Sharing settingan THROTLE CURVE dan PITCH CURVE

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
User avatar
hendry1301
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 185
Joined: 10 Jul 2009, 22:56
Location: Tg. Redeb - Berau (Kaltim)

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by hendry1301 »

sebagai tambahan :
Image
penempatan ball-link pada lengan servo di tiap lubang pasti berbeda reaksi thd respon swash ...
tolong masukan suhu, penempatan ini sebaiknya dimana?
User avatar
hendry1301
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 185
Joined: 10 Jul 2009, 22:56
Location: Tg. Redeb - Berau (Kaltim)

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by hendry1301 »

Jarrot wrote:om hendry,...salam kenal....sedikit berbagi info untuk settingan tx di heli 450 om

dulu pernah saya pake di heli saya....dengan tx spectrum dx 7 atau 5 tingkatan curva

1. pitch curve normal : 40, 45, 50, 75, 100
st1 : 0 , 25, 50, 75, 100
st2 : 0, 25, 50, 75, 100

thortle curve normal : 0, 25, 50, 75, 100
st1 : 75, 75, 75, 75,75
st2 : 100, 100, 100, 100, 100

2. D/R untuk aileron : 100
elevator : 100
rudder : mulai dengan 100...apabila pyro rudder atau putaran ekor terlalu kencang coba angka ini dikurangi

expo aileron: +20
elevator : +20
rudder : +25
catatan servo cyclik dengan ds 410 m dan rudder servo s9257

3. untuk travel adjust all 100

4. untuk swash mix aileron 60
elevator 60
pitch 60
dengan asumsi cyclik pitch adalah 7
collective pitch adalah 11
dan pengukuran sudut pada kondisi st2....dengan pada saat posisi pitch curve 50 berarti sudutnya o (collective pitch),
pada posisi pitch curve 100 sudutnya 11 dan pada posisi pitch curve 0 sudutnya -11(collective pitch)...apabila sudutnya lebih dari 11 bisa mengurangi angka pitch curve 100 atau apabila lebih dari -11 maka tambah angka pitch curve dari o jadi 10...misalnya.

5. untuk gyro sensitivity gunakan auto...untuk normal 0, st1 1, dan st2 2.

rate nya untuk 0 mulai dari 80 dan rate 1 mulai darri 80 juga.....apabila ada tail waging kurangi rate kedua duanya...

mungkin itu om...kurang lebih mohon maaf...hehe semoga bisa sedikit membantu :pis


dah ada masukan nih :plk :plk yg lain mana yaahhh ...
User avatar
johansipp
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 22 Dec 2010, 12:12

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by johansipp »

waduh kalo saya gak main D/R dan gak main Expo,
Swash juga hanya untuk Pitch karena mencari travel pitch -11, 0, +11
swash aile dan elev tetep 50%
gyro dsesuaikan dengan merk nya.. gp780 sekitar 67 - 71%

lubang utk linkage pada lengan servo sesuai dengan manual book
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by sahid »

hendry1301 wrote:sebagai tambahan :
Image
penempatan ball-link pada lengan servo di tiap lubang pasti berbeda reaksi thd respon swash ...
tolong masukan suhu, penempatan ini sebaiknya dimana?


klo sy penempatan balllink, ya yg sedemikian rupa shg posisi linkage dlm keadaan pitch nol lurus tidak mengembang dibagian swashpalate maupun di bagian lengan servo....bisa ditengah maupun di lubang paling luar....intinya dg travel max tdk binding
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by Budiman »

sahid wrote:
Budiman wrote:ijin menyimak sambil ngopi... :tlt :tlt


Ikut ngopi..ups mana starbuck.. :shy

weleh...saya abis ngantri di tempat penggilingan kopi neh,Pak..... :flu ....
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 563
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by Yudha »

Budiman wrote:
sahid wrote:
Budiman wrote:ijin menyimak sambil ngopi... :tlt :tlt


Ikut ngopi..ups mana starbuck.. :shy

weleh...saya abis ngantri di tempat penggilingan kopi neh,Pak..... :flu ....

Nyimak juga :tlt

Sambil ngeteh :thx
User avatar
rizalchakep
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 84
Joined: 18 Jul 2007, 18:56
Location: MALANG
Contact:

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by rizalchakep »

Kalau settingan nubi seperti saya sih yang perlu diperhatikan hanya prinsip dasar bahwa posisi mid throttle pitch blade harus 0 deg
dan semua servo tegak lurus 90 deg.
Dual rate= dibiarin apa adanya
expo= 0-25 %
throttle/pitch curve selain mid throttle= tergantung suasana hati (cenderung linear)... :mwr :mwr :mwr

Jadi kalau habis crash gak perlu pusing2 lagi mikirin settingan radio. langsung ganti apa yg rusak terbang lagi deh.
Masalahnya saya masih sering crash :whoaa :whoaa
User avatar
herjuno
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 300
Joined: 24 Aug 2011, 09:39
Location: depok - tembalang, semarang

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by herjuno »

woow bnyk ilmu nih dsini..
maaf para suhu saya nubi ingin nany..
gunany dual rate sm expo itu untuk apa y suhu?
maaf klo pertanyaan ini terlalu mudah bagi suhu..
maklum msh nubi..
:shy :shy :shy
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 563
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by Yudha »

herjuno wrote:woow bnyk ilmu nih dsini..
maaf para suhu saya nubi ingin nany..
gunany dual rate sm expo itu untuk apa y suhu?
maaf klo pertanyaan ini terlalu mudah bagi suhu..
maklum msh nubi..
:shy :shy :shy

D/R : mengurangi atau menambah travel servo
Expo : melambatkan atau mempercepat respon servo terhadap input gimbal
User avatar
rizalchakep
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 84
Joined: 18 Jul 2007, 18:56
Location: MALANG
Contact:

Re: setingan HELI yang ANDA gunakan

Post by rizalchakep »

herjuno wrote:woow bnyk ilmu nih dsini..
maaf para suhu saya nubi ingin nany..
gunany dual rate sm expo itu untuk apa y suhu?
maaf klo pertanyaan ini terlalu mudah bagi suhu..
maklum msh nubi..
:shy :shy :shy


Waduh potoan sama abang tareeq, ati2 nular om 3d nya, wkwkwkwk :pis :pis
Post Reply