Nah 1 lagi nih Suhu2, dari tractor propeller ke pusher propeller pemasangan propellernya sama menghadap luar atau di type pusher jadi menghadap dalam yg ada tulisannya? atau hanya + dan - yg ke ESC aja yg dituker. Mohon infonya, karena sy coba sama persis dgn tractor kok anginnya ga begitu kencang.
simanjuntak wrote:Nah 1 lagi nih Suhu2, dari tractor propeller ke pusher propeller pemasangan propellernya sama menghadap luar atau di type pusher jadi menghadap dalam yg ada tulisannya? atau hanya + dan - yg ke ESC aja yg dituker. Mohon infonya, karena sy coba sama persis dgn tractor kok anginnya ga begitu kencang.
yg ada tulisannya tetep menghadap keluar, dg putaran kebalikan dari prop normal (kalo yg ada tulisannya madep dalem ya kayak diatas yg saya tebelin itu hasilnya )
simanjuntak wrote:Nah 1 lagi nih Suhu2, dari tractor propeller ke pusher propeller pemasangan propellernya sama menghadap luar atau di type pusher jadi menghadap dalam yg ada tulisannya? atau hanya + dan - yg ke ESC aja yg dituker. Mohon infonya, karena sy coba sama persis dgn tractor kok anginnya ga begitu kencang.
saya pernah pakai prop tractor jadi pusher. cekungan prop mengahadap keluar. dengan putaran motor kebalikan tractor. seperti pada WD.
Last edited by deninabil on 05 Oct 2011, 09:38, edited 3 times in total.
[quote="toto"]coba saya pancing elmunya wak suhu iwan21 nih ..... itu tuh kan ada prop yang pake kode SF terus ada juga yang dikasih kode A, atawa B, atawa C, atawa D ................. itu apa artinya ya wak suhu, ayo dong bagi2 dong elmunya sekalian apa dimana beda enaknya prop bahan plastik banding yang dari bahan kayu sama banding lagi bahan CF
mumpung ada yang memulai soal menyeol propeller neh ............... halo suhu2 yang lain bagi elmunya dong untuk ngisi buku pelajaran serba serbi dan pernak pernik aeromodelling ............. pelase deh ...... ... ...
nah lo ... tambah bingung kan om simanjuntak ... gini aja ... coba dulu sembarang, trus coba lagi di balik, mana yg lebih kuat dorongnya ya itu yg benar ...
kalau nggak mau coba2, dilihat saja airfoilnya, seperti bentuk airfoil pesawat, nggak mungkin kebalik atas bawah nya kan. nah di propeller juga gitu, bentuk airfoilnya kalau berputar harus maju, nggak boleh mundur .... trus sisi atas airfoil nya harus menghadap depan. misalnya, airfoilnya flat butom (pada umumnya) maka sisi yg flat menghadap belakang, sedangkan sisi yg cembung menghadap ke depan (arah thrust). ini berlaku untuk semua jenis propeller, tracktor maupun pusher ...
Redblur wrote:lalu kalo untuk konfigurasi motor yang ada di sayap kiri-kanan, kan salah satunya di set untuk contra rotating. Itu kalau di elektrik dan engine bagaimana caranya ya? apa utk Elektrik pake prop pusher lalu di reverse putaran motornya?
Saya punya Sky bus putaran motornya sama2 kekanan dan saya pakai prop seragam, terbangnya baik2 saja. Jadi menurut pengalaman yang saya punyai pesawat yang pakai dua motor (kiri-kanan) tidak perlu pakai prop yang bedrlawanan........... ini gambarnya :