saya akan coba atur ulang karbu dan seting trottle



doditsky wrote:Langkah pertama cek seluruh slang termasuk slang dari muffler ke tangki ok, busi baru...stel bukaan karbu satu setengah....trus menggunakan parameter trottle curve seperti sedia kala.....Hasilnya Heli Manthuk manthuk.....
doditsky wrote:tanpa menutup karbu saya coba naikkan parameter trottle curve di tx khususnya yang setelah 0 saya naikkan 5 ...hasilnya masih manthuk2 walaupun memang berkurang, saat idle up 1 nggak ada beda putaran karena stelan karbu saat normal ke idle up 1 hampir sama di kurva bawah, kondisi engine adem
handoyo6299 wrote:Numpang nimbrung boleh yaaa..
soalnya jadi tergelitik pengen latihan Auto juga...he...he..he.
Minggu kemarin latihan autorotation, saya coba dengan berbagai setting terutama pada Main Blade dan Padle, lantas saya temukan yang sesuai dengan jempol saya adalah kombinasi sbb : Oh iya lupa, pesawat yg digunakan latihan Trex 600 nsp dengan OS55Hz fuel 15%, ben kumplit sekalian buakaan High Needle open 1 plus 9 klik, karena memang engine ini semenjak lahir minumnya 15% dan mulai keluar powernya dengan setting bukaan needle seperti diatas.
Setting Main blade sbb:
1. Menggunakan Main blade align 3G 600mm
2. Menggunakan Padle Hirobo (lupa jenisnya pokoknya yg engine 50) 30 gr (dengan mengeluarkan pemberatnya satu, digunakan yang kuningan saja)
Pitch Curve :
urut ya : 0 (-10), 23(-5),50 (0),77(7),100(11).
Throttle saya sett dengan pedoman pokoknya nggak terlalu berat buat engine disetiap perubahan pitchnya.
Saya merasa nyaman kalau throttle hold saya aplikasikan dari Idle up, bukan dari Normal.
Heli saya larikan boleh ke sisi kanan atau kiri tergantung kebiasaan, lakukan ke arah yang nyaman yaaa.... kemudian tarik kembali ke arah kita, boleh dengan stall turn atau banking turn, kemudian sampai ketinggian 15 m, throttle hold diaplikasikan, mulai jaga collective sedemikian sehingga heli decline dengan kecepatan konstan, di setting saya throttle sekitar minus 5, heli sudah decline dengan baik, sementara pastikan dengan menjaga pitch curve supaya eli tetap bisa descent dengan sudut yang konstan, sampai ketika mendekat ke point landing, elevator diangkat sedikit supaya heli flare sambil negative pitch tetap ditahan, pas diatas helipad elevator dirturunkan supaya nose rata, dan siap siap untuk naikkan pitch ke sekitar 7 deg, dan biarkan sampai landing dengan sendirinya, pasti manknyusss...
yang penting adalah keep latihan terus, sampai feelingnya terasa firm.
Kira kira demikian latihan saya, kalau ada waktu nanti saya share video latihan auto rotation disini, tapi agak lama kayaknya, karena baru sibukk poolll,
OK keep practicing.
salam
handoyo6299 wrote:Om Budiman, yang saya cari beratnya, blade ini lebih berat beberapa gram Align yang biasa, dan dari sini saya lihat internal momentumnya lumayan besar sehingga saya bisa manfaatkan untuk auto rotasi, atau sambil menunggu komen dari yang lain juga ya, pakdhe Sahid tulungin dooong![]()
![]()
![]()
![]()
![]()