Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by Kiki_54 »

Maafkan jika topik ini pernah dibahas sebelumnya, tapi saya belum perhan membacanya.
Seperti diketahui bahwa KAC sudah lama kehilangan tempat terbang yang nyaman (yaitu LANUD Penggung) sehingga sekarang menjadi berpindah pindah tempat (seperti perambah hutan, hehehehe).....mencari tempat yang cocok untuk latihan dan akhirnya memilih lapangan bola Taman Kota yang letaknya diujung landasan Lanud Penggung.
Karena lapangan bolanya tidak terlalu panjang maka waktu saya test landing Pilatus Porter PC 6 landing diujung timur baru berhenti diujung barat, nyaris menghantam trotoar.

Dengan bantuan suhu Darwin Radio telah diseting aktifkan Plaperon namun saya belum tahu apa yang akan terjadi pada pesawat ketikan pesawat akan landing saya aktifkan Plapnya?

Kepada para suhu dan teman2 tolong berikan penjelasan apa yang harus saya waspadai agar penggunaan plap ini berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.(pesawat bisa landing dengan baik dan dengan jarak landasan yang tidak terlalu panjang)

Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.
Salam..........
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by AgoesAurelz »

Sharing pengalaman dikit..
Ini system utk fullspan flap ya om? artinya aileron sekaligus berfungsi jadi flap kan?
Kadang make Flaperon justru bikin pesawatnya terlalu nge-float dan nge-flare ngga mau turun2 om...
Kalo lap pendek jangan Flaperon tapi pake "airbrake"... pake program mixing, posisi aileron semua diangkat keatas sebagai "brake"...

salam,
AA
User avatar
danielgti
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 535
Joined: 16 Jan 2011, 09:19
Location: Bekasi Timur

Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by danielgti »

Kiki_54 wrote:Maafkan jika topik ini pernah dibahas sebelumnya, tapi saya belum perhan membacanya.
Seperti diketahui bahwa KAC sudah lama kehilangan tempat terbang yang nyaman (yaitu LANUD Penggung) sehingga sekarang menjadi berpindah pindah tempat (seperti perambah hutan, hehehehe).....mencari tempat yang cocok untuk latihan dan akhirnya memilih lapangan bola Taman Kota yang letaknya diujung landasan Lanud Penggung.
Karena lapangan bolanya tidak terlalu panjang maka waktu saya test landing Pilatus Porter PC 6 landing diujung timur baru berhenti diujung barat, nyaris menghantam trotoar.

Dengan bantuan suhu Darwin Radio telah diseting aktifkan Plaperon namun saya belum tahu apa yang akan terjadi pada pesawat ketikan pesawat akan landing saya aktifkan Plapnya?

Kepada para suhu dan teman2 tolong berikan penjelasan apa yang harus saya waspadai agar penggunaan plap ini berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.(pesawat bisa landing dengan baik dan dengan jarak landasan yang tidak terlalu panjang)

Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.
Salam..........


Wah Abah ilmunya udah tingkat tinggi nich , ikut menyimak . . . :pis
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by toto »

AgoesAurelz wrote:Sharing pengalaman dikit..
Ini system utk fullspan flap ya om? artinya aileron sekaligus berfungsi jadi flap kan?
Kadang make Flaperon justru bikin pesawatnya terlalu nge-float dan nge-flare ngga mau turun2 om...
Kalo lap pendek jangan Flaperon tapi pake "airbrake"... pake program mixing, posisi aileron semua diangkat keatas sebagai "brake"...

salam,
AA



dan jangan lupa di mixing juga dengan elevator .................... :-k ........................ kalau enggak entar jadinya ............... [-(


salam
User avatar
muchtar
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 252
Joined: 25 Feb 2008, 12:48
Location: indramayu
Contact:

Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by muchtar »

toto wrote:
AgoesAurelz wrote:Sharing pengalaman dikit..
Ini system utk fullspan flap ya om? artinya aileron sekaligus berfungsi jadi flap kan?
Kadang make Flaperon justru bikin pesawatnya terlalu nge-float dan nge-flare ngga mau turun2 om...
Kalo lap pendek jangan Flaperon tapi pake "airbrake"... pake program mixing, posisi aileron semua diangkat keatas sebagai "brake"...

salam,
AA


dan jangan lupa di mixing juga dengan elevator .................... :-k ........................ kalau enggak entar jadinya ............... [-(
salam



Pak De Totot ,.....kalau pesawat yang ga ada airbrake , kan cuma flaperon aja...... jadi ngeset nya di mix dengan elevator sebagai break nah itu ngesetnya mesti gimana tuh PAk.... :bow: :bow: :bow:
User avatar
setyo antarikso
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 136
Joined: 01 Apr 2008, 12:33
Location: Jakarta Timur
Contact:

Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by setyo antarikso »

AgoesAurelz wrote:Sharing pengalaman dikit..
Ini system utk fullspan flap ya om? artinya aileron sekaligus berfungsi jadi flap kan?
Kadang make Flaperon justru bikin pesawatnya terlalu nge-float dan nge-flare ngga mau turun2 om...
Kalo lap pendek jangan Flaperon tapi pake "airbrake"... pake program mixing, posisi aileron semua diangkat keatas sebagai "brake"...

salam,
AA


bisa juga pakai aileron rudder berlawanan. Jadi pesawat ngerem sambil maburnya mencong, pas udah approach landing mendadak turun deh speednya.

Tapi bukannya pilatus bisa pelan banget landingnya ya suhu abah Kiki?
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by justinus »

Udah dibantu suhu Darwin ya pak dhe. Selamat terbang and happy landing.
User avatar
richard
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 304
Joined: 13 Aug 2008, 18:15
Location: Jakarta, Bali
Contact:

Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by richard »

Ikut urun pak de Kiki,

Sewaktu fungsi flap diaktifkan, throttle management harus prima. Sehingga bisa dapat kondisi dimana pesawat floating dan touch down persis di landasan. Terlalu banyak throttle pesawat jadi naik, terlalu sedikit malah under shoot dari landasan.
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by christoffel »

dicoba di atas dulu ....
flypass agak tinggi dg throtle kira2 pas2-an sebelum stall ditambahin dikit,
aktifkan flap (sudah dg mixing elevator up sedikit),
atur mixing elevator up secukupnya. usahakan kadar elevator sedemikian sehingga pesawat agak ngangkat dikit hidungnya ...
throtle juga di atur agar pesawat hanya bisa up hidungnya saja tapi tidak gain altitude.

dibawah saja : atur juga setting untuk airbrake (flap negatif) maximum (mixing dg elevator down).

setting selesai.

coba lakukan fly pass dg flap aktif tadi beberapa kali, semakin lama semakin rendah.
kalau sudah PD, coba landing ...
lakukan landing approach tanpa flap dulu, setelah heading nya lock baru aktifkan flap.
sesaat setelah touch (pastikan sudah tidak bounce lagi) segera aktifkan airbrake.
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 703
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Re: Apa yang harus diperhatikan ketika mengaktifkan plaperon

Post by fajar »

menurut saya paling kerasa flaperon nich pada saat mau take off aja oom.....soalnya membantu pesawat untuk cepet up, jadi cukup dengan landasan yang pendek.....untuk landing...ada sedikit tips pengalaman menggunakan flaperon...... mohon oom kiki perhatikan pada saat flap turun....maka fungsi aileronnya akan menjadi minim....jadi pada saat landing diusahakan posisi pesawat sudah final dan mantap untuk landing.....(tidak ada koreksi2 yang memerlukan aileron lagi).
Post Reply