SYSTEM "FAILSAFE" yg bener-bener SAFE!!

Share cerita mengenai safety dalam aeromodelling .

Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer

User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

SYSTEM "FAILSAFE" yg bener-bener SAFE!!

Post by AgoesAurelz »

Beranjak dari cerita-cerita seram, dan juga kejadian yg saya alami sendiri....
Saya ingin tahu apakah ada system failsafe (yang benar-benar SAFE!) teorinya sih failsafe bisa bekerja bila lost signal antara radio dan receiver..
Tapi seperti yang sering terjadi pada para aeromodeller khususnya yang menggunakan mesin, kehilangan contact dgn pesawat/helinya karena battery disconnected (failsafe tidak berdaya)... Akibat jelas pesawat/heli terbang sendiri.... dan pasti akan jatuh... Tapi bagaimana kalo nyamber orang?
Rata-rata ada 3 macam penyebab disconnecting:
1.) Battery konektornya lepas/longgar.
2.) Switch on/off sudah tua dan aus.
3.) Kabel power battery receiver tercabut/kendor
Lalu adakah system failsafe yang aman (setidaknya lebih aman dari system failsafe biasa) ?
Saya rasa perlu BACKUP SYSTEM spt memakai battery cadangan yg dihubungkan dengan reciver & remote terpisah.. System backup ini berguna supaya pilot dapat melakukan engine cut off bila system receiver yang utama tidak bekerja... Walaupun sama-sama crash tapi setidaknya pesawat/heli tersebut sudah mati mesinnya sebelum jatuh, dan juga lokasi jatuhnya pswt/heli tidak akan sampai ke ujung dunia alias hilang entah kemana....
Ada ide dari rekan-rekan Grage...?
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

Kalau biar pas crash ketemu itu kayaknya ada yang pernah pakai GPS......
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Redblur wrote:Kalau biar pas crash ketemu itu kayaknya ada yang pernah pakai GPS......


Hi Blurr... Maksud saya, bukan sekedar bisa "ketemu" sama bangkai pswt/heli aja... tapi system yg bisa melakukan CUT OFF engine bila battery tidak aktif (kendor,copot)...
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

paling aman ya.....kita always check kondisi batere dan usahakan selalu pilot check sblm terbang.......
...have a nice and safety flight.........
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

Oh battre Kendor nga bisa mati sendiri ya....Iya sih tadi abis liat CL nya om Su-31........

Cuman kan getaran bisa melonggarkan/jadi bisa copot sendiri......

Kalo saran saya ada Colokan yang safe
yaitu colokan yang ada Jepitan nya.......(biasanya ini standart jepitan RC mobil Merk China)
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

To: NightFox, Ya itu sih emang bener omm.. Tapi yang saya butuhkan adalah satu system backup yg berlapis supaya resiko yg berhubungan dgn lost conctact akibat terputusnya battery ataupun resiko kena jammed bisa diatasi.. Paling tidak ada emergency system yg bisa meng-CUT OFF ENGINE supaya pesawat/heli tidak nyelonong terus.... Ada beberapa ide saya (yg pasti kedengaran agak aneh dan paranoid) yaitu dgn menambah 1 receiver lagi, juga batt & servo.. lalu pada servo tambahan itu dibuat semacam penjepit untuk menjepit selang minyak ke carbu.. atau bisa juga servo tersebut kita hubungkan pada high needle yg sudah diberi tuas... tinggal tarik ke kiri maka tuas setelan hi needle menjadi sangat "rich".. maka akan mesin mati.... (Untuk merealisasi ide ini saya lagi rembukan dengan teman-teman saya)

To: Redblurr, konector model seperti itu kurang bagus. penjepit tembaga didalanya (male & female) sering kendor/aus, coba perhatikan deh.. apalagi u pake konektor dari mainan mobil R/C China..wahh sux abis deh! Utk konektor battery saya selalu pake DEANS.. Itupun belum aman karena kemungkinan kabel batt yg masuk reciver bisa terlepas (ketarik)...

Mohon masukkan rekan-rekan senior lainnya..
Last edited by AgoesAurelz on 27 Oct 2007, 18:10, edited 1 time in total.
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

Deans di karetin Biar nga copot2 hahahah
User avatar
Snowman
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 349
Joined: 18 Jan 2007, 07:37
Location: Indramayu - Palembang

Post by Snowman »

maksudnya seperti UPS ya,.....yg agak mudah sih tambahin aja satu batre nicad,...colokin ke channel yg ngganggur,...,...satu batre ko'it,...tetap disupply batre satunya...
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Snowman wrote:maksudnya seperti UPS ya,.....yg agak mudah sih tambahin aja satu batre nicad,...colokin ke channel yg ngganggur,...,...satu batre ko'it,...tetap disupply batre satunya...


Tapi tetap rawan kena jammed dan system receiver error..
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kalau takut kena Jamm kitamain saja dilapangan yang sunyi dan hanya ada kita saja. Padahal kalau kita menerbangkan apapun kalalu nggak ada yang nonton rasanya hambar.
Post Reply