iwan21 wrote:Kapan2 kalo ke Cikarang lagi, dibawa aja ya om, kita cek sama2
hehe makasih ,,siap suhu....tapi stick flyernya posisi di tasikmalaya nih om,,hari ini progress tertunda...terpaksa nunggu minggu depan lagi untuk proses pemasangan servo dan landing gear..insya allah minggu depan semak belukar deket rumah belum dibabat bisa dijadiin tempat gliding dan sambil menunggu padi di sawah tetangga pada menguning ...lumayan bisa buat handlaunch di sawah kalo nyungsep paling di tengah sawah ...masih aman.. untuk yang dicikarang harus homemade cilandak nih..yang ini homemade tasikmalaya...heheh maklum kaum PJKA om...
Nah itu sudah ditawarin Suhu Roji. Kalau di bawa ke cikarang, langsung ketemu penyebabnya.
Anyway mungkin sedikit share saja Untuk kasus yang terjadi di Cibeureum beberapa waktu lalu sih bukan keseimbangan sayap om. Tapi keseimbangan pesawat keseluruhan. ngukurnya betul seperti yang om Wisnu sebut. Secara logica sisi yang lebih berat mengakibatkan wingloading sisi itu lebih besar.(CMIIW).
Mungkin teori ini salah (saya belum pernah baca teorinya, namun ini berdasarkan fakta dilapangan). kita coba pindahkan battere ke sisi satunya dan saat Taxipun berjalan lurus.
Hanya saja karena aileron nya kurang kaku, tetap tidak berani diterusin terbang, karena pasti tidak akan stabil mengingat AuW nya sangat berat.
Cuman mengingat pesawat om Wisnu melintir kekanannya hanya saat diberi power, kelihatannya memang bukan dari berat salah satu sisi pesawat yang berbeda, karena kalau berat tidak balance saat tanpa powerpun akan melintir.
richard wrote:Semangat terus om Wisnumurti. Kalau sudah ada waktu perbaiki, yg diperbaiki thrustnya aja dulu. Bagian yg lain jgn di utik-utik dulu.
siap om richard..iyaa nih lama saya gak nguprek uprek juga...udah hampir setahun ..ini dah mulai kumat lagi hehehe...dan mulai rajin rajin belajar di forum...tahun kemarin rajin baca di forum ini...tahun ini lupa semua yang udah dibaca dan dipraktekin....
yoyonh wrote:Nah itu sudah ditawarin Suhu Roji. Kalau di bawa ke cikarang, langsung ketemu penyebabnya.
Anyway mungkin sedikit share saja Untuk kasus yang terjadi di Cibeureum beberapa waktu lalu sih bukan keseimbangan sayap om. Tapi keseimbangan pesawat keseluruhan. ngukurnya betul seperti yang om Wisnu sebut. Secara logica sisi yang lebih berat mengakibatkan wingloading sisi itu lebih besar.(CMIIW).
Mungkin teori ini salah (saya belum pernah baca teorinya, namun ini berdasarkan fakta dilapangan). kita coba pindahkan battere ke sisi satunya dan saat Taxipun berjalan lurus.
Hanya saja karena aileron nya kurang kaku, tetap tidak berani diterusin terbang, karena pasti tidak akan stabil mengingat AuW nya sangat berat.
Cuman mengingat pesawat om Wisnu melintir kekanannya hanya saat diberi power, kelihatannya memang bukan dari berat salah satu sisi pesawat yang berbeda, karena kalau berat tidak balance saat tanpa powerpun akan melintir.
oke makasih masukannya..jadi "kalo melintir waktu test glide udah pasti pesawat tidak balance kiri kanan" ...punyaku waktu test glide cenderung stabil kiri kanan ...dan waktu di timbang dengan metode gantung depan belakang...emang agak miring dikit sekali ke arah kanan...tapi saat test glide tidak muntir ke kanan, hanya stahl sebentar terus nyungsep hidung duluan.