Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
- Kiki_54
- First Lieutenant
- Posts: 1448
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
Maafkan jika topik ini pernah dibahas sebelumnya, tapi saya belum perhan membacanya.
Seperti diketahui bahwa KAC sudah lama kehilangan tempat terbang yang nyaman (yaitu LANUD Penggung) sehingga sekarang menjadi berpindah pindah tempat (seperti perambah hutan, hehehehe).....mencari tempat yang cocok untuk latihan dan akhirnya memilih lapangan bola Taman Kota yang letaknya diujung landasan Lanud Penggung.
Karena lapangan bolanya tidak terlalu panjang maka waktu saya test landing Pilatus Porter PC 6 landing diujung timur baru berhenti diujung barat, nyaris menghantam trotoar.
Dengan bantuan suhu Darwin Radio telah diseting aktifkan Plaperon namun saya belum tahu apa yang akan terjadi pada pesawat ketikan pesawat akan landing saya aktifkan Plapnya?
Kepada para suhu dan teman2 tolong berikan penjelasan apa yang harus saya waspadai agar penggunaan plap ini berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.(pesawat bisa landing dengan baik dan dengan jarak landasan yang tidak terlalu panjang)
Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.
Salam..........
Seperti diketahui bahwa KAC sudah lama kehilangan tempat terbang yang nyaman (yaitu LANUD Penggung) sehingga sekarang menjadi berpindah pindah tempat (seperti perambah hutan, hehehehe).....mencari tempat yang cocok untuk latihan dan akhirnya memilih lapangan bola Taman Kota yang letaknya diujung landasan Lanud Penggung.
Karena lapangan bolanya tidak terlalu panjang maka waktu saya test landing Pilatus Porter PC 6 landing diujung timur baru berhenti diujung barat, nyaris menghantam trotoar.
Dengan bantuan suhu Darwin Radio telah diseting aktifkan Plaperon namun saya belum tahu apa yang akan terjadi pada pesawat ketikan pesawat akan landing saya aktifkan Plapnya?
Kepada para suhu dan teman2 tolong berikan penjelasan apa yang harus saya waspadai agar penggunaan plap ini berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.(pesawat bisa landing dengan baik dan dengan jarak landasan yang tidak terlalu panjang)
Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.
Salam..........
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
Sharing pengalaman dikit..
Ini system utk fullspan flap ya om? artinya aileron sekaligus berfungsi jadi flap kan?
Kadang make Flaperon justru bikin pesawatnya terlalu nge-float dan nge-flare ngga mau turun2 om...
Kalo lap pendek jangan Flaperon tapi pake "airbrake"... pake program mixing, posisi aileron semua diangkat keatas sebagai "brake"...
salam,
AA
Ini system utk fullspan flap ya om? artinya aileron sekaligus berfungsi jadi flap kan?
Kadang make Flaperon justru bikin pesawatnya terlalu nge-float dan nge-flare ngga mau turun2 om...
Kalo lap pendek jangan Flaperon tapi pake "airbrake"... pake program mixing, posisi aileron semua diangkat keatas sebagai "brake"...
salam,
AA
- danielgti
- Senior Master Sergeant
- Posts: 535
- Joined: 16 Jan 2011, 09:19
- Location: Bekasi Timur
Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
Kiki_54 wrote:Maafkan jika topik ini pernah dibahas sebelumnya, tapi saya belum perhan membacanya.
Seperti diketahui bahwa KAC sudah lama kehilangan tempat terbang yang nyaman (yaitu LANUD Penggung) sehingga sekarang menjadi berpindah pindah tempat (seperti perambah hutan, hehehehe).....mencari tempat yang cocok untuk latihan dan akhirnya memilih lapangan bola Taman Kota yang letaknya diujung landasan Lanud Penggung.
Karena lapangan bolanya tidak terlalu panjang maka waktu saya test landing Pilatus Porter PC 6 landing diujung timur baru berhenti diujung barat, nyaris menghantam trotoar.
Dengan bantuan suhu Darwin Radio telah diseting aktifkan Plaperon namun saya belum tahu apa yang akan terjadi pada pesawat ketikan pesawat akan landing saya aktifkan Plapnya?
Kepada para suhu dan teman2 tolong berikan penjelasan apa yang harus saya waspadai agar penggunaan plap ini berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.(pesawat bisa landing dengan baik dan dengan jarak landasan yang tidak terlalu panjang)
Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.
Salam..........
Wah Abah ilmunya udah tingkat tinggi nich , ikut menyimak . . .

- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
AgoesAurelz wrote:Sharing pengalaman dikit..
Ini system utk fullspan flap ya om? artinya aileron sekaligus berfungsi jadi flap kan?
Kadang make Flaperon justru bikin pesawatnya terlalu nge-float dan nge-flare ngga mau turun2 om...
Kalo lap pendek jangan Flaperon tapi pake "airbrake"... pake program mixing, posisi aileron semua diangkat keatas sebagai "brake"...
salam,
AA
dan jangan lupa di mixing juga dengan elevator ....................


salam
- muchtar
- Staff Sergeant
- Posts: 252
- Joined: 25 Feb 2008, 12:48
- Location: indramayu
- Contact:
Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
toto wrote:AgoesAurelz wrote:Sharing pengalaman dikit..
Ini system utk fullspan flap ya om? artinya aileron sekaligus berfungsi jadi flap kan?
Kadang make Flaperon justru bikin pesawatnya terlalu nge-float dan nge-flare ngga mau turun2 om...
Kalo lap pendek jangan Flaperon tapi pake "airbrake"... pake program mixing, posisi aileron semua diangkat keatas sebagai "brake"...
salam,
AA
dan jangan lupa di mixing juga dengan elevator ............................................ kalau enggak entar jadinya ...............
![]()
salam
Pak De Totot ,.....kalau pesawat yang ga ada airbrake , kan cuma flaperon aja...... jadi ngeset nya di mix dengan elevator sebagai break nah itu ngesetnya mesti gimana tuh PAk....



- setyo antarikso
- Senior Airman
- Posts: 136
- Joined: 01 Apr 2008, 12:33
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
AgoesAurelz wrote:Sharing pengalaman dikit..
Ini system utk fullspan flap ya om? artinya aileron sekaligus berfungsi jadi flap kan?
Kadang make Flaperon justru bikin pesawatnya terlalu nge-float dan nge-flare ngga mau turun2 om...
Kalo lap pendek jangan Flaperon tapi pake "airbrake"... pake program mixing, posisi aileron semua diangkat keatas sebagai "brake"...
salam,
AA
bisa juga pakai aileron rudder berlawanan. Jadi pesawat ngerem sambil maburnya mencong, pas udah approach landing mendadak turun deh speednya.
Tapi bukannya pilatus bisa pelan banget landingnya ya suhu abah Kiki?
- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
Udah dibantu suhu Darwin ya pak dhe. Selamat terbang and happy landing.
- richard
- Technical Sergeant
- Posts: 304
- Joined: 13 Aug 2008, 18:15
- Location: Jakarta, Bali
- Contact:
Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
Ikut urun pak de Kiki,
Sewaktu fungsi flap diaktifkan, throttle management harus prima. Sehingga bisa dapat kondisi dimana pesawat floating dan touch down persis di landasan. Terlalu banyak throttle pesawat jadi naik, terlalu sedikit malah under shoot dari landasan.
Sewaktu fungsi flap diaktifkan, throttle management harus prima. Sehingga bisa dapat kondisi dimana pesawat floating dan touch down persis di landasan. Terlalu banyak throttle pesawat jadi naik, terlalu sedikit malah under shoot dari landasan.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
dicoba di atas dulu ....
flypass agak tinggi dg throtle kira2 pas2-an sebelum stall ditambahin dikit,
aktifkan flap (sudah dg mixing elevator up sedikit),
atur mixing elevator up secukupnya. usahakan kadar elevator sedemikian sehingga pesawat agak ngangkat dikit hidungnya ...
throtle juga di atur agar pesawat hanya bisa up hidungnya saja tapi tidak gain altitude.
dibawah saja : atur juga setting untuk airbrake (flap negatif) maximum (mixing dg elevator down).
setting selesai.
coba lakukan fly pass dg flap aktif tadi beberapa kali, semakin lama semakin rendah.
kalau sudah PD, coba landing ...
lakukan landing approach tanpa flap dulu, setelah heading nya lock baru aktifkan flap.
sesaat setelah touch (pastikan sudah tidak bounce lagi) segera aktifkan airbrake.
flypass agak tinggi dg throtle kira2 pas2-an sebelum stall ditambahin dikit,
aktifkan flap (sudah dg mixing elevator up sedikit),
atur mixing elevator up secukupnya. usahakan kadar elevator sedemikian sehingga pesawat agak ngangkat dikit hidungnya ...
throtle juga di atur agar pesawat hanya bisa up hidungnya saja tapi tidak gain altitude.
dibawah saja : atur juga setting untuk airbrake (flap negatif) maximum (mixing dg elevator down).
setting selesai.
coba lakukan fly pass dg flap aktif tadi beberapa kali, semakin lama semakin rendah.
kalau sudah PD, coba landing ...
lakukan landing approach tanpa flap dulu, setelah heading nya lock baru aktifkan flap.
sesaat setelah touch (pastikan sudah tidak bounce lagi) segera aktifkan airbrake.
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 703
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon
menurut saya paling kerasa flaperon nich pada saat mau take off aja oom.....soalnya membantu pesawat untuk cepet up, jadi cukup dengan landasan yang pendek.....untuk landing...ada sedikit tips pengalaman menggunakan flaperon...... mohon oom kiki perhatikan pada saat flap turun....maka fungsi aileronnya akan menjadi minim....jadi pada saat landing diusahakan posisi pesawat sudah final dan mantap untuk landing.....(tidak ada koreksi2 yang memerlukan aileron lagi).