Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by iwan21 »

toto wrote:om suhu pa'de NF dan wak suhu iwan21 tulung dong selesaikan penjelasan terkait dengan ............. tidak semua high wing itu trainer, dan tidak semua low wing itu high performance, kok bisa begitu ya suhu ........ :tlt ............. soalnya kalau saya sih cuman korban praktisi saja loh teorinya kagak ngarti ............... suhu please dong deh bantu jelaskan ............... :whoaa

salam



ampuun Wak
:whoaa :whoaa :whoaa

gak semua high wing itu trainer, gak semua low wing itu high performance
( saya agak bingung ngejelasin yg ini, secara saya ini cuman penerbang slow flyer aja)

paling gampang liat aja pake dihedral dan aileron apa enggak,
- kalo pake dihedral dan tanpa aileron maka itu trainer
- kalo pake dihedral dan pake aileron, disebut aileron trainer
- kalo tanpa dihedral ( dan pasti pake aileron) , maka itu bukan trainer
- tanpa dihedral dan tanpa aileron, jempol bakalan keriting, keringet bakalan segede jagung ( belok dikit langsung melintir sebabnya wakakakakaka)
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by toto »

wak suhu iwan21 aja binun apalagi saya ............. :whoaa

tapi gini deh intinya ini kan untuk meluruskan kekurang tepatan pandangan terhadap jenis pesawat khusus nya terkait dengan istilah trainer itu aja kok, contoh nya adalah cessna 182 foamy banyak mengatakan bahwa pesawat itu adalah pesawat kelas trainer, ada benernya juga sih tapi sayang yang pernah saya dengar itu kayanya belum tuntas menjelaskan istilah trainer yang dilekatkan ke si cessna 182 itu yang akhirnya berbuntut ...... :hah

jadi saran saya kayanya masih perlu ada penjelasan yang lebih luas terkait dengan istilah trainer ini agar nantinya bagi yang ingin bergabung dalam dunia hobby aeromodelling ini lebih bisa menikmati dalam merencanakan dalam memilih pesawat yang akan dimilikinya dan lebih jelas penjejangan dalam berlatih dalam rangka untuk menghindari merogoh kocek yang berulang-ulang yang buntutnya malah nanti bikin kapok aja ...... :pis

nah mohon kiranya apabila pandangan saya ini tidak sesuai dengan apa adanya ya apalagi dan tidak bukan mohonkan maaf

salam
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by iwan21 »

Nah sesuai ama pituah Wak Toto diatas, kita perlu tau dulu definisi trainernya supaya kagak jadi bingung ( dari pada gobrak gabruk kaga jelas)

Trainer nya kan juga jadi macem2 nih
1. pesawat trainer yg memang utk pemula yg baru belajar terbang
a. rata2 3 channel
b. terbang pelan/slow flyer
c. power terbatas
d. sayap tebal dg airfoil flat bottom
contoh kelas ini ya WD 3ch , dll

2. trainer utk tingkat lanjut ( umumnya udah tamat WD, bukan apa2 , saya ambil contoh WD aja karena secara umum WD lah yg paling banyak dipake utk pemula)
a. udah 4 channel, dg aileron
b, terbang lebih kenceng dari WD 3 ch
c. power berlebih
d. sayap tebal dg airfoil semi simetris
contohnya : WD 4ch dll

3. trainer utk belajar manuver
a. 4 channel juga
b. power berlebih
c. sayap tipis semi simetris
contohnya Cessna 182, dll

nah utk yg high performance rata2 udah pake sayap dg airfoil simteris ( mohon koreksi kalo salah)

lah terus ada lagi kan trainer utk belajar tridi,dll, ( saya gak tau lagi tarienr2 model lain, ilmunya gak sampe situ)
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by toto »

