Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by Budiman »

doditsky wrote:Suhu engine setelah turun memang panas tapi nggak ada bau angus suhu Mas Sahid , tapi kalo saya buka efeknya RPM turun alias manggut manggut.... :pyg :pyg :pyg .....

Nah kemarin saat bongkar slang fuel saya ganti dengan yang lebih tipis, trus apa memang ada pengaruhnya ya slang yang dari tangki ke karbu kalo kepanjangan seperti yang disampaikan suhu Mas Budiman...coba deh besok saya pendekin .... :ok :ok :thx :thx :thx

Mas Yudo,
Itu hanya salah satu dugaan saya saja..Fuel tubing dalam tank bergerak bebas dan tidak terhambat?, karena engine saya pernah bermasalah dg temperatur,krn fuel tubing dlm tank kepanjangan sehingga nozzle terjebak di pojokan sebelah dalam tank..
Apakah Anda menggunakan Governor?,soalnya saya
dulu perna pake Governor,dan heli selalu drop RPM engine nya saat heli menyelesaikan setengah dari Loop, bukan salah Governornya,tapi saya salah tuning Governor..
Engine yg digunakan apa dan berapa bukaan needle?..Anda menggunakan header tank?..jika iya, apakah header tank sejajar dg karburator?...jika header tank digunakan, coba header tank dihilangkan dulu dr sistem, kmudian diamati apakah masih terjadi lagi hal tsb.
Mungkin,beberapa hal di atas bisa dijadikan parameter dlm melacak penyebabnya..
Fuel tubing yg lebih tipis ini yg seperti apa dan digunakan di mana?..krn setahu saya, ada ukuran fuel tubing yg lebih kecil dan hanya digunakan di dalam tank saja,bukan di luar tank..
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by Budiman »

Sambil menanti hasil investigasi Mas Yudo..saya sekedar bercerita..posting ini memberikan inspirasi kepada saya ditengah keterbatasan waktu terbang dan lapangan..yaitu autorotation..
Kemaren siang, saya ngacir ke lapangan bola dekat rumah, karena lokasi lapangan di tengah pemukiman, jadi ya tidak mungkin untu, melakukan manuver2 'atas'...akhirnya saya berlatih autorotation dgn T-Rex 600 NP...wah, enak juga lho..beberapa kali saya excecute dr ketinggian 3 meter.....heli landing dgn sedikit 'ajrut2an'...lama2 ngerti juga soal 'timing', seberapa besar pitch negatif yg diperlukan serta pitch positif yg diperlukan berdasarkan ketinggian jatuhnya heli......
Terakhir yg saya lakukan adalah menjatuhkan heli dr ketinggian kurang lebih 7 meter dg kondisi fuel habis di udara..begitu engine mati..heli jatuh dgn kecepatan luncur sedikit ekstrim(berdasarkan pitch negatif)..dinaikkan sedikit pitch(masih dibawah 0 deg) saat heli hampir mendekati tanah(flaring).....dan pitch positif sekitar 4.5 deg(perkiraan kasar) dan heli pun landing dg lembut ....nyengirlah saya sendirian di tengah lapangan.....Nah sebelum timbul nafsu saya untuk mencoba lagi...buru2 saya ajak si T-Rex untuk balik rumah sebelum 'crashed' duluan....hihihihihihi :ha3...
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 612
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by doditsky »

Slang Fuel di dalam tangki BBM bisa bergerak bebas.....saya nggak menggunakan Gubernur Suhu Mas Budiman....jadi masih alamiah ..engine Align 50 ...buka tutup spuyer karbu ...pertama satu setengah dan proses buka tutup sesuai putaran yang kalo nggak manggut manggut berarti dah pas tinggal raba engine bawah kalo panas ya dibuka ..dihover...manggut2 dituutup dikit2.....Slang luar ntar tak foto deh cuman sekarang lagi nyambut gawe di luar kota so nggak ngelus2 hely pe jum'at... :shy :shy :shy

Wah wah kejadian yang suhu lakukan itu kayak saya...cuman saya hanya perasaan dan lihat kalo hely beneran mendarat....mau sampai tanah angkat pitch...serrrr.....
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by Budiman »

Kalo saya begini,Mas Yudo..untuk kasus heli 'manthuk2'...needle saya usahakan untuk tetap 1.5 opened, terlebih saat heli kebanyakan bergerak pada manuver2 'bawah'...trus, saya lakukan variasi tuning pada pada throttle curve, terutama pada throttle di saat stick pada posisi tengah, prinsipnya, jika T-Rex 'manthuk2' atopun heli 'anu' bergetar helm nya, berarti throttle kurang banyak, dg catatan adjustment pitch sudah benar dan sesuai secara mekanis dan elektronis(pitch curve).

Jika Anda tidak menggunakan governor, mudah2an permasalahan hanya pada fuel tubing, serta tidak ada salahnya juga sih untuk memeriksa kondisi busi serta kawat pijar nya...saya baru ingat...terkadang kawat pijar busi diselimuti semacam karbon..biasanya jika kondisi ini saya temukan, busi saya rendam pake alkohol 70%, semaleman...lalu saya tes busi pake glow heater untuk memeriksa kualitas pijarnya....

Yo wis,kalo gitu Mas...Anda fokus dulu dgn urusan kantor...kita tunggu info selanjutnya dari Anda
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by sahid »

Wah ada yang berbunga-bunga neh....hanya satu kata utk udha Budiman...mantaffff :plk :plk
sekedar share kalo busi pijar kawatnya diselimuti karbon, semprot aja pakai cintack cleaner..cret...cret...dijamin langsung bersih g pakai nunggu lama... :shy

Inti dari auto adalah setting pitch blade dan feeling yg passs...
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by Budiman »

sahid wrote:Wah ada yang berbunga-bunga neh....hanya satu kata utk udha Budiman...mantaffff :plk :plk
sekedar share kalo busi pijar kawatnya diselimuti karbon, semprot aja pakai cintack cleaner..cret...cret...dijamin langsung bersih g pakai nunggu lama... :shy

Inti dari auto adalah setting pitch blade dan feeling yg passs...

Iya betul,Pak Dhe..pake contact cleaner ,lebih cepet..baru inget lg soal contact cleaner..
Feeling by pass ini yg perlu dilatih....termasuk di dalam proses sebelum flaring(entah heli agak mendongak ato agak menunduk)..karena yg saya rasakan, flaring membantu heli untuk landing dg lembut sesaat sebelum touch down..
Pitch ini sangat menarik utk di-utak atik juga..saya jadi membayangkan seandainya auto dg heli 90..lebih sip lagi..meskipun heli 50 juga cukup...bentang sayap putar heli 90 yg lebih lebar sangat menguntungkan..
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by DedDredd »

jadi pengen nyoba latihan autorotation ah.....di simulator dulu aja.... :ide
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 612
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by doditsky »

ini gambar slang yang sebelum tak potong,,,,

Image

ini setelah saya pendekin.....

Image

busi sudah saya ganti ...mudah2an nggak ngajak latihan autorotation lagi
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by Budiman »

Saya lebih suka poto kedua jika tanpa header tank, sedangkan pada poto pertama,buat saya fuel tubing terlalu panjang lintasannya dan perlu dipasang header tank di tengah2nya..sekedar pendapat saja
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Latihan Autorotation Trex 600 NP karena keadaan.....

Post by Budiman »

Mudah2an Mas Yudo sudi untuk memberi tahukan hasil dari investigasi nya... :tlt
Post Reply