
Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
- rudyWing
- Master Sergeant
- Posts: 417
- Joined: 03 Apr 2008, 07:14
- Location: PGC
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
FLAPS dan AIR BRAKE adalah kata benda bukan fungsi geto khan Suhu.. 

- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
rudyWing wrote:FLAPS dan AIR BRAKE adalah kata benda bukan fungsi geto khan Suhu..
betuuullll....FLAP dan AIRBRAKE adalah kata benda
beda lagi dg contoh FLAPERON.,kata bendanya jadi FLAPERON, bukan lagi FLAP atawa AILERON..dimana dalam hal ini FLAP dan AILERON jadi kata fungsi......wadowwww..jadi tambah bingung..kok jadi belajar tata bahasa?

- Basuki
- trainee
- Posts: 19
- Joined: 21 Nov 2011, 09:44
- Location: Rengat/Riau
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
iwan21 wrote:rudyWing wrote:FLAPS dan AIR BRAKE adalah kata benda bukan fungsi geto khan Suhu..
betuuullll....FLAP dan AIRBRAKE adalah kata benda
beda lagi dg contoh FLAPERON.,kata bendanya jadi FLAPERON, bukan lagi FLAP atawa AILERON..dimana dalam hal ini FLAP dan AILERON jadi kata fungsi......wadowwww..jadi tambah bingung..kok jadi belajar tata bahasa?















- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
ikut ngelmu ah ............ para suhu saya beneran nih pengen informasi biar tuntas soal FLAP, gini nih yg mau saya tanyaken :
1. flap kalau dipesawat benaran kan entuh barang dalam hal ini FLAP kan menjulur keluar jadi beneran manambah luas sayap buntut nya si wing loading nambah kecil jadi stall speed nya tambah kecil jadi waktu mau landing kagak deg2an bikin stall pesawat juga waktu take off karena wing loadingnya kecil maka pesawat jadi enteng ngangkatnya dan butuh lancadasan pacu yang kagak panjang2 amat
2. nah kalau di pesawat model kan nama barangnya apakah FLAP atau dibikin dari FLAPRON walau di diaktifkan kan kagak ngecilin wing loading kan soalnya luasnya kagak nambah cuman bikin drag aja, jadi disini kejadiannya mungkin power managementnya sama yg ada sama cuman karena ada drag jadi terbang kagak nyelonong jadi kagak ada urusannya bikin wing loading semakin kecil, jadi karena masih ada daya tarik atau dorong yang sama ya pesawat kagak masuk dalam kondisi stall
berarti fenomena pada pesawat beneran dan model berbeda cuman fungsinya saja yang sama, ini juga kali aja loh ya ...........
nah kira2 gimana nih persisnya biar buku catatan saya kumplit neh pemahaman flap antara di pesawat beneran dan di pesawat model .............. maap ya para pakar suhu beneran nih saya kagak ngarti dan maap juga kalau pertanyaan ini konyol dan telat banget nanya maklum telmi .........
salam
1. flap kalau dipesawat benaran kan entuh barang dalam hal ini FLAP kan menjulur keluar jadi beneran manambah luas sayap buntut nya si wing loading nambah kecil jadi stall speed nya tambah kecil jadi waktu mau landing kagak deg2an bikin stall pesawat juga waktu take off karena wing loadingnya kecil maka pesawat jadi enteng ngangkatnya dan butuh lancadasan pacu yang kagak panjang2 amat
2. nah kalau di pesawat model kan nama barangnya apakah FLAP atau dibikin dari FLAPRON walau di diaktifkan kan kagak ngecilin wing loading kan soalnya luasnya kagak nambah cuman bikin drag aja, jadi disini kejadiannya mungkin power managementnya sama yg ada sama cuman karena ada drag jadi terbang kagak nyelonong jadi kagak ada urusannya bikin wing loading semakin kecil, jadi karena masih ada daya tarik atau dorong yang sama ya pesawat kagak masuk dalam kondisi stall
berarti fenomena pada pesawat beneran dan model berbeda cuman fungsinya saja yang sama, ini juga kali aja loh ya ...........

nah kira2 gimana nih persisnya biar buku catatan saya kumplit neh pemahaman flap antara di pesawat beneran dan di pesawat model .............. maap ya para pakar suhu beneran nih saya kagak ngarti dan maap juga kalau pertanyaan ini konyol dan telat banget nanya maklum telmi .........

