Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by toto »

ikut sekalian buka buku catatan ah untuk minta koreksi dari suhu iwan21 :

1. tidak seluruh pesawat dengan high wing merupakan pesawat trainer
2. tidak seluruh pesawat dengan low wing merupakan pesawat high performance

karena ada syarat dan ketentuan yang berlaku terus ada juga varian yang lain dimane namanya mid wing ame double wing yang nanti saya mau ngelmu sama wak suhu iwan21 yang punya resep nya ......... :tlt

lanjut suhu iwan21 saya duduk manis menyimak sambil seperti biasa ..................... :ide

salam
User avatar
yudhie
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 104
Joined: 28 Jan 2011, 00:39
Location: Tanjung Redeb - Berau, Kal-tim
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by yudhie »

serlata wrote:
iwan21 wrote:Ini yg saya tau ( mohon koreksi kalo salah)
Panjang badan :
- makin panjang makin lurus terbangnya, tapi juga gak bisa panjang banget entar malah susah belok , patokan umun sih panjang badan = 75% panjang sayap

Panjang sayap
Makin panjang bentang sayap, makin pelan terbangnya sebab dragnya gede
patokan umum panjang sayap 125% panjang badan ( kesuali glider)

perbandingan panjang dan lebar sayap
kao ini biasa disebut aspect ratio, makin gede rationya makin gede glide rationya
patokan umum utk sayap non delta adalah antara 1:4 sampe 1:10 ( glider)

glide ratio : jarak luncur pesawat dibandingin penurunan ketinggian
misal disebut glide ratio 1: 1, artinya setiap pesawat meluncur (tanpa power) sejauh satu meter, maka penurunan ketinggian yg terjadi juga 1 meter


wah lgsg "case closed" nih klo Om Iwan21 dah turun.. :tlt :tlt
diperpanjang deh topiknya ya suhu,, diatas kn cm contoh, maap ya suhu supaya bner2 lengkap.
lowwing, highwing gmn om? sy cm tauny highwing bwaanny keatas trus trbangny klo lowwing mauny dive trus? bner gak tuh om? sekali lg trlepas dr hal2 lain ya..
trus penempatan (aduh gak tau istilahny) syap blkg baik itu sejajar sm syap depan, diatas ato dibwh syap depan efekny apa ya om? dan patokany sejajar syap depan apa sejajar fuselage ato sejajar mtor (thrust 0)
dan lain2 yang bs dishare brkaitan topik monggo suhu, bner2 butuh nih nubi kyk sy..


terima kasih.. :thx



Sekalian mohon pencerahan dr suhuers sekalian mengenai sayap dgn posisi dihedral, apakah pswt high wing mesti menggunakan sayap dihedral..? :thx
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by NF »

yudhie wrote:
serlata wrote:
iwan21 wrote:Ini yg saya tau ( mohon koreksi kalo salah)
Panjang badan :
- makin panjang makin lurus terbangnya, tapi juga gak bisa panjang banget entar malah susah belok , patokan umun sih panjang badan = 75% panjang sayap

Panjang sayap
Makin panjang bentang sayap, makin pelan terbangnya sebab dragnya gede
patokan umum panjang sayap 125% panjang badan ( kesuali glider)

perbandingan panjang dan lebar sayap
kao ini biasa disebut aspect ratio, makin gede rationya makin gede glide rationya
patokan umum utk sayap non delta adalah antara 1:4 sampe 1:10 ( glider)

glide ratio : jarak luncur pesawat dibandingin penurunan ketinggian
misal disebut glide ratio 1: 1, artinya setiap pesawat meluncur (tanpa power) sejauh satu meter, maka penurunan ketinggian yg terjadi juga 1 meter


wah lgsg "case closed" nih klo Om Iwan21 dah turun.. :tlt :tlt
diperpanjang deh topiknya ya suhu,, diatas kn cm contoh, maap ya suhu supaya bner2 lengkap.
lowwing, highwing gmn om? sy cm tauny highwing bwaanny keatas trus trbangny klo lowwing mauny dive trus? bner gak tuh om? sekali lg trlepas dr hal2 lain ya..
trus penempatan (aduh gak tau istilahny) syap blkg baik itu sejajar sm syap depan, diatas ato dibwh syap depan efekny apa ya om? dan patokany sejajar syap depan apa sejajar fuselage ato sejajar mtor (thrust 0)
dan lain2 yang bs dishare brkaitan topik monggo suhu, bner2 butuh nih nubi kyk sy..


