Maaf om buka topik baru... dah dicariin gak nemu. gini om problemnya : saya baru beli WD 4Ch second dari temen, waktu mo terbang perdana (untuk saya..he.he) saya cek battery Ni-MH 1000mAh voltasenya diposisi 10.20v. rencananya mo take off dari bawah, eh... pas throttle saya naikin sampe full, tuh pesawat cuma gerak dikit aja. apa dengan kondisi battery seperti itu gak kuat untuk terbang. terus voltase maximum ntuk battery Ni-Mh 1000mAh berapa ya om. dan bisa terbang berapa lama? untuk voltase minimum nya berapa biar battery awet. sebelumnya saya pake battery Li-po untuk heli. Voltase maximum setelah full charge 4.10V dan minimum yang disarankan berkisar antara 3.6-3.7V (ini yang saya lakuin lho om). kalo untuk batery Ni-Mh belum ada pengalaman. mohon sharing ilmunya om untuk saya yang newbie Thx...
memperhatikan uraian om JEFRRY bisa jadi masalahnya bukan hanya di baterai NiMH saja tidak tertutup motornya juga sudah lemah karena brush pada motor sudah tidak optimal, seharusnya kalau semuanya kondisinya masih bagus bisa terbang kok cuman ya begitulah kalau takeoff perlu jarak panjang dan rada bolot, maka biar terbangnya enak dan katanya sudah punya baterai lipo 3s untuk itu saya sarankan motor WD nya di ganti pakai BL seandainya masih pakai motor brush dan konsekwensinya esc juga harus ganti juga dan saat ini paket BL+ESC utk WD terjangkau kok ~ maks 250rb
soal baterai lipo full charge hanya mencapai 4.10v per cell nya menandakan bahwa si lipo sudah tidak dalam kondisi prima tapi kalau untuk menerbangkan WD masih okay kok kalau untuk nerbangin heli jamin baru hover sebentar akan ngempos dan soal penggunaan apabila tegangan mencapai 3.7v tidak dipaksa terbang lagi sudah benar, untuk mencoba merecover si lipo coba dicharge dengan memberikan asupan arus yang rendah sekitar 10-20% dari kapasitas lipo alias slow charge semoga sang lipo bisa kembali seger walau tidak bisa optimal seperti baru
demikian saran yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan apabila tidak benar adanya mohonkan maaf karena saya juga masih belajar juga
ini baterenya yg 6 sel ,7 sel apa yg 8 sel ya? (NiMH WD ada 3 macem sebabnya, tapi yg paling umum yg 7 dan 8 sel)
nah cara ngitungnya per sel NiMH kalo full = 1,4 Volt kalo 6 sel = 6 x 1,4 = 8.4 Volt kalo 7 sel = 7 x 1,4 = 9.8 Volt kalo 8 sel = 8 x 1,4 = 11.2 Volt
nah kalo liat statsunya yg 10,2 Volt, diduga ini yg 8 sel, kalo yg 8 sel artinya pengisian belum maksimal tuh makanya rpm motornya kurang
utk NiMh sendiri perlakuanna beda dg Lipo, kalo Lipo bisa semaunya di charge, kalo NiMH harus habis dulu baru boleh dicharge, dan sekali2 harus di discharge dan dicharge ( recycle)
mau tanya nih suhu iwan21 sekalian untuk memperbaiki buku catatan saya, bukannya yang enggak boleh semau2nya di charge itu NiCD karena doi mempunyai memeory effect sedangkan kalau yg NiMH boleh kapan saja cuman yang harus diperhatikan besar arus dan lama waktu charge nya saja yang harus ketat dalam arti kata tidak disrankan charging menggunakan methoda auto kaya lipo karena kalau dilakukan pelanggaran malah bisa ngerusak si baterai baik utk NiCD maupun NiMH
mohon maaf suhu ya beneran loh ini saya tanya supaya baterai2 jadul saya awet nih karena saya gunakan juga untuk sumber tenaga flash ............. ma kasih suhu ya
Nah ini dia Wak, NiMh ada yg bilang boleh ada yg bilang jangan nah daripada entu batere lama2 ko'it akibat salah urus, aye pake patokan NiCD aje deh supaya aman
wah sekarang ngga jamannya nimh om... pake li-po aja... paling ngga 2cell lah... idealnya sih 3cell.. kalo masih pake nimh+brush motor saya juga ngeri... bukan karena sulit nerbanginnya, tapi powernya memang ngga ada... kena angin dikit aja WD bisa nyungsep ke tanah...
sip terima kasih atas sarannya kalo menggitu ya entuh perawatan si NiMH akan saya samain sama sodara tuanya si NiCD dari pada dari pada makanya ..................
iwan21 wrote:ini baterenya yg 6 sel ,7 sel apa yg 8 sel ya? (NiMH WD ada 3 macem sebabnya, tapi yg paling umum yg 7 dan 8 sel)
nah cara ngitungnya per sel NiMH kalo full = 1,4 Volt kalo 6 sel = 6 x 1,4 = 8.4 Volt kalo 7 sel = 7 x 1,4 = 9.8 Volt kalo 8 sel = 8 x 1,4 = 11.2 Volt
nah kalo liat statsunya yg 10,2 Volt, diduga ini yg 8 sel, kalo yg 8 sel artinya pengisian belum maksimal tuh makanya rpm motornya kurang
utk NiMh sendiri perlakuanna beda dg Lipo, kalo Lipo bisa semaunya di charge, kalo NiMH harus habis dulu baru boleh dicharge, dan sekali2 harus di discharge dan dicharge ( recycle)
Battery nya yang 8 cell om... jadi harus dikuras dulu batterynya sampe habis, baru dicharger kembali. kalo dengan kondisi 10.2v langsung dicharger bisa gak om iwan? terus maksudnya di discharge di apain ya om?
iwan21 wrote:Nah ini dia Wak, NiMh ada yg bilang boleh ada yg bilang jangan nah daripada entu batere lama2 ko'it akibat salah urus, aye pake patokan NiCD aje deh supaya aman
sekedar menambahi saja, yang udah saya coba di rc car, NIMH kadang2 perlu di discharge. Kl habis di discharge, rasanya ampere yg masuk lebih banyak dan durasi main lebih lama
iwan21 wrote:Nah ini dia Wak, NiMh ada yg bilang boleh ada yg bilang jangan nah daripada entu batere lama2 ko'it akibat salah urus, aye pake patokan NiCD aje deh supaya aman
sekedar menambahi saja, yang udah saya coba di rc car, NIMH kadang2 perlu di discharge. Kl habis di discharge, rasanya ampere yg masuk lebih banyak dan durasi main lebih lama
CMIIW
ah masa sih suhu setyo sekarang sudah punya charger yang bisa auto discharge malah kok jadi jarang main dibandingkan dulu waktu masih pakai manual charger ......... apa gara2 keseringan di discharge si baterai malah jadi lemah ya ...........