Mohon bantuannya suhu2 sekalian....... Setelah mencoba berbagai jenis pesawat elektrik, timbul kembali keinginan untuk menerbangkan pesawat engine (sebagian besar keinginan karena diracuni suhu2 di cirebon). Tapi karena nyali msh belum kembali muncul untuk menerbangkan pesawat kelas 0.40, pilihan tertuju ke engine 0.15 saja. Kira2 pesawat apa yg cocok dengan engine ini, kalo ada yg low wing saja. sekalian kisaran harganya kalo ada.....
Kalau mau yang low wing, langsung yang kelas 40-an saja om, terbang enak dan mantap. Kalau engine kelas 15, susah om, paling juga convert dari pesawat elektrik.
sebaiknya langsung size .40 , lebih mudah dan stabil terbangnya. karena pesawat lebih besar jadi Reynold Number nya lebih besar. control authority lebih besar.
ancacrb wrote:Mohon bantuannya suhu2 sekalian....... Setelah mencoba berbagai jenis pesawat elektrik, timbul kembali keinginan untuk menerbangkan pesawat engine (sebagian besar keinginan karena diracuni suhu2 di cirebon). Tapi karena nyali msh belum kembali muncul untuk menerbangkan pesawat kelas 0.40, pilihan tertuju ke engine 0.15 saja. Kira2 pesawat apa yg cocok dengan engine ini, kalo ada yg low wing saja. sekalian kisaran harganya kalo ada.....
jamespaulus wrote:sebaiknya langsung size .40 , lebih mudah dan stabil terbangnya. karena pesawat lebih besar jadi Reynold Number nya lebih besar. control authority lebih besar.
maksudnya om untuk mendapat reynold number yang besar tidak butuh kecepatan yang besar hubungan nya kan sama yang namanya similarity dinamik. n sifat aliran biar kinerjanya mirip2 ma pesawat aselinya.
jamespaulus wrote: sebaiknya langsung size .40 , lebih mudah dan stabil terbangnya. karena pesawat lebih besar jadi Reynold Number nya lebih besar. control authority lebih besar.
maksudnya om untuk mendapat reynold number yang besar tidak butuh kecepatan yang besar hubungan nya kan sama yang namanya similarity dinamik. n sifat aliran biar kinerjanya mirip2 ma pesawat aselinya.
Kalau mau yang low wing, langsung yang kelas 40-an saja om, terbang enak dan mantap. Kalau engine kelas 15, susah om, paling juga convert dari pesawat elektrik.
Terimakasih suhu atas masukannya, dulu sy sdh pernah maen kelas 40-an, berhubung kehilangan tempat terbang yg enak maka beralih ke elektrik. sekarang pingin kembali ke engine, tapi yg ukuran kecil saja.
OS 15 LA cocok banget dipake di WD4, Wilga2000, Wingtiger dll.... Mesin paling asik, pas di kantong, konsumsi nitro iriiittt buangeedd... bisa terbang ampe leher pegel... Ini mesin setara powernya dgn brushless Towerpro 2409-12 dgn lipo 3s.... Kalo mau lebih powerful pake OS .15CV (jauh beda powernya)....
AgoesAurelz wrote:OS 15 LA cocok banget dipake di WD4, Wilga2000, Wingtiger dll.... Mesin paling asik, pas di kantong, konsumsi nitro iriiittt buangeedd... bisa terbang ampe leher pegel... Ini mesin setara powernya dgn brushless Towerpro 2409-12 dgn lipo 3s.... Kalo mau lebih powerful pake OS .15CV (jauh beda powernya)....
om AA yang dah pernah menyiksa WD pakai OS15LA agar bisa ngebut......untung dilangit nggak ada tulisan ngebut benjut .....kasian tu WD.
AgoesAurelz wrote:OS 15 LA cocok banget dipake di WD4, Wilga2000, Wingtiger dll.... Mesin paling asik, pas di kantong, konsumsi nitro iriiittt buangeedd... bisa terbang ampe leher pegel... Ini mesin setara powernya dgn brushless Towerpro 2409-12 dgn lipo 3s.... Kalo mau lebih powerful pake OS .15CV (jauh beda powernya)....
Oom AA, untuk wilga dan wingtiger apakah konversi dari elektrik atau memang bawaannya utk engine? Kalo konversi, Apakah kit cukup kuat menahan getaran engine?