perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
dodi07
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 85
Joined: 03 Nov 2011, 08:18
Location: Riau - Rengat
Contact:

perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by dodi07 »

maaf sblmnya buat para suhu2, mau nanya, klo pake fuel oplosan sebenarnya perbandingan yg tepat itu methanol brp liter n jarak brp liter? ada yg bilang 4:1 (katanya terlalu kental) mau d experimen 5:1 apa yg bakal terjadi n udh ada yg pernah nyoba blm? salam
User avatar
Ari21
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 148
Joined: 06 Jul 2008, 07:39
Location: Palembang SRAC
Contact:

Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by Ari21 »

dodi07 wrote:maaf sblmnya buat para suhu2, mau nanya, klo pake fuel oplosan sebenarnya perbandingan yg tepat itu methanol brp liter n jarak brp liter? ada yg bilang 4:1 (katanya terlalu kental) mau d experimen 5:1 apa yg bakal terjadi n udh ada yg pernah nyoba blm? salam


Kl saya pake perbandingan 20:1 (20 Liter methanol vs 1 liter castor oil), sering juga pake perbandingan 25:1.
Nah takaran oplosannya 1:1 (1 liter oplosan vs 1 liter fuel yg asli) kl buat pesawat lebih bagus pake fuel yg kadar nitronya 15/ 17%.
Jadi kalau dioplos turun menjadi 5 - 8%, masih aman buat pesawat, kl buat heli ngak recomend.

Kl 4:1 atau 5:1 terlalu kental oplosannya, ntar mesin ngak nyala.
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by christoffel »

hmmm ....
4:1 itu 20%
5:1 itu 16.7%
20:1 itu nggak sampe 5%
25:1 itu nggak sampe 4%

kalau saya sendiri selalu pakai 20%. dulu sekali, malah pakai 25% untuk break-in.
kalau untuk experimen, boleh saja nyoba yg 16.7%, namanya juga experimen (thinking out of the box) ... tapi juga harus siap resiko mesin rusak ...
5% ?????? ini sih bunuh diri namanya ....
coba baca lagi buku petunjuk mesin nya ...
atau ada rekan2 lain yg juga sudah sukses dg 5% ini ??? tolong di share deh ...
kalau bener bisa, bakal bisalebih murah ... karena harga castor itu lebih mahal dari harga methanol nya ...
setahu saya yg jual BBM jadi rata2 paling rendah 18%
Last edited by christoffel on 15 Mar 2012, 01:51, edited 1 time in total.
User avatar
haacer07
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 214
Joined: 01 Dec 2007, 18:37
Location: jogjakarta
Contact:

Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by haacer07 »

:htg
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by unding »

Yang saya gunakan selama ini adalah perbandingan 4.5 : 1.
Persennya = 1/(4.5 + 1) x 100% = 18%
User avatar
setyo antarikso
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 136
Joined: 01 Apr 2008, 12:33
Location: Jakarta Timur
Contact:

Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by setyo antarikso »

christoffel wrote:hmmm ....
4:1 itu 20%
5:1 itu 16.7%
20:1 itu nggak sampe 5%
25:1 itu nggak sampe 4%

kalau saya sendiri selalu pakai 20%. dulu sekali, malah pakai 25% untuk break-in.
kalau untuk experimen, boleh saja nyoba yg 16.7%, namanya juga experimen (thinking out of the box) ... tapi juga harus siap resiko mesin rusak ...
5% ?????? ini sih bunuh diri namanya ....
coba baca lagi buku petunjuk mesin nya ...
atau ada rekan2 lain yg juga sudah sukses dg 5% ini ??? tolong di share deh ...
kalau bener bisa, bakal bisalebih murah ... karena harga castor itu lebih mahal dari harga methanol nya ...
setahu saya yg jual BBM jadi rata2 paling rendah 18%


Paling rendah saya oplos di 18%, sesuai standar buku manual 2 stroke
Selama ini pake gelas ukur saja biar lebih presisi.

