christoffel wrote:terbalik om ... CL (coeffisien of lift, kalau saya menggunakan CoL untuk center of Lift) dicari dari lift nya. step nya begini : 1 tentukan dulu airfoil nya. 2 bikin model nya (airfoil, bukan pesawat) 3 taruh di wind tunnel 4 ukur lift nya pada beberapa macam AoA dan wind speed 5 hitung CL nya, dan gambar kurva AoA vs CL 6 baru nilai CL nya di gunakan untuk merancang sayap pesawat
kalau airfoil nya pakai yg umum (misalnya untuk seri NACA 4 digit dan 5 digit, atau punya Zelig), step 2 sampai 5 bisa dilompatin karena data nya sudah ada, tinggal cari saja di internet.
lha ini kan sudah sering di bahas di banyak thread ...
cari lift nya??
sbenernya saya minta penjelasan yg lebih jelas-las-las-las tentang rumus Lift, dan segalanya tentang mekanika fluide begitu sekiranya...
cobak om cari2 ndek perpus buku mekanika fluida klo yang ver indonesia ada 2 ver. aku ada yang ver 1 kagak mbahas aliran fluida kompresibel. lebih banyak bahas jenis2 aliran, persamaan bernouli, hukum reynold, permodelan n aliran dalam talang klo yang ver inggris nya lengkap tapi tebel jadi males baca. ntar tak kirime masih bingung nyimpene kemaren yang ver digital ndek mana. @suhu crist. soale ndek tempat saya adanya CP, CL , CG semuanya itu biasa nya kepanjangan dari center. he he he he ternyata koefisien lift yah. berarti musti di uji dulu di wind tunel. dan di hitung juga beberapa parameter seperti similarity model dan unsimilarity fluida karena Rho.
Kalau permintannya mau dijelaskan sejelas-jelasnya ttg rumus lift apakah tidak berlebihan?, disitukan baru kelas 2 SMU sedangkan untuk penjelasan rumus tsb basiknya adalah matematika teknik dan fisika teknik bukan cuma kalimat doang. Jadi untuk sekarang gunakan saja rumus tsb, cukup mengetahui saja parameter2 yg diminta rumusnya. Om Dulbehek kan sudah menjelaskan rho (massa jenis udara yg tergantung temperatur (kg/m2) dan juga V (kecepatan m/dtk) dan om Christoffel kan sudah menjelaskan metode mencari nilai Cl (tanpa satuan) sedangkan nilai S adalah panjang bidang profil (m).
unding wrote:Kalau permintannya mau dijelaskan sejelas-jelasnya ttg rumus lift apakah tidak berlebihan?, disitukan baru kelas 2 SMU sedangkan untuk penjelasan rumus tsb basiknya adalah matematika teknik dan fisika teknik bukan cuma kalimat doang. Jadi untuk sekarang gunakan saja rumus tsb, cukup mengetahui saja parameter2 yg diminta rumusnya. Om Dulbehek kan sudah menjelaskan rho (massa jenis udara yg tergantung temperatur (kg/m2) dan juga V (kecepatan m/dtk) dan om Christoffel kan sudah menjelaskan metode mencari nilai Cl (tanpa satuan) sedangkan nilai S adalah panjang bidang profil (m).
lumayan sih om... tapi... saya pingin tau banget tentang nih rumus.. (sewajarnya)
gini ajah deh om blajar fisika dulu tak kira samean udah lulus SMA. dasar nya ini panjang peertama musti ngerti matematika teknik (diverensial n integral). lalu termodinamika teknik (macam2 aliran dan hobinya tuh aliran di kecepatan2 sub sonic/ ilmu nya mbah reynold), lalu lanjut ke mekanika fluida (aliran tunak/tak tunak, aliran laminer n tak laminer, drag, lift, permodelan (similarity un similarity), dan sts) aku ada buku mekflu tapi klo samean matematika udah ga ngerti saya bilang percuma. klo pengen yang singkat lagi cari buku pesawat terbang dan turbin, saya pernah baca sekilas disana lengkap semua mulai dari AOA, tipe2 aerofoil, fin2 sampai jenis2 kepala menurut kecepatan aliran bahkan penempatan mesin pun dibahas.
dulbehek wrote:gini ajah deh om blajar fisika dulu tak kira samean udah lulus SMA. dasar nya ini panjang peertama musti ngerti matematika teknik (diverensial n integral). lalu termodinamika teknik (macam2 aliran dan hobinya tuh aliran di kecepatan2 sub sonic/ ilmu nya mbah reynold), lalu lanjut ke mekanika fluida (aliran tunak/tak tunak, aliran laminer n tak laminer, drag, lift, permodelan (similarity un similarity), dan sts) aku ada buku mekflu tapi klo samean matematika udah ga ngerti saya bilang percuma. klo pengen yang singkat lagi cari buku pesawat terbang dan turbin, saya pernah baca sekilas disana lengkap semua mulai dari AOA, tipe2 aerofoil, fin2 sampai jenis2 kepala menurut kecepatan aliran bahkan penempatan mesin pun dibahas.
nah...akhirnya dikasih tau juga apa aja yg mesti masuk dipelajarin... boleh om,, lumayan paham saya tentang matematic...