DIY Paratrike/parabuggy

Pesawat swayasa , paralayang dan balon udara

Moderators: wa2n, christoffel

Post Reply
User avatar
ahdian
Posts: 7
Joined: 14 Dec 2010, 14:24
Location: Tanjung Tabalong Kalsel
Contact:

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by ahdian »

mantap euy... salut dengan kreatifitasnya
viewtopic.php?f=137&t=9866#
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by Syafik »

Mantab banget mainannya sudah terbang beneran, hebat... bravo om cristo
User avatar
emilhp
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 738
Joined: 27 Oct 2008, 15:22
Location: Pangkalan Kerinci-Pelalawan - Riau
Contact:

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by emilhp »

:plk :plk :plk
Poto yg pake sayap mana >?
User avatar
aritriyoga
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 98
Joined: 22 Jun 2010, 15:44

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by aritriyoga »

:ok :ok :pis :pis , nadak ada kata lain... muantab om cris, ,, turut menyimak...
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

emilhp wrote::plk :plk :plk
Poto yg pake sayap mana >?

om emil, dua kali test flight yg terdahulu nggak sempat ambil gambar.
waktu itu sebenarnya belum benar2 siap test flight, hanya karena kebelet pengen tau hasilnya, jadi dipaksain test flight dg kondisi seadanya ...
dari hasil test flight, sudah bisa terbang dengan segala kekurangannya, dan saat ini sedang di grounded dulu untuk penyempurnaan. problem utama yg terjadi adalah power terlalu pas2an. jadi saat akan take-off harus tidak ada angin / angin kecil saja.

Waktu test flight pertama, pinjam canopy teman (APCO Karma) yg kelasnya sudah advance, jadi drag nya kecil dan power engine mencukupi (setidaknya menurut ukuran skill saya, kalau untuk teman saya yg sudah advance ya masih kurang).

Saat test flight kedua, saya sudah beli canopy sendiri tapi kelasnya yg trainer untuk sekolah, jadi meskipun lift nya besar tapi drag nya juga amat besar. hasilnya power engine jadi pas2an sehingga saat canopy bergerak naik (waktu take off) dan angin cukup kencang berhembus, power engine tidak mampu menahan trike (tertarik mundur). Akhirnya harus dibantu 2 orang untuk menahan trike agar tidak mundur saat start, baru setelah canopy berada di atas trike bisa meluncur sendiri.

vidio yg diatas itu adalah tahap penyelesaian break-in engine yg waktu test flight baru di running 2 liter saja. jadi power belum keluar 100%. saat ini juga baru habis 10 liter, padahal menurut manual harus sekitar 3 sampai 4 galon ..

Test flight berikutnya akan saya dokumentasikan supaya bisa di upload juga deh ...

Thanks berat atas dukungan rekan2 semuanya ...
User avatar
rasyidrisyad
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 502
Joined: 24 Sep 2011, 12:38
Location: Sidoarjo - Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by rasyidrisyad »

Om christ, break engine nya bulan depan masih ada kan? :thx :thx gatel nih pengen coba .... :ok :ok
User avatar
stefendy
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 300
Joined: 14 Aug 2009, 08:13
Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by stefendy »

Sempat berpikir menggunakan DLE111 untuk paratrike homemade, namun setelah di lihat spesifikasinya power hanya 21 HP, sedangkan ketika saya search utk paratrike membutuhkan power sekitar 35an HP, pemikiran ini timbul setelah mencoba DLE55 di pake paramotor yg powernya 11HP tidak bisa take off dari dataran rendah namun jika take off dari ketinggian dengan DLE55 masih bisa mantain ketinggian.. lumayan bisa terbang lama walau tidak "nggesek" bukit.. engine DLE55-nya sekarang di kembalikan ke pesawat rc lagi... :)
Menunggu om Christ eksperimen dengan DLE170 jika hasilnya ok bisa nabung dulu untuk DLE170... ijin ikut memantau om Christ...
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

@rasyidrisyad : engine masih akan break-in minggu depan. sementara masih nunggu pesanan prop dari us belum datang. kira2 masih 3 minggu lagi .... sabar om, semua pasti kebagian ... hehehe ... semoga kakinya cepat sembuh ...