nah nambahin dikit aja soal tariner untuk tridi yang bener2 very very very low cost alias bener2 murah pake aja mid wing planker foamy yang tidak membutuhkan area luas untuk berlatih kan takeoff dan landing bisa di tangkep ............ :wk3 .......... malah bisa bikin sendiri kan kalau crok tinggal potong lagi dan namanya toko foam alias gabus alias depron masih tetep buka kok jadi amankan nah dari situ baru beranjak ke yang harganya mulai menanjak juga .................. :wek

salam
User avatar
aseperyana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 21 Jun 2011, 23:07
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by aseperyana »

iwan21 wrote:Ini yg saya tau ( mohon koreksi kalo salah)
Panjang badan :
- makin panjang makin lurus terbangnya, tapi juga gak bisa panjang banget entar malah susah belok , patokan umun sih panjang badan = 75% panjang sayap

Panjang sayap
Makin panjang bentang sayap, makin pelan terbangnya sebab dragnya gede
patokan umum panjang sayap 125% panjang badan ( kesuali glider)

perbandingan panjang dan lebar sayap
kao ini biasa disebut aspect ratio, makin gede rationya makin gede glide rationya
patokan umum utk sayap non delta adalah antara 1:4 sampe 1:10 ( glider)

glide ratio : jarak luncur pesawat dibandingin penurunan ketinggian
misal disebut glide ratio 1: 1, artinya setiap pesawat meluncur (tanpa power) sejauh satu meter, maka penurunan ketinggian yg terjadi juga 1 meter


turut menyimak deh suhu... :tlt :tlt :tlt
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by christoffel »

seperti yg suhu NF bilang, namanya Trainer artinya pesawat itu baik untuk berlatih.
jadi semua yg menunjang "self stabilized" ataupun yg bakal memudahkan diusahakan terpasang.
antara lain :
1. supaya terbang nya bisa pelan (memberi kesempatan berpikir lebih panjang) : High Lift
- Luas sayap besar
- Flat buttom
- Ringan (tanpa aileron kan mengurangi berat juga dan mengurangi satu variabel control yg harus dipelajari)
2. self stabilized :
- Dihedral (fungsi rudder di mixing ke aileron)
- sumbu putar rudder dibuat miring ke belakang (lupa namanya apa) supaya fungsi rudder di mixing ke elevator juga
- down thrust (throtle di mixing ke elevator)
- right thrust (throtle di mixing ke rudder)
- High wing (auto aileron) fungsinya seperti pegas pada stick aileron di TX yg pengennya selalu kembali ke tengah.
3. fail safe (ini yg paling penting)
- ada pelatih yg mendampingi pada saat berlatih. kalau udah ada pelatih di samping pilotnya, sudah pasti namanya trainer, apapun jenis pesawatnya. betul kan ... :) :)
User avatar
serlata
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 19 May 2011, 09:02
Location: Tegal
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by serlata »

wah suhu2 pada turun gunung,, asik2...
oke trima ksih suhu2,, pnjelasan ttg pswat sperti ap yang msuk kategori trainer sudah agak sy phami..
back to topic suhu.. efek bntuk pswat ke karakter trbang..
lbh di fokuskan pd pswat homemade.. biar nubie ky sy jd bisa menetukan mo bwt pswat brkarakter sprti apa tanpa hrus ngandelin plan..
smentara ini sy simpulkan aj ya suhu yang saya tangkep.. mohon dikoreksi

1. panjang fuselage (patokan 75% dari pnjg syap) : lbh panjang makin lurus tapi makin mngurangi control rudder, lbh pndek trlalu agile
2. panjang syap (125% dr fuse): lbh panjang makin slow trbangny, makin glide jg,, kalo lbh pndek bisa2 wingloading gak mncukupi
3. bntuk airfoil : flat bottom untuk slow flyer,, klo mo ngebut pake airfoil simetris
4. ktebelan syap: makin tebel jelas makin gede dragny ( mohon suhu kalo ada patokan umumny)
5. dihedral: fungsi self stabilized
6. posisi syap belakang, baik sejajar / diatas / dibwh syap depan? .....
7. luas syap belakang? ....
8. Luas vertical fin (syap rudder)??
9. DLL? ....

