
Susah juga yaa ternyata dapeting setting yg pas.
Kalo dikasih throttle canopy ketinggalan apa AOAnya kebesaran(kelewat nunduk payungnya) yaa?

Oh ya, seperti pak Didin katakan td spt keberatan. Memang total berat gondolanya jd berapa pak?
Moderator: joun
budi.santoso wrote:Waduuh..di video terakhirnya nyangkut ya pak?![]()
Susah juga yaa ternyata dapeting setting yg pas.
Kalo dikasih throttle canopy ketinggalan apa AOAnya kebesaran(kelewat nunduk payungnya) yaa?![]()
Oh ya, seperti pak Didin katakan td spt keberatan. Memang total berat gondolanya jd berapa pak?
christoffel wrote:om didin ...
respon belok memang sangat lambat karena itu saya bilang mesti di giring dan ditunggu (responnya).
kalau saya lihat video nya, om didin nggak sabar menunggu respon nya, throtle nya naik turun terus, jadinya gondola mengayun terus.
coba throtle di tahan saja pada 80% misalnya, jadi bisa lebih fokus ke belok2 nya.
kalau saya sarankan, cari lapangan yg lebih luas dan terbuka. take off dulu, throtle konstan di satu titik, nggak usah di belok kan dulu ... dilihat hasilnya dulu, throtle di atur lagi supaya ketinggian bisa pas ( nggak naik nggak turun), baru coba belok perlahan (ditahan saja aileron nya, sambil dilihat/ditunggu reaksinya). saat belok, throtle bisa di tambah (justru disini asyiknya, waktu belok gondola bisa terlempar sampai horisontal). coba lagi deh ... yg sabar ...
yg terjadi sebenarnya : saat kita beri aileron untuk belok, sisi payung yg di brake akan tertahan sedangkan yg tidak di brake akan terus melaju. masalahnya, gondola tidak bisa langsung mengikuti gerakan ini karena penghubung nya cuman tali lemas. Jadi payung sudah belok, gondola masih mau lurus, akibatnya gondola akan tertarik mengayun dulu (disini waktunya kita tambah throtle) dan akan menyebabkan payung jadi miring, sehingga belok nya bisa lebih tajam. (kalau di sepeda motor atau mobil, semakin ngebut semakin nggak bisa belok tajam, kalau di sini malah terbalik, untuk bisa belok tajam malah harus di tambah throtle).
nb: kalau dirasa gondola terlalu ketinggalan, AoA bisa di kecilkan lagi ..
budi.santoso wrote:Sepertinya kasus pak Didin bukan gondola yg ketinggalan pak Christ, tp parachute/canopynya yg ketinggalan..
christoffel wrote:oops ... salah ketik. maksud saya memang parasut nya ketinggalan.
kalau gondola ketinggalan nggak mungkin deh, lha motornya di gondola koq ... hehehe
christoffel wrote:sebenarnya riser A saja bisa, cuman lebih baik dilihat dulu.
Kalau terlalu banyak narik riser A saja, akan timbul lipatan didekat LE. Jadi akan lebih baik kalau riser B dan C juga di adjust dikit supaya bentuk lengkung payung nya (airfoil) tetap smooth.