btw suh yg pernah pake small block, servo throttle yg cocok apa ya? Apa bisa pake servo nylon 9 gram ato harus pake yg metal gear? Mohon pencerahan dan merk/type servo yg ringan bobot serta ringan di kantong
araquilla wrote::tlt Terima kasih Suhu Unding, semakin semangat saya!
btw suh yg pernah pake small block, servo throttle yg cocok apa ya? Apa bisa pake servo nylon 9 gram ato harus pake yg metal gear? Mohon pencerahan dan merk/type servo yg ringan bobot serta ringan di kantong
terima kasih
Servo 9 gram (HXT 900) untuk semua (throttel, elevator, aileron & rudder) sudah cukup, pengalaman saya pake OS .15 LA dgn servo tsb pada pesawat mustang (miss Amerika) wingspan sekitar 80 cm, bahkan aileronnya menggunakan 1 servo saja, saya pake lebih setahun tidak pernah ada masalah pada servonya, yg bermasalah justru enginnya sering mogok karena over heat, maklum senang ngebut hingga dipaksa pake prop 8 x 6
Selamat pagi suhu-suhu GAERO, semalem powerpack pesanan sudah di tangan.....setelah baca-baca buku manualnya ada beberapa yg ingin nubie tanyakan (maklum baru megang engine ya sejak semalem ini)
1. Dikatakan di manual mengenai pemasangan engine harus tegak lurus dengan posisi glow plug dan carb diatas, saya pernah liat ada yg masang nya 45 derajat bahkan 90 derajat (glow plug dan carb disamping) juga ada yg 180 derajat (glow dan carb dibawah) apa efeknya? Soalnya setahu saya posisi piston yg miring katanya lebih bagus (stroke nya ringan)
2. Break in rencana mau pake byron 5% apakah ini sesuai?
3. Untuk memasang muffler apakah bisa di pasang langsung atau harus dibikinkan packing engine, atau dikasih red silicon? Maklum biasa pegang engine motor ama mobil doang
Racunnya sudah mulai menjalar nih Tanda2nya sudah kelihatan, pertama electric 3 ch, naik wd 4ch, terus nyoba engine 0.15....just info saja, engine kecil mungil lebih susah maintain dan nerbanginnya krn pesawatnya kecil stall speed relatif tinggi, dipastikan selanjutnya akan butuh racun yang lebih kuat lagi, naik kelas 0.46, 0.90 dan PC9 dg DLE 30cc sudah menunggu untuk dipinang
Bisa aja Oom Kadet ini.....kebetulan di rumah kakak ipar ada highwing trainer engine .55 jadi kalo kejakarta terbangin yang itu Oom, nah dibalikpapan belajar yg kecil2 dulu aja ini coba di body cessna kalo ga berhasil ya di pasang di WD biar jd WD Copet
Selamat pagi suhu-suhu GAERO, semalem powerpack pesanan sudah di tangan.....setelah baca-baca buku manualnya ada beberapa yg ingin nubie tanyakan (maklum baru megang engine ya sejak semalem ini)
1. Dikatakan di manual mengenai pemasangan engine harus tegak lurus dengan posisi glow plug dan carb diatas, saya pernah liat ada yg masang nya 45 derajat bahkan 90 derajat (glow plug dan carb disamping) juga ada yg 180 derajat (glow dan carb dibawah) apa efeknya? Soalnya setahu saya posisi piston yg miring katanya lebih bagus (stroke nya ringan)
2. Break in rencana mau pake byron 5% apakah ini sesuai?
3. Untuk memasang muffler apakah bisa di pasang langsung atau harus dibikinkan packing engine, atau dikasih red silicon? Maklum biasa pegang engine motor ama mobil doang Terima kasih sebelumnya....
1. Posisi pemasangan engine terserah, tapi untuk cessna sebaiknya posisinya 45 derajat agar mufflernya berada dibawah (gas buang tidak mengotori sayap) 2. Byron 5% sudah sesuai, kalau bisa breakin saja pake fuel oplosan (methanol + castor oil ) 4 : 1, atau campur byron 5% dgn oplosan 1 : 1 (dapat 2.5%). Sebab setelah selesai breakin (oplosan) dan enginenya hendak dioperasikan dgn nitro 5% maka startingnya tidak rewel, sekali colek saja sudah bunyi. 3. Untuk engin OS tidak perlu packing.
araquilla wrote:Suhu Unding di balikpapan sepertinya susah mencari methanol dan castor oil, mungkin Oom Kadet sbg punggawa FASI Balikpapan ada info mengenai ini?
Kenapa Suhu Unding menganjurkan break in pake fuel oplos? Apa karena dengan nitro membuat mesin jadi panas?
Gimana kalo break in pake 5% (karena alasan susah methanol) trus pas terbang pake yg diatasnya? 10-15%?
Terima kasih
Hanya minimalis relialistis pake fuel oplosan, fuel yg menggunakan nitro methan performanya lebih tinggi daripada oplosan sebab mendapat tambahan gas Nitrogen dan Oksigen (NO2) jadi ekspansi ledakan dlm ruang bakar lebih tinggi (tergantung % nitronya) dengan sendirinya power output engine juga lebih besar, yg berarti komponen2 mesin juga bekerja berat, pengaruhnya adalah usia komponen2 juga berkurang. Jadi saran saya gunakan yg 5% saja, kecuali mau ngebut barulah % nitronya ditingkatkan.
sedikit gambaran progress cessna yg bangkit dari kubur, engine blom break in nunggu pinjeman starter untuk kompensasi berat engine servo elevator dan rudder dipindah kebelakang, battery 900mah di belakang bawah, paku gede 30gr dipasang paling ujung, fuel 90cc, CG udah sesuai, landing gear pake almunium body helicopter asli. Btw project ini tidak saya bikin sendiri tapi dibantu oleh salah seorang sesepuh aeromodelling Balikpapan yaitu Pakdhe Dibyo. Mudah-mudahan sabtu besok pesawat ini bisa terbang .