trima kasih suhu2 atas pncerahanny :thx
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by toto »

lebih asyik lagi kalau dipraktekan jadi learning by doing akan lebih meresap tuh ilmu dibandingkan baca atau diskusi terus entar keburu puyeng buntut nya enggak jadi apa2 loh ............. ini kalau saya tapi kalau untuk suhu serlata ya enggak lah pasti jadi intinya yang udah2 pengalaman akan berbicara nantinya

ditunggu karyanya dan mohon untuk di posting juga step by step apa yang dikerjakan biar kita khususnya saya juga bisa ikut belajar, terima kasih sebelumnya

salam
User avatar
serlata
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 19 May 2011, 09:02
Location: Tegal
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by serlata »

toto wrote:lebih asyik lagi kalau dipraktekan jadi learning by doing akan lebih meresap tuh ilmu dibandingkan baca atau diskusi terus entar keburu puyeng buntut nya enggak jadi apa2 loh ............. ini kalau saya tapi kalau untuk suhu serlata ya enggak lah pasti jadi intinya yang udah2 pengalaman akan berbicara nantinya

ditunggu karyanya dan mohon untuk di posting juga step by step apa yang dikerjakan biar kita khususnya saya juga bisa ikut belajar, terima kasih sebelumnya

salam


hehe,, ampun suhu toto..
sy ada embel2 suhu dari mana itu,, ini aj bru maen pswat om.. hehe, suhu toto bisa aj..
mo posting2 hasil kerajinan tangan,, ya maklum aj suhu, OLny cm dr hape.. jd susah deh klo yang pke poto2..
crita dkit aj ya suhu.. mulai kenal pswat gr2 join forum kita trcinta ini, tdny mo nimba ilmu heli, mlah mlenceng dkit2.. jd baru 1blanan knal nih racun..
smpe saat ini dah bkin 4 pswat,,
pertama bkin extra 300 cm jadiny kekecilan+kberatan, wingloading gak mencukupi bwt trbang, akhirny bkin delta aj yang gak mkan waktu, udh nyman di delta,, beralih ke stick flyer yang agak gampang jg installny..
cm ya itu kendala bwt sya,, bkin2 tanpa plan,, jd krkterny gak tentu,, mo posting gambar rada susah bwt minta pncerahahn di sini,, jd ya sy bkin trit ini aj, stidakny biar sy dapet pngetahuan dasar pngenalan bntuk2 pswat disertai krkter trbangny..

thanks suhu atas responny..
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Keterkaitan antara bentuk dengan karakter pesawat

Post by toto »

waduh rupanya sudah bikin 4 pesawat ya dan disitulah pelajaran yang sebetulnya paling banyak terserap karena bisa langsung dirasakan dan dikoreksi dari apa yang tadinya cuman dibayangkan menjadi kenyataannya, soal apakah bisa tercapai seperti yang diangan-angankan itu soal lain yang penting kan kita bisa tahu langsung kenapa kok apa yang dibayangkan tidak seperti apa jadinya dan dari sini kita punya pengalaman yang tidak bisa dihitung nilainya bagaimana mengoreksinya agar menjadi sesuai yg apa yang di bayang sebelumnya dan untuk ini saya enggak salah dong saya memanggil dengan sebutan suhu karena terus terang saja saya s/d saat ini baru bisa bikin 1 pesawat doang dan ini pun sampe ber darah2 ............... :whoaa .................... tapi alhamdulillah bisa terbang juga setelah menghabiskan obat merah dan obat masuk angin karena waktu motong telunjuk ikutan kepotong juga ampe lupa makan kebanyakan ngudut makanya ampe masuk angin ............... :whoaa

sukses untuk om suhu serlata ..... teruskan berkarya nya semoga makin banyak yang ketularan di tegal sekalian untuk menunjukkan bahwa hobby aero ini sebetulnya tidak mahal semuanya sangat tergantung darimana sisi pandangnya dan kepuasan dari masing2 penggemarnya ................. :plk

salam
Post Reply