Yagee wrote:flysky 9ch itu sama dengan turnigy 9x ..gak ada masalah range saya dah nyoba sampai sejauh mata memandang..he..he..tapi utk memastikan sebaiknya di test range nya dulu...
phyque wrote:lakban 1 lapis aja cukup, yang penting rapi biar ngga robek pas terbang.
klo saya nerbangin WD, jarang terbang jauh. yang penting dapet angin diatas sudah uenaak puoll soalnya pernah kejadian, coba nerbangin tinggi n agak jauh...ternyata kena angin kencang diatas. WD cenderung kebawa angin, padahal udah full throttle agar WD mendekat. khawatir terbang kebawa angin, baterai cepet habis gara2 full throttle terus2an, dan semakin menjauh n loss control.
tapi semua tergantung cara terbang masing2 pilot...saya sih sukanya low pass sambil ngebut/ gliding btw, mo nerbangin dimana mas? kali brantas?
saya sekarang lebih sering terbang di perumahan dekat mertex, rencana take off n landing di jalan paving n mengudara di atas lahan kosong berumput yang sangat luas.kalo heli biasanya seperti itu mas...kalo jatuh di lapangan rumput, apalagi rumputnya tebal alias tinggi ( rumput gajah ) pengen juga di kali brantas, soale lagi kering di sebelah timurnya. biasa di pakai anak keci lmain bola di dasar sungai yang kering, luas sekali. asyik kali y? nanti lah kalo sudah lancar baru di kali brantas... tunggu hasil maidennya dulu...
kemarin hari minggu maiden WD dengan spek elektronik yang sudah di bahas di atas... maknyus, kenceng abis. pertama coba take off dari gorund, tapi WD nylonong ke kanan di counter rudder ke kiri WD nyelonong ke kiri dan begitu sebaliknya.mungkin karena landasan yang dari paving y?? akhirnya setelah coba take off dari ground berkali kali gagal, saya nekat coba hand launch. seperti suhu2 berpetuah : WD di tangan kiri, remote di kanan sambil narik elevator dan posisi throtle di tengah. WD di lempar n langsung naik...Wusss... muter2 sampe jarak +/- 50 meter selama 7 menit. tapi bingung saat mau landing. akhirnya bermodal nekat karena gak ada yang ngajari, WD mendarat di semak2 rumpuk yang tinggi dengan selamat. ganti battery dan langsung hand launch lagi dan kali nie agak sial, elevator kurang narik dan WD nyungsep. tapi coba lagi langsung Wuss naik lagi, saat mendarat juga bingung lagi. akhirnya seperti yang awal, di semak2 n landing gear bagian depan lepas. tapi mudah di repair. saat mau ganti battery ke 3 kondisi angin sudah kencang jadi di putuskan pulang aj, n minggu depan di lanjut... maaf tidak ada foto soale terbang sendirian... mungkin nti saya share foto tempat saya terbang terima kasih atas masukan dari SUHU semua
throttle up nya jangan tergesagesa om...., santaisaja , apalagi WD kan taildragger , bagian ekor dapet lift...bisa zigzag dia krn kontrolnya berubah , dari tail gear ke rudder.... ....jadi slo saja takeopnya....
saya naikan throtel pelan banget, dari berhenti awal sampe mulai jalan pelan banget. tapi itu suhu WD nya maunya belok aj...WD mulai jalan langsung belok ke kanan or ke kiri. ap tail wheel nya di lepas di ganti ama kawat aj y suhu??
ganti pake skid . boleehhh........juga , waktu rolling ,elevator tahan ke up spy ekor nempel ke ground . tail dragger memang bagus buat ngelatih reflek jempol kiri (rudder)
itu pasti side trust nya kurang om ...coba di perhatikan dari atas harusnya motor sedikit miring ke kanan..karena pakai prop besar ( 8x6)...coba sekrup motor bl bagian kanan di ganjal satu ring...untuk ROG sebaiknya posisi throttle di bawah 80 % dan ketika sudah mengudara kurangi lagi sedikit diatas 50%..ingat anda masih menggunakan motor KV 1200 kalo di hajar full throttle pesawat itu saat belum lepas dari efek gravitasi maka akan tetap pontang - panting...sedangkan kalo speed belum mencukupi anda sudah buru2 angkat elevator maka yg terjadi biasanya sayap akan membanting ke kiri....
saran saya kalo memang sudah berani hand launch sebaiknya pakai cara itu saja tapi dengan catatan melemparnya jangan di hentak.. dan begitu wd mengudara segera kurangi kecepatannya menjadi diatas 50% saja
motor harus miring ke kanan itu di laihat dari depan pesawat atau dari belakang om? apa posisi kita melihat harus searah dengan arah motor alias berhadapan dengan pesawat?? terima kasih atas masukan dari para suhu