menurut saya, kombinasi kesalahan fatal bagi seseorang diawal-awal bergelut RC Plane satu.....membuat pesawat (homemade), sudah jelas hasil bikinannya belum pasti bisa terbang dua....belum pandai nerbangin pesawat, tapi sudah nerbangin pesawat buatan sendiri pulak (homemade)...
solusinya.... satu...beli aja pesawat pabrikan yg sudah pasti bisa terbang, seperti WD dua...terbang didampingi oleh pilot yang sudah mahir
menurut saya, kombinasi kesalahan fatal bagi seseorang diawal-awal bergelut RC Plane satu.....membuat pesawat (homemade), sudah jelas hasil bikinannya belum pasti bisa terbang dua....belum pandai nerbangin pesawat, tapi sudah nerbangin pesawat buatan sendiri pulak (homemade)...
solusinya.... satu...beli aja pesawat pabrikan yg sudah pasti bisa terbang, seperti WD dua...terbang didampingi oleh pilot yang sudah mahir
Maap om saya termasuk salah satu orang yang belajar nerbangin pesawat dengan pesawat buatan sendiri dan tanpa pendamping Tapi siap2 sering crash Kalau masih tahap pembelajaran sebaiknya ikuti step2 para suhu disini, buat pesawat tipe trainer dulu dengan sayap dihedral sampai jempolnya lemes.
45ep54ef wrote:Maap om saya termasuk salah satu orang yang belajar nerbangin pesawat dengan pesawat buatan sendiri dan tanpa pendamping Tapi siap2 sering crash Kalau masih tahap pembelajaran sebaiknya ikuti step2 para suhu disini, buat pesawat tipe trainer dulu dengan sayap dihedral sampai jempolnya lemes.
wah sip deh, kemarin sempet bikintrainer tapi mangkring...
emilhp wrote:Untuk pesawat jenis ini sangat sensitif karna masuk kelas advance dan sebaiknya control dengan aileron dan elevator. Untuk menerbangkan pesawat jenis ini pastikan jam terbang (tanpa crash) sudah cukup .. kalau tidak psti stress . . pesawat yg selalu akan di salahkan.
Bagi yg baru mulai masuk advance sebaiknya agar lebih anteng coba sayapnya kasih sedikit sudut hendral biar nggak langsung oleng saat tekop.
Betul nih Low wing sensitif,apalagi aileron nya kalo yang di buat ente lebar banget buat ukuran segitu
Pasti sensitif sekali,Kecuali dimainin Dual rate dan exponen
didin wrote:itulah penyebabnya.....belum terbiasa nerbangin pesawat...
menurut saya, kombinasi kesalahan fatal bagi seseorang diawal-awal bergelut RC Plane satu.....membuat pesawat (homemade), sudah jelas hasil bikinannya belum pasti bisa terbang dua....belum pandai nerbangin pesawat, tapi sudah nerbangin pesawat buatan sendiri pulak (homemade)...
solusinya.... satu...beli aja pesawat pabrikan yg sudah pasti bisa terbang, seperti WD dua...terbang didampingi oleh pilot yang sudah mahir
Maap om saya termasuk salah satu orang yang belajar nerbangin pesawat dengan pesawat buatan sendiri dan tanpa pendamping Tapi siap2 sering crash Kalau masih tahap pembelajaran sebaiknya ikuti step2 para suhu disini, buat pesawat tipe trainer dulu dengan sayap dihedral sampai jempolnya lemes.
Setuju dgn kang 45ep54ef. Saya juga memulainya dgn cara bikin sendiri pesawatnya dan nerbangin sendiri juga, pada hal belum pernah nerbangin pesawat. Tetap bisa...tapi itu tadi,....sering crash dan sebaiknya buat model trainer saja. Numpang nampilin pesawat homemade pertama saya ya...
ga usah patah semangat , dgn jatuh , kita akan tahu apa yang perlu kita perbaiki lagi dan akan belajar untuk maju.............GO AHEAD........anda dah "jatuh" ditempat yang tepat dimana banyak temen yang akan membantu............(gaero)
...perlu diketahui , didunia ini adanya cuma sekolah "terbang" ga ada sekolah mendarat , krn setiap benda yg keatas pasti akan kebawah juga
Saya salut dengan semangat dan keinginan dik Fida untuk bergelut dengan Aeromodelling.
Untuk belajar terbang . . Saran saya sebaiknya mencoba jenis pesawat hi wing trainer dengan dihedral dulu yang 3 ch (Rudder/Elevator/Throttle) kemudian meningkat ke 4 ch (Aileron/Rudder/Elevator/Throttle) hal ini untuk pahami dulu masing-masing respon dan gerakan2 pesawatnya.
Pengalaman saya . . Untuk bisa terbang harus punya pesawat 4/1 (bikin 4 kali hanya satu yang bisa terbang bagus)
Setelah terbang 8/1 pada pesawat yg sama baru mulai coba pesawat jenis lain atau tingkatkan ke mid wing dan selanjutnya ke low wing . . .