@om stefendy:
engine DLE111 menurut spec nya powernya 11.2HP @7200RPM pak. bukan 22HP.
kalo engine DLE55 malah cuman 5.5HP @ 7500RPM. bukan 11HP.
engine paratrike ada macam2, mulai yg kecil sampai yg besar.
malah ada paramotor yg bisa terbang hanya dg 49cc saja.
Teorinya begini ...
untuk bisa terbang, paraglider membutuhkan thrust kedepan. biasanya bisa diukur dari static thrust enginenya.
untuk kasus saya, saat test flight pertama trike sudah bisa terbang baik karena kondisi saat itu (payload dan canopy) menurut hitungan saya hanya perlu static thrust minimal 12kg sedangkan engine DLE saya saat itu sudah mampu menghasilkan static thrust 18kg.
saat test flight kedua, kondisi payload dan canopynya berbeda dan menurut hitungan saya perlu static thrust minimal 15.5 kg. jadinya lebih pas2an powernya.

Jadi point yg penting disini adalah static thrust nya, bukan HP nya.
paratrike yg bagus, static thrust ya bisa sekitar 75kg.
Engine DLE111 sebenarnya mampu menghasilkan (direct drive) static thrust sampai 25kg (menurut spec, dan hasil pengukuran beberapa aeromodeller di luar). masalahnya engine saya koq belum bisa segitu ... ini yg masih saya gali, sementara deduksi saya karena periode break-in yg belum tuntas (setting masih rich, bbm masih banyak oli-nya), dan propeller yg kurang tepat (ukuran dan kwalitasnya). karena itu saat ini saya putuskan untuk menyelesaikan dulu break-in nya sambil tunggu pesanan propeller yg baru.
prop yg sekarang (hawk) ternyata nilai CF (coupling coofisient) nya cuman 0.75 (dipengaruhi airfoil, dll). padahal prop yg normal, nilai CF nya 1. yg bagus malah bisa 1.1
dengan mengatur ukuran prop yg tepat, direct drive DLE111 diatas kertas (hitungan saya) bisa menghasilkan static thrust lebih dari 50kg. cuman ya itu, prop nya mesti pesan khusus. ==> paraglider tidak memerlukan speed tinggi, bisa 40km/jam saja sudah termasuk ngebut. jadi pitch prop nya malah nggak boleh besar2. untuk DLE111 hitungan saya malah kalau bisa pake prop 36x4 dg 10HP saja pada 6000rpm bisa menghasilkan thrust 77kg. jadi rasanya nggak perlu sampai harus ganti DLE170. hehehe ... masalahnya nggak ada yg jual prop 36x4. jadinya harus pake reduction drive dan ini yg saya males. masih akan diusahakan pake direct drive saja. (kalau bisa bikin reduction drive, saya bisa bikin DLE55 nya om stefendy untuk mengeluarkan static thrust 46kg, lebih dari cukup untuk jadi paratrike. max speed nya masih bisa 40km/jam).

nb: static thrust sangat dipengaruhi diameter prop (pangkat 4) dan kemudian baru RPM nya. pitch tidak berpengaruh banyak (hampir tidak ada).
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 671
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by topankaltim »

:plk :plk :plk
:ok :ok
Mantab Om Chris,
sangat menginspirasi....jadi teringat sama ini:
Image
Image
Image

Ijin menyimak Om...siapa tahu bisa menggugah semangat lagi dengan power dari engine RC..

salam
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by didin »

MrDoms wrote:Suhu Christ.... membuat saya mabok kepayang..... jangan lupa pake earplug suhu.... hehehhe


Sepertinya Pak Doms dah mulai siap-siap nich.... :plk :plk :plk

Kalau pakai helm sepertinya bisa juga meminimalkan kebisingan suhu
Post Reply