena lebih mudah di hitung dan digambar.

ini kalau saya lho mas ...
semoga membantu.
User avatar
longeron
Posts: 3
Joined: 03 Sep 2010, 08:33

Re: mohon bantuannya [nanya tentang airfoil & RC]

Post by longeron »

christoffel wrote:NACA 4415 ? ini termasuk 4 digit series.
camber nya naik 4%, jadi nggak simetris. yg ini bahkan udah jadi flat bottom. yg biasanya pake ini pesawat trainer ...
tebalnya 15%, ini juga normal untuk pesawat trainer.
posisi camber 40% ? lha ini yg jarang dipake ...
biasanya kita pake 25 sampai 30% aja.

owh bgitu ya... tp kira2 kok knapa ya mas airfoil ini jarang dipake ? bukannya airfoil ini punya CL yg bagus di AOA zero point ?
makasi ya mas jawabannya... :)
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: mohon bantuannya [nanya tentang airfoil & RC]

Post by christoffel »

masalahnya design rangka sayap nya jadi rumit, karena letak spar nya nggak di CoL.
ini kan main RC, jadi nggak mau sulit2 ...

semua airfoil flat buttom memang CL nya di AoA zero terlihat bagus karena pada AoA zero sudah menghasilkan lift.
tapi dalam aplikasi di aeromodelling, perbedaan airfoil nggak begitu nyata seperti pada pesawat sungguhan. apalagi jenis ini hanya dipakai pada pesawat trainer ...
malah banyak pabrikan yg bikin airfoil nya betul2 garis datar (buttom surface nya), nggak masuk NACA manapun ...

coba lihat pesawat2 wayang, malah pake thin airfoil aja, dan terbang nya juga bagus2 ...
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: mohon bantuannya [nanya tentang airfoil & RC]

Post by christoffel »

kalau saran saya, bikin sendiri saja sayap nya, pake airfoil sesuai yg mau di riset. trus langsung di coba maiden.

untuk riset pake wind tunnel, kalau saya dulu melakukan begini :
pesawat model saya pasang di depan mobil pake tongkat, 2m di depan mobil.
jadi aliran udaranya belum terganggu turbolensi dari body mobil.
pesawat terpasang pada ujung tongkat melalui 3 load-cell untuk mengukur momen puntir, lift, dan drag,
di sebelahnya saya pasang anemo meter buat ukur kecepatan angin.
sekarang tinggal atur throtle mobilnya mau kecepatan angin berapa ...
jangan lupa cari lokasi jalan nya yg cukup panjang tapi sepi / kosong ...
jadi deh ...
Post Reply