Tenang deh hati, terimakasih suhu Toto... memang waktu engine RCGF 15cc itu dipasang di pesawat Tucano 60 dari TWM terasa kurang power..hanya kalau dilihat dan diperbandingkan dengan Piper ini yang bobotnya sedikit lebih ringan dan sayapnya lebih panjang, mudah2an daya angkat sedikit lebih baik.... lagian Piper Tomahawk ini jenis pesawat "Civilian trainer", mungkin kurang pas untuk dibuat terbang akrobatik (meski ringan) ya....? Mohon doanya suhu, mudah2an nanti terbang perdananya juga gak bikin hati dagdigdug
Memang rasanya engine udah menjerit, tapi kok lemoott......? Saya baca di manualnya propeler 13x6 untuk break-in jadi waktu terbang, diterusin deh pake propeler itu... Namun penyebab crashnya adalah karena hinges elevator copot....
nah itu dia salah satu kemungkinannya om, propeller nya kekecilan akibatnya engine over rev tapi selamet kan engine enggak keburu jebol, nah coba deh pake 14x6 kalau terasa masih kurang puas bisa pasang 14x8 makimum 14x10 atau 15x6 tapi jangan lupa cek temperatur engine nya ya om, semoga sukses
hulmannapit wrote:Saya punya pesawat yang belum selesai dirakit, Piper Tomahawk 60, low wing.. Saat ini servo2nya sudah terpasang dan pemasangan kelengkapan lain, sedang dalam progress...menunggu waktu luang. wingspan - 1955mm ; lumayan lebar.. Secara umum, menurut saya sih kualitas pembuatan pesawat dan kelengkapannya lumaya bagus... Saya masih bingung memilih mesin yang akan digunakan. Saat ini saya masih punya engine RCGF 15cc gasoline; tapi belum tau apakah kira2 cocok dengan pesawat ini....? Mohon tanggapan dan arahan dari para suhu, senior dan rekan-2....
hulmannapit wrote:Saya punya pesawat yang belum selesai dirakit, Piper Tomahawk 60, low wing.. Saat ini servo2nya sudah terpasang dan pemasangan kelengkapan lain, sedang dalam progress...menunggu waktu luang. wingspan - 1955mm ; lumayan lebar.. Secara umum, menurut saya sih kualitas pembuatan pesawat dan kelengkapannya lumaya bagus... Saya masih bingung memilih mesin yang akan digunakan. Saat ini saya masih punya engine RCGF 15cc gasoline; tapi belum tau apakah kira2 cocok dengan pesawat ini....? Mohon tanggapan dan arahan dari para suhu, senior dan rekan-2....
Akhirnya, engine DLE 20 gasoline 20cc dipilih sebagai powerplant........ Bahkan hanya dengan menghabiskan 4 tangki (320cc), pesawat sudah bisa break-in di udara.... Dan.............hanya dengan posisi throttle 1/3 pesawat sudah ngacir........airborne