terima kasih.. :thx



Sekalian mohon pencerahan dr suhuers sekalian mengenai sayap dgn posisi dihedral, apakah pswt high wing mesti menggunakan sayap dihedral..? :thx




....nah , ndak selalu pesawat dgn konfigurasi 'hi wing' pake dihedral , krn dihedral adl satu bagian dari "self stabilizing" alias kalo miring sayap akan terkoreksi utk leveling sendiri (asas bandul selalu di bawah / kelereng di bidang cekung)


...para suhu ,pls koreksi kalo salah :D
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by iwan21 »

ikut menyimak dulu , boleh ya?
User avatar
emilhp
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 738
Joined: 27 Oct 2008, 15:22
Location: Pangkalan Kerinci-Pelalawan - Riau
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by emilhp »

Saya ikut remedial ah . . duduk manis . .
User avatar
yudhie
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 104
Joined: 28 Jan 2011, 00:39
Location: Tanjung Redeb - Berau, Kal-tim
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by yudhie »

NF wrote:....nah , ndak selalu pesawat dgn konfigurasi 'hi wing' pake dihedral , krn dihedral adl satu bagian dari "self stabilizing" alias kalo miring sayap akan terkoreksi utk leveling sendiri (asas bandul selalu di bawah / kelereng di bidang cekung)
...para suhu ,pls koreksi kalo salah :D


Dengan kata lain dihedral pada pesawat trainer yg identik dgn high wing harus mempunyai kriteria ini pd sayapnya ya, fungsix memudahkan pilot, apa begitu oom ...? :-k :-k CMiIW..
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by NF »

memudahkan , apalagi kalo pake 3 ch alias tanpa aileron , kalo pake aileron , sudut dihedral bisa di kurangi krn adanya aileron utk koreksi scr manual (auto kalo pake gyro ~ tapi terbangnya ??????)
User avatar
serlata
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 19 May 2011, 09:02
Location: Tegal
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by serlata »

ow, bru paham bgitu ya mekanisme dihedral suhu,, thnks bner bwt pncerahanny Suhu NF..

nah ngbahas kt2 suhu Toto paling atas,,
gak smua high wing itu trainer, dan gak smua low wing itu high performance..
mohon dijabarin lbh lengkap suhu toto,, emg kalo sy liat di simulator, di kelas trainer ada yg hi wing, ada jg yg low wing,, knp masuk kategori trainer, apa cuma krn ukuruan wingtip (mhon dikoreksi namanya) yang kecil, serta sudut pergerakan yang sdkit,, apa ada bentuk yang mempengaruhi pswat2 trsebut msuk kategori trainer,, misal posisi syap belakang, ato ukuran stabilo ato laen2..

terima kasih..
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by toto »

om suhu pa'de NF dan wak suhu iwan21 tulung dong selesaikan penjelasan terkait dengan ............. tidak semua high wing itu trainer, dan tidak semua low wing itu high performance, kok bisa begitu ya suhu ........ :tlt ............. soalnya kalau saya sih cuman korban praktisi saja loh teorinya kagak ngarti ............... suhu please dong deh bantu jelaskan ............... :whoaa

salam
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by NF »

paling gampangnya ....:
kelas entry level , alias pesawat dasar / trainer : handling mudah, badak / tahan banting dan biaya operasional rendah / murah.
kelas medium / intermediate : mulai gesit / lincah , tahan banting , bisa akrobat yg mulai rada"aneh-aneh" , rada murah (tapi lebih mahal drpd trainer)
kelas advance : .....seperti itulah....(you named it lah dewe........) :D
Post Reply