@Pak Dadang,
Januar ini memang jagonya F3C,Pak...saya sudah mendengar banyak akan prestasi yg telah diraih adik kita ini...
@Januar,
Dik Januar, silahkan nimbrung lho dengan hal2 yg berkaitan dengan heli...soalnya,kita semua memang pada bingung mengenai segala hal yg berkaitan dengan rotary wing..
@Mas ardiank,
T-Rex sebenarnya dapat digunakan utk para beginner atopun yg sudah pro, sekalipun...ini kalo menurut saya, karena saya dulu belajarnya langsung dengan menggunakan T-Rex 450...saat itu yg saya gunakan adalah seri T-Rex 450 XL HDE..jadi tidak ada masalah jika ingin belajar menggunakan T-Rex 450 series sekalipun..
Mengenai friendly, ini dipandang dari segi apanya dulu?..karena jika dipertanyakan mengenai ketersediaan part, jelas ALIGN part nya banyak disediakan oleh LHS2 yg ada saat ini...
Makin besar ukuran sebuah R/C heli, dapat dikatakan semakin jinak daripada seri 450..ini dikarenakan beratnya yg memang lebih berat dan bentang rotor disc yg lebih luas dari seri 450...jadi jangan dibayangkan,misalnya T-Rex 600Nitro Pro (heli engine kelas 50)akan bergerak secepat T-Rex 450 Pro..
Heli besar rata2 akan ber-reaksi lebih lamban daripada heli kelas 450...sehingga heli ini mudah utk ter-prediksi...namun tidak ada salahnya utk belajar menggunakan seri 450, krn seri 450 akan memaksa dan melatih kita sbg pilot utk memberikan respon kendali yg lebih cepat...sehingga jika ini dibiasakan, saat kita berpindah ke heli yg lebih besar nantinya,maka hal tsb akan sangat berguna..
Ini sekedar pendapat saya lho,Mas..berdasarkan apa yg saya alami sendiri...
Sedangkan pendapat dari Adik Januar, itu juga benar, karena heli kelas 50 memiliki sistem mekanis yg lebih mudah untuk di-maintenance, karena ukuran part2nya besar..dan masalah friction tidak menjadi hal yg selalu dijumpai pada heli2 seri 450..
Misalkan seri 450 yg menggunakan timming belt, akan memiliki friction yg besar antar "moving part' nya daripada heli kelas 50 yg juga menggunakan timming belt...
Jadi pada heli kelas 50,soal menggunakan timming belt atopun torque tube, tidak menunjukkan perbedaan yg terlalu mencolok...Itu salah satu point dari sisi mekanis...
Kalo saya ditanya mengenai, enak mana soal meng-handle, antara heli 450 dengan heli kelas engine kelas 50 ?..maka jawaban saya ya...heli engine kelas 50...
salam,
budiman