Mis 1 liter campuran, jadi perlu 180cc castor, 720cc methanol.
Hasilnya ngga terlalu belepotan oli di pesawat

cmiiw
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by toto »

setyo antarikso wrote:
Paling rendah saya oplos di 18%, sesuai standar buku manual 2 stroke
Selama ini pake gelas ukur saja biar lebih presisi.

Mis 1 liter campuran, jadi perlu 180cc castor, 720cc methanol.
Hasilnya ngga terlalu belepotan oli di pesawat

cmiiw


eyang setyo kok campurannya mau bikin 1000cc setelah ngadon kok jadi ilang 100cc itu nguap kemana ya .... :shy



salam
User avatar
Ari21
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 148
Joined: 06 Jul 2008, 07:39
Location: Palembang SRAC
Contact:

Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by Ari21 »

Ari21 wrote:
dodi07 wrote:maaf sblmnya buat para suhu2, mau nanya, klo pake fuel oplosan sebenarnya perbandingan yg tepat itu methanol brp liter n jarak brp liter? ada yg bilang 4:1 (katanya terlalu kental) mau d experimen 5:1 apa yg bakal terjadi n udh ada yg pernah nyoba blm? salam


Kl saya pake perbandingan 20:1 (20 Liter methanol vs 1 liter castor oil), sering juga pake perbandingan 25:1.
Nah takaran oplosannya 1:1 (1 liter oplosan vs 1 liter fuel yg asli) kl buat pesawat lebih bagus pake fuel yg kadar nitronya 15/ 17%.
Jadi kalau dioplos turun menjadi 5 - 8%, masih aman buat pesawat, kl buat heli ngak recomend.

Kl 4:1 atau 5:1 terlalu kental oplosannya, ntar mesin ngak nyala.


Kl racikan yg saya pakai ini udah 3 tahun mesin2 saya masih oke...di club juga kita pake racikaar ini..so far ngak ada masalah.
Racikan ini buat ngoplos fuel asli yg udah ada kadar nitro dan castor oilnya..
User avatar
setyo antarikso
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 136
Joined: 01 Apr 2008, 12:33
Location: Jakarta Timur
Contact:

Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by setyo antarikso »

toto wrote:
setyo antarikso wrote:
Paling rendah saya oplos di 18%, sesuai standar buku manual 2 stroke
Selama ini pake gelas ukur saja biar lebih presisi.

Mis 1 liter campuran, jadi perlu 180cc castor, 720cc methanol.
Hasilnya ngga terlalu belepotan oli di pesawat

cmiiw


eyang setyo kok campurannya mau bikin 1000cc setelah ngadon kok jadi ilang 100cc itu nguap kemana ya .... :shy



salam


wekekek maksudnya methanol 820 cc suhu...emang deh teliti banget guru eyang Toto ini...
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya

Post by iwan21 »

Ari21 wrote:Kl saya pake perbandingan 20:1 (20 Liter methanol vs 1 liter castor oil), sering juga pake perbandingan 25:1.
Nah takaran oplosannya 1:1 (1 liter oplosan vs 1 liter fuel yg asli) kl buat pesawat lebih bagus pake fuel yg kadar nitronya 15/ 17%.
Jadi kalau dioplos turun menjadi 5 - 8%, masih aman buat pesawat, kl buat heli ngak recomend.

Kl 4:1 atau 5:1 terlalu kental oplosannya, ntar mesin ngak nyala.


Hahaha, ya pantes pada bingung, termasuk om Christ,kok 20 : 1 ?,
lah yg ditanya TS kan perbandingan campuran yg bener utk fuel oplosan,
lah om Ari jawabnya beda, campuran yg 20 : 1 dicampur lagi sama fuel pabrikan...

jadi oplosan 20 : 1 di oplos lagi sama fuel pabrikan ( padahal bukan ini lo om yg dibahas, tapi bener2 ngoplos methanol + castor langsung)

:ha3
Post Reply