Jangan sepelekan hinges! (Crash on Sunday 19 Febuari 2012)

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Jangan sepelekan hinges! (Crash on Sunday 19 Febuari 2012)

Post by AgoesAurelz »

Thanks comments nya om-om suhu sekalian.... apapun itu toh nasi uda jadi bubur..... ](*,)

@Om Christoffel....
iya om, rupanya saya harus membayar cukup pahit utk pengalaman ini....
Pswt ngga mampu saya ajak dive tegak lurus sambil full speed... sampe suara air ripping/desingan dari celah2 body-nya bunyi semua....aseli ngeri-ngeri sedap suaranya om.....
Elevator sayap kanan lepas utuh.. artinya hinges ngga patah tapi lepas dari selipannya... waktu flutter hebat serasa pesawat "numb" tidak bisa di kontrol... kalo pswt ngga ancur lebur itu "just by change" aja itu om... kalo dilihat memang ngga parah2 banget tapi saya uda males nge-repairnya, belum lagi kalo menkeu ngelihat pasti marah besar! #-o ..... maka langsung saya hibahkan ke teman saya....

@Eyang Wizzz..... and..... i always learn "your way".... \:D/ ..... :winkie:

@Iwan 21... sebenarnya uda di tutup celahnya om iwan.... All gap sealed!.... tapi kok masih aja kena flutter ya... mungkin benar yg dibilang suhu Christo..... konstruksi body Katana ini ngga kuat dipake high speed....
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Jangan sepelekan hinges! (Crash on Sunday 19 Febuari 2012)

Post by NF »

seringnya , hinge "kain" diganti pake "kain keras" yg biasa buat ngelapisin "kerah / collar" baju :suns:
User avatar
yrakluz
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 258
Joined: 11 Aug 2010, 07:48
Location: Cinere, Jakarta
Contact:

Re: Jangan sepelekan hinges! (Crash on Sunday 19 Febuari 2012)

Post by yrakluz »

"Mau share dikit....

Awalnya saya main biasa.... kemudian mulailah saya geber throtle-nya..... berapa kali manuver tidak ada tanda-tanda kelainan.... rekan disamping saya (si Dewa) sempet nyeletuk "Kenceng juga pesawatnya pak".... sampai suatu saat saya coba manuver ala "Dive Bombing" ..... inilah awal petaka itu #-o ..... Pesawat saya naikkan ke atas, sampai terlihat cukup tinggi di awan.... kemudian saya loop dan tukik ke bawah dengan throttle penuh!!...... Mesin Pesawat terdengar meraung cukup keras plus suara "air ripping" (mirip effect suara jet)... saya masih tahan throtle (sampai kecepatan maksimal baru saya angkat begitu pikir saya)..... biar mirip pesawat fighter bomber yg mau nge-bomb markas musuh.... hehe..."

Ikut prihatin oom, atas musibah yg menimpa pesawatnya. Saya pribadi sih nggak akan mau lagi vertical dive dengan full throttle. Cukup sekali deh...too risky and not worth the fun :pis

BTW baru tau dg istilah "air ripping," tapi saya tau yg dimaksud dg itu. Saya suka banget tuh suara air ripping, kayak suara pesawat membelah angin. Addictive sound :ngl
User avatar
yoyokTR3
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 320
Joined: 22 Apr 2009, 20:36

Re: Jangan sepelekan hinges! (Crash on Sunday 19 Febuari 2012)

Post by yoyokTR3 »

saya pernah baca di Gaero, bagusnya kalo sirip-sirip aileron/rudder/elevator sedapat mungkin ditambahin jarum pentul, buat mengurangi kemungkinan lem ya sudah usang tidak lagi merekatkan dengan baik, setidaknya bisa menahan hinges agar tidak lepas dari tempat dia menempel.
(mohon koreksinya jika saya salah)
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: Jangan sepelekan hinges! (Crash on Sunday 19 Febuari 2012)

Post by Kiki_54 »

christoffel wrote:waduh ....
Kalau baca ceritanya, terbayangkan itu pesawat menghujam bumi, pasti berkeping-keping, lha wong habis dive full throtle ...
:whoaa :whoaa :whoaa
Tapi lihat fotonya, ternyata nggak terlalu parah ...
Ini artinya reflex pilot nya memang jempol senior tenan ....
:plk :plk :plk :deal :deal :deal
Kalau menurut saya nih .... seandainya om AA sebelum terbang melakukan check hinge dulu, kejadian nya akan tetap sama .... karena menurut saya itu hinge akan masih terlihat baik2 saja, putus nya baru setelah kena flutter hebat waktu dive full throtle ...
Kenapa bisa flutter hebat ? Itu pesawat sudah termasuk semi 3D, coba lihat saja ukuran elevator dan aileron nya ...
Sama om AA malah dibuat settingan Racing (prop 11x8 ???? gile bener ...), dasar nya aliran darah tukang ngebut memang nggak bisa dihindari ... hahaha ...
:pis :pis :pis :thx :thx :thx


Iya....saya juga berpikir sama seperti Oom Chris.............tapi itulah kapau pilot senior..................
User avatar
arief.indra
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 67
Joined: 23 Dec 2008, 18:45
Location: Denpasar - Bali
Contact:

Re: Jangan sepelekan hinges! (Crash on Sunday 19 Febuari 2012)

Post by arief.indra »

Wahhhh ini pesawat keren yang pernah aku liat dilombok. Hiks hiks turut berduka ya om Aa
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Jangan sepelekan hinges! (Crash on Sunday 19 Febuari 2012)

Post by AgoesAurelz »

maaf om... saya malu kalo dibilang.... "Senior"....
Saya lebih tepat di kasi sebutan Tukang nyiksa pesawat! atau Pilot ngawur (terbang gaya grasak-grusuk....srudak-sruduk)....
Sampai saat ini di Lombok saya masih pegang record Pilot dengan Crash terbanyak... jadi ngga pentes kalo dikasi jempol... =;

kalo pesawat itu ngga hancur lebur itu bener2 kebetulan om... :bow:

video ini kejadiannya mirip kejadian yg saya alami kemaren om.... coba lihat walaupun suara jatuhnya keras tapi pesawat juga ngga hancur lebur seperti yg dikira orang.... ](*,)

Post Reply