salam
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
kalau boleh urun rembuk ...
rumus lift : L = 1/2 . rho . V^2 . S . Cl
- V adalah kecepatan udara pada sayap, jadi
kalau head wind : V = Vpesawat+Vangin
kalau tail wind : V = Vpesawat-Vangin
ini sebabnya kita selalu usahakan take-off atau landing head wind, karena faktor V ini sangat dominan (fungsi kwadrat)
- S adalah luas sayap. ini yg bikin wing loading perlu dibuat kecil ... semakin besar S semakin besar juga Lift nya.
- Cl adalah coefisien of Lift. besarnya ditentukan antara lain oleh airfoil dan sudut serang (AoA).
Flap ada macam2, berdasarkan posisi nya ada yg di TE ada yg di LE (slat)
berdasarkan cara kerjanya :
dikutip dari wikipedia
yg sering dipake di RC dg memanfaatkan aileron jadi flap (Flaperon) itu plain flap. meskipun luas sayap tidak bertambah, tapi chamber airfoil nya dan AoA nya bertambah. dan ini bikin Cl nya juga bertambah. contoh gampangnya adalah pada fungsi aileron. sisi sayap yg aileron nya turun akan membangkitkan lift yg lebih besar dibandingkan sisi sayap yg aileron nya naik, maka pesawat akan berguling. jadi kalau kedua aileron dibuat turun (jadi flap) maka kedua sisi sayap akan sama2 naik lift nya.
yg dimaksud suhu toto flap pada pesawat beneran itu fowler flap, ada yg single, double, triple, dst. disini selain Cl nya bertambah, S juga bertambah, sehingga jenis flap yg ini jadi lebih efektif ketimbang plain flap.
Karena terjadi perubahan sudut serang, biasanya juga harus ada koreksi pada elevator, bisa up, bisa down, tergantung desain pesawatnya, karena itu perlu ditambahkan mixing elevator.
rumus lift : L = 1/2 . rho . V^2 . S . Cl
- V adalah kecepatan udara pada sayap, jadi
kalau head wind : V = Vpesawat+Vangin
kalau tail wind : V = Vpesawat-Vangin
ini sebabnya kita selalu usahakan take-off atau landing head wind, karena faktor V ini sangat dominan (fungsi kwadrat)
- S adalah luas sayap. ini yg bikin wing loading perlu dibuat kecil ... semakin besar S semakin besar juga Lift nya.
- Cl adalah coefisien of Lift. besarnya ditentukan antara lain oleh airfoil dan sudut serang (AoA).
Flap ada macam2, berdasarkan posisi nya ada yg di TE ada yg di LE (slat)
berdasarkan cara kerjanya :

yg sering dipake di RC dg memanfaatkan aileron jadi flap (Flaperon) itu plain flap. meskipun luas sayap tidak bertambah, tapi chamber airfoil nya dan AoA nya bertambah. dan ini bikin Cl nya juga bertambah. contoh gampangnya adalah pada fungsi aileron. sisi sayap yg aileron nya turun akan membangkitkan lift yg lebih besar dibandingkan sisi sayap yg aileron nya naik, maka pesawat akan berguling. jadi kalau kedua aileron dibuat turun (jadi flap) maka kedua sisi sayap akan sama2 naik lift nya.
yg dimaksud suhu toto flap pada pesawat beneran itu fowler flap, ada yg single, double, triple, dst. disini selain Cl nya bertambah, S juga bertambah, sehingga jenis flap yg ini jadi lebih efektif ketimbang plain flap.
Karena terjadi perubahan sudut serang, biasanya juga harus ada koreksi pada elevator, bisa up, bisa down, tergantung desain pesawatnya, karena itu perlu ditambahkan mixing elevator.
Last edited by christoffel on 06 Feb 2012, 18:39, edited 1 time in total.
- opikandy
- Senior Airman
- Posts: 177
- Joined: 23 Dec 2011, 21:56
- Location: Banda Aceh - Surabaya
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
terima kasih tas penjelasannya suhu christoffel
- mandiridjaya
- Senior Master Sergeant
- Posts: 538
- Joined: 30 Jul 2007, 12:41
- Location: kebumen jateng 0819 0339 5758
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
luar biasa penjelasanya.... tambah ilmu bermanfaat dan lebih paham thx om 

- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
alhamdulillah jelas dan tuntas sudah akhirnya catatan terkait FLAP jadi sekarang bisa lebih tenang kalau ngobrol enggak takut keseleo lagi berkat suhu Christoffel, maka untuk ini mohon ijin copy and paste ya suhu ......
nah untuk pesawat2 saya semua gap yg ada di control surface saya shield gap ceritanya sih supaya efektif tuh air flow nya liwat bawah surface semua enggak ada yg melejit lewat celah seperti di gambar pada system slotted flap, maka untuk hal ini kira2 gimana pandangan suhu
salam

nah untuk pesawat2 saya semua gap yg ada di control surface saya shield gap ceritanya sih supaya efektif tuh air flow nya liwat bawah surface semua enggak ada yg melejit lewat celah seperti di gambar pada system slotted flap, maka untuk hal ini kira2 gimana pandangan suhu
salam
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
hehe ... saya juga melakukan hal yg sama seperti suhu toto ...
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
ma kasih suhu christoffel, jadi yang pak guru eyang enggak percuma dong ya artinya bener gituh karena pak guru suhu melakukan shield gap itu ..................... sip deh, cuman stock clear cover sudah menitip nih ....
